Sukses

8 Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi yang Wajib Diketahui

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, biasanya terjadi karena restore sistem.

Liputan6.com, Jakarta Keyboard merupakan salah satu perangkat yang sangat penting, dalam penggunaan laptop juga komputer. Meski begitu, keyboard juga kerap tiba-tiba menjadi tidak berfungsi sehingga merepotkan para penggunanya. Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, membuat pekerjaan menjadi terhambat. Keadaan ini sering dialami oleh siapa saja, serta cukup mengganggu kinerja. 

Secara umum, keyboard adalah perangkat keras yang terdapat pada komputer juga laptop. Keyboard berfungsi sebagai alat untuk menginput data berupa huruf, angka, juga simbol. Fungsi keyboard sangat penting karena sebagian perintah yang berupa teks serta kontrol lain yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard. Oleh sebab itu, penyebab keyboard laptop tidak berfungsi mampu menghambat proses kerja yang sedang berlangsung.

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari kebersihan keyboard yang tidak dijaga, pengaturan yang tidak kompatibel bahkan adanya restore sistem. Karena diletakan bersamaan dengan badan laptop, membuat keyboard rentan mengalami kerusakan. 

Berikut ini penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

1. Membersihkan kotoran-kotoran kecil di keyboard

Yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, bisa dilakukan dengan membersihkannya dari kotoran-kotoran kecil. Karena penggunaan yang terus menerus, memungkinkan terdapat kotoran-kotoran kecil pada beberapa tombol keyboard, sehingga menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi dengan baik. 

Untuk membersihkan keyboard, cukup mudah untuk dilakukan, hanya dengan memiringkan laptop pada sudut kurang lebih 75 derajat serta goyangkan dengan lembut dan perlahