Sukses

10 Tempat Wisata Tangerang Populer untuk Kamu Kunjungi

Inilah berbagai rekomendasi tempat wisata Tangerang yang populer untuk kamu kunjungi dan nikmati

Liputan6.com, Jakarta Tengerang adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Banten, tidak jauh dari ibu kota. Selain sebagai salah satu kota satelit Ibu Kota, kota ini juga cukup terkenal dengan industrinya. Akan tetapi, kota ini kurang terkenal sebagai destinasi wisata. Padahal, ada berbagai tempat wisata Tangerang yang bisa menjadi alternatif destinasi wisata untuk kamu kunjungi.

Banyak warga Jabodetabek yang memilih wilayah Bogor, Anyer, ataupun Bandung sebagai destinasi liburan mereka. Tidak banyak dari mereka yang datang berlibur ke tempat wisata Tangerang.

Tangerang terletak tidak jauh dari ibu kota Jakarta. Selain itu, wilayah ini juga cukup mudah untuk dijangkau menggunakan kendaraan pribadi. Kedua faktor tersebut membuat tempat wisata Tangerang cocok untuk kamu jadikan sebagai alternatif destinasi wisata untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu.

Berikut ini dirangkum oleh Liputan6.com rekomendasi beberapa tempat wisata Tangerang yang dapat kamu kunjungi bersama dengan orang-orang terkasihmu, Senin (1/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tebing Koja dan Telaga Biru Cigaru

1. Tebing Koja

Tangerang juga memiliki berbagai destinasi wisata alam yang menarik untuk kamu nikmati. Salah satu destinasi wisata alam di Tangerang yang bisa kamu kunjungi ialah Tebing Koja. Tempat wisata Tangerang yang satu ini memang sudah cukup populer di masyarakat. Tebing ini dulunya adalah tambang pasir yang telah ditinggalkan oleh para penambangnya.

Tebing ini terletak di dekat aliran sungai yang menyajikan pemandangan yang indah. Di sini, para pengunjung bisa menikmati pesona panorama tebing yang unik bersama dengan pemandangan sungai dan hijaunya sawah di sekitarnya. Tempat wisata Tangerang ini terletak di Cireundeu, Cikuya, Solear, Tangerang, Banten.

2. Telaga Biru Cigaru

Ada berbagai tempat wisata Tangerang yang menawarkan keindahan alam bagi para pengunjungnya. Selain Tebing Koja, para pengunjung bisa datang ke Telaga Biru bila mau menikmati cantiknya alam Banten. Telaga ini terletak di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Sama seperti Tebing Koja, Telaga Biru Cigaru pada mulanya adalah sebuah tempat penambangan pasir. Tambang pasir tersebut telah ditinggalkan oleh para penambang dan lobang galiannya dimanfaatkan menjadi danau atau telaga buatan. Meskipun namanya Telaga Biru, telaga ini sebenarnya memiliki 3 telaga yang masing-masing memiliki air yang berwarna berbeda, yaitu kuning, hijau, dan biru toska.

3 dari 6 halaman

Pulau Cangkir dan Pantai Tanjung Kait

3. Pulau Cangkir

Tempat wisata Tangerang yang selanjutnya ialah Pulau Cangkir. Pulau ini terletak di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Jarak dari kota Tangerang ke pulau ini sekitar 25 km atau kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pulau Cangkir terkenal sebagai salah satu destinasi wisata religi. Di pulau ini terdapat makam Pangeran Jaga Lautan yang bernama asli Syekh Waliyuddin. Syekh Waliyuddin adalah salah satu ulama besar yang berasal dari Banten. Banyak orang yang berkunjung ke pulau ini untuk berziarah ke makam tersebut.

Selain itu, para pengunjung yang datang ke sini juga bisa menikmati pemandangan hutan mangrove yang tersebar di sepanjang jalur menuju pulau. Para pengunjung juga dapat melihat kehidupan sehari-hari para nelayan lokal, seperti merawat kapal maupun mengolah hasil tangkapan mereka. Pengunjung juga bisa melihat galangan yang membuat ataupun memperbaiki kapal para nelayan.

4. Pantai Tanjung Kait

Kalau kamu ingin menikmati indahnya pemandangan pantai dan laut di Tangerang, anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Kait. Di sini, para pengunjung akan disuguhi indahnya panorama pantai dan laut yang disuguhi oleh Pantai Tanjung Kait. Selain bermain-main di pantai, para pengunjung juga bisa menikmati kelezatan berbagai olahan makanan laut yang disajikan oleh rumah makan terapung yang berada di sekitaran pantai ini. Tempat wisata Tangerang yang satu ini terletak di alan Naval Radar Station Tanjung Kait, Mauk, Ketapang, Tanjung Anom, Mauk, Tangerang.

