Sukses

Tampil Lebih Stylish, Pria Ini Sukses Turun Berat Badan 35 Kg dalam 8 Bulan

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Singapura berhasil menurunkan sepertiga dari berat badannya dalam waktu delapan bulan, dari 105 kilogram (kg) menjadi 70 kg. Pria tersebut bernama Terence Koh. Dirinya mengatakan, setelah mendapatkan tubuh yang sehat, ia kini menjadi penggemar berat kebugaran.

Dilansir Liputan6.com dari Mothership pada Senin (1/8/2022), pria tersebut membagikan pengalaman menurunkan berat badannya dalam video TikTok. Ia mengunggah dua video pendek yang mendokumentasikan perjalanannya menuju sehat dan telah ditonton lebih dari 200 ribu pengguna hanya dalam dua hari.

Koh juga mengungkapkan alasannya menurunkan berat badan. Ia menurunkan berat badan karena ingin menjadi ayah yang sehat dan contoh yang baik untuk sang buah hati.

Lebih lanjut, pria yang berakun TikTok @terencekyw itu mengatakan jika anaknya adalah motivasi utama menjalani diet. Padahal, upaya Koh menurunkan berat badan sudah dimulai sebelum anaknya lahir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Target turun berat badan

Menguraikan usahanya, Koh mengatakan bahwa pada tahap awal, ia harus menahan rasa lapar di malam hari dan tidur nyenyak selain menahan sakit tubuh dan nyeri tubuh akibat aktivitas fisik yang dilakukannya. Lalu, pada Mei 2021 ia telah mencapai target berat 85 kg.

Ia menceritakan bahwa pada bulan Juli, ia akhirnya lulus 'Individual Physical Prociency Test (IPPT)', berhasil menyelesaikan lari 2,4 km dalam 11 menit 52 detik. Pencapaian itu adalah pertama kalinya ia lulus IPPT setelah 10 tahun.

Menyambut kelahiran putranya, Koh sangat gembira ketika berhasil memenuhi janjinya untuk menjadi ayah yang sehat bagi sang buah hati. Namun, ia juga menerima komentar negatif dari netizen. Beberapa mengatakan bahwa dia tidak akan bisa mempertahankan diet ketatnya untuk waktu yang lama.

"Nanti gendut lagi," salah satu komentar yang sering diterima, ujarnya, dikutip Liputan6.com dari Mothership, Senin (1/8/2022).

3 dari 3 halaman

Cara Koh turunkan berat badan

@terencekyw

Began my fat loss journey at 105kg, it’s been 17months since! As long as you keep going, you would be better than yesterday. #transformation #motivation #fatloss #fattofit #dadbod #gym

♬ Believer - Imagine Dragons

Menanggapi komentar di video TikTok-nya, Koh membagikan beberapa tips penurunan berat badan. Ia berolahraga tiga kali seminggu pada tahap awal dan dimulai dengan berjalan, serta latihan seperti pushup, jongkok dan lainnya sebelum beralih ke jogging dan latihan beban.

"Ambil langkah kecil, coba lakukan rutinitas dan kebiasaan positif, konsisten dan pastikan melakukannya secara rutin," jelasnya.

Koh mengatakan bahwa dia pernah melakukan kesalahan ketika melakukan latihan kardio terlalu sering dan kehilangan bentuk ototnya. Karena itu, ia beralih ke latihan beban untuk mendapatkan kembali bentuk otot yang hilang.

Sejak itu, ia berolahraga enam hingga tujuh kali seminggu dan bertujuan untuk membangun bentuk otot yang lebih sempurna. Hal itu juga akan membantu 'mengisi' kulit berlebih dan mengatasi stretch mark yang ada.

"Diet sehat adalah kuncinya," kata Koh yang juga menekankan bahwa diet defisit kalori adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Sementara itu, ia juga mengungkapkan masih makan gorengan, tetapi hanya sesekali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS