Sukses

Cara Membuat Jus Lidah Buaya yang Lezat, Pahami Manfaatnya Bagi Kesehatan

Inilah cara membuat jus ludah buaya yang lezat namun simpel beserta segudang manfaatnya bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat jus lidah buaya yang lezat dan nikmat sebenarnya cukup mudah. Jus lidah buaya sendiri baik untuk anda konsumsi secara teratur karena memiliki berbagai khasiat atau manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Lidah buaya sendiri sudah lama terkenal dan dimanfaatkan untuk berbagai produk perawatan kulit dan kecantikan. Selain untuk kulit dan kecantikan, lidah buaya juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Banyaknya manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan tidak terlepas dari kayanya kandungan nutrisi yang terdapat pada tumbuhan ini. Di dalam lidah buaya terdapat berbagai kanduungan nutrisi seperti Kandungan gula, sejumlah enzim, vitamin, mineral, sterol, saponin, asam amino, asam salisilat, serta berbagai senyawa khusus, seperti anthraquinones.

Ada berbagai cara untuk memanfaatkan khasiat lidah buaya, salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Cara membuat jus lidah buaya pun sebenarnya cukup mudah dan simpel untuk anda coba di rumah. Dengan mengetahui cara membuat jus lidah buaya yang simpel namun tetap lezat, anda bisa mengolah dan mengkonsumsinya secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

Berikut ini adalah cara membuat jus lidah buaya beserta manfaatnya bagi tubuhmu yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segudang Manfaat Jus Lidah Buaya

Sebelum membahas tentang cara membuat jus lidah buaya, mari membahas mengenai beberapa manfaat jus lidah buaya bagi tubuh terlebih dahulu. Tingginya kandungan nutrisi pada lidah buaya membuat jus lidah buaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat jus lidah buaya bagi kesehatan:

A. Meningkatkan Metabolisme

Lidah buaya dapat membantu kita untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Salah satu vitamin yang terkandung dalam lidah buaya ialah vitamin B. Vitamin ini memiliki peran pentng dalam metabolisme tubuh manusia untuk menghentikan penumpukan lemak serta nafsu makan.

Jus lidah buaya bisa membantu tubuh kita untuk meredakan berbagai masalah seperti refluks asam dan mengatur pergerakan usus yang membuat pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lebih cepat. Mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin dan teratur dapat membuat metabolismemu lebih baik, sehat, dan efektif.

B. Baik untuk Pencernaan

Selain bisa membantu untuk meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, jus lidah buaya juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Di dalam lidah buaya terkandung enzim yang bisa membantu proses pemecahan gula dan lemak agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Dengan sistem pencernaan yang lebih sehat, maka nutrisi yang terkandung dalam makanan bisa diserap dengan lebih efektif dan baik. Selain itu, lidah buaya juga dikenal sebagai obat pencahar alami.

C. Detoksifikasi Alami

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk proses detoksifikasi tubuh secara alami. Lidah buaya kaya akan kandungan polisakarida dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah pertumbuhan zat radikal oksidatif bebas dalam tubuh. Zat radikal bebas dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah medis dan penyakit serius seperti kanker.

Peran lidah buaya dalam meninkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berkembangnya zat radikal bebas membuatnya cocok digunakan untuk detoksifikasi alami karena bisa membantu tubuh untuk melawan berbaai racun yang masuk ke dalam tubuh kita.

D. Mencegah Dehidrasi

Manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan yang berikutnya ialah membantu mencegah dehidrasi. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kandungan cairan dalam tumbuhan lidah buaya yang bisa membantu kita mencegah tubuh kekurangan asupan cairan yang dibutuhkan atau dehidrasi.

Buat kalian yang hobi berolahraga, kalian bisa mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin. Jus ini bisa membantumu untuk memulihkan stamina yang hilang setelah berolah raga. Selain itu, jus lidah buaya juga bisa membantu untuk membersihkan asam laktat yang menumpuk seusai berolahraga.

E. Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Manfaat jus lidah buaya yang selanjutnya ialah membantu untuk mengontrol nafsu makan. Mengkonsumsi jus lidah buaya bisa membantumu untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Lidah buaya dapat membatasi akumulasi lemak dengan membuat laju penyerapan gula lebih lambat.

Di samping itu, mengkonsumsi lidah buaya juga bisa membantumu tunk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, ia bisa membantumu untuk mengontrol nafsu makanmu sehingga kamu tidak terlalu banyak makan. Oleh sebab itu, kamu bisa mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin untuk membantumu dalam proses diet.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Jus Lidah Buaya Lezat

Setelah mengetahui segudang manfaat jus lidah buaya bagi kesehatan, mari kita membahas bagaimana cara membuat jus lidah buaya yang simpel namun tetap lezat untuk dikonsumsi. Untuk membuat jus lidah buaya yang lezat, kamu butuh daun lidah buaya yang segar. Daun lidah buaya yang segar bisa membantu untuk meningkatkan kenikmatan dari jus yang akan kamu buat.

Berikut ini adalah cara membuat jus lidah buaya:

- Cucilah daun lidah buaya yang kamu punya sampai bersih. Setelah itu, hilangkanlah duri yang ada di kedua sisi daun tersebut dengan cara memotongnya. Jangan khawatir apa bila bagian dalam daun berlendir karena itu adalah hal yang normal.

- Langkah yang selanjutnya adalah mengupas bagian luar daun. Kupaslah semua kulit daun lidah buaya yang berwarna hijau lalu pisahkan getah kuning daun lidah buaya menggunakan pisau yang sama.

- Ambilah gel lidah buaya yang berwarna bening yang terdapat di bagian dalam daun dengan menggunakan sendok kecil lalu taruhlah gel tersebut di dalam wadah mangkuk yang berukuran kecil.

- Untuk cara membuat jus lidah buaya, kamu butuh setidaknya dua sendok makan gel lidah buaya. Ambillah gel lidah buaya tersebut dan masukkan ke dalam blender. Masukkan air dan blenderlah dengan menggunakan kecepatan rendah selama tiga hingga lima menit.

- Kalau kamu suka, kamu bisa menambahkan air perasan lemon ataupun jeruk nipis segar ke dalam jus milikmu. Ini akan membuat jusmu terasa semakin enak, lezat, dan menyegarkan.

Itulah cara membuat jus lidah buaya yang simpel dan lezat beserta berbagai manfaatnya untuk tubuhmu. Kamu bisa mencobanya di rumah dan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur untuk membantumu menjaga kesehatan tubuhmu. Akan tetapi, janganlah mengkonsumsinya secara berlebihan dan tetap perhatikan kondisi kesehatanmu terlebih dahulu sebelum meminum jus lidah buaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.