4 dari 6 halaman

Taman Gajah Tunggal dan Museum Benteng Heritage

5. Taman Gajah Tunggal

Sampah adalah salah satu masalah yang menghantui masyarakat saat ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya adalah dengan mendaur ulang limbah. Tempat wisata Tangerang yang satu ini dibuat berdasarkan semangat tersebut.

Taman ini adalah hasil kerja sama antara pemerintah daerah setempat dengan swasta. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 7.000 meter persegi. Uniknya, berbagai ornamen-ornamen serta fasilitas-fasilitas yang terdapat di Taman Gajah Tunggal ini terbuat dari limbah ban bekas.

6. Museum Benteng Heritage

Kalau anda ingin menggunakan hari libur anda untuk mempelajari sejarah Indonesia sambil berekreasi bersama keluarga, anda bisa mampir dan mengunjungi tempat wisata Tangerang yang satu ini. Museum Benteng Hertage terletak di Jalan Cilame No.20, Pasar Lama, Tangerang.

Di Museum Benteng Heritage, para pengunjung dapat menikmati dan mempelajari berbagai koleksi tentang sejarah kaum peranakan Tionghoa di Indonesia. Museum ini sendiri enempati sebuah bangunan tua yang memiliki arsitektur bergaya Tionghoa yang diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke-17. Barang-barang koleksi di museum ini berasal dari koleksi pribadi sang pemilik museum yang bernama Udaya Halim serta sumbangan dari berbagai kolektor dan pemerhati budaya masyarakat Tionghoa Tangerang atau yang terkenal dengan sebutan Cina Benteng.

5 dari 6 halaman

Scientia Park dan The Breeze

7. Scientia Park

Kalau anda ingin menghabiskan waktu liburan anda untuk melakukan berbagai aktivitas, anda bisa mengunjungi Scientia Park. Tempat wisata Tangerang ini terletak di Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang,

Di sini, para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan oleh pengelola. Aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung yang datang ke sini meliputi safari, paket petualangan, memancing, bermain di taman air, panjat tebing, menunggang kuda, hingga memberi makan binatang. Beragamnya aktivitas yang bisa dilakukan di Scientia Park membuat tempat ini cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu.

8. The Breeze BSD City

Kalau kamu mencari tempat untuk bersantai dan nongkrong bersama dengan teman-teman ataupun keluarga, kamu bisa mengunjungi The Breeze BSD City. Tempat wisata Tangerang ini terletak di Jalan BSD Green Office Park Jalan BSD Grand Boulevard, Sampora, BSD, Tangerang, Banten.

The Breeze BSD City merupakan open air lifestyle & entertainment center pertama di Indonesia. Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, mulai dari restoran, supermarket, pusat kebugaran, hingga taman bermain anak. Beragamnya fasilitas yang ditawarkan membuat tempat ini bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluargamu ataupun orang-orang terdekatmu.

6 dari 6 halaman

Situ Cipondoh dan Situ Gintung

9. Situ Cipondoh

Tempat wisata Tangerang yang berikutnya adalah Situ Cipondoh. Kalau kamu mau menikmati keindahan pemandangan danau, kamu bisa mengunjungi danau yang terletak di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari, Kota Tangerang ini.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di Situ Cipondoh bersama dengan keluarga anda. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas air mengelilingi danau dengan menggunakan sepeda air, perahu boat, serta bebek-bebekan. Kalau kamu ingin sedikit memicu adrenalin, kamu juga bisa mencicipi wahana flying fox yang ada di sini. Selain itu, para pengunjung juga bisa memancing berbagai jenis ikan air tawar di danau ini.

10. Situ Gintung

Tempat wisata Tangerang berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Situ Gintung. Situ Gintung adalah sebuah danau buatan yang saat ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata taman. Situ Gintung terletak di di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Situ Gintung. Di sini kamu bisa menghabiskan waktu untuk berenang di kolam renang dan water park ataupun melakukan kegiatan outbound hingga bermain paintball. Selain itu, di Situ Gintung juga terdapat tempat perkemahan yang bisa digunakan para pengunjung untuk camping. Beragamnya aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini membuat tempat wisata Tangerang ini cocok untuk kamu pilih sebagai tempat berlibur bersama dengan teman maupun keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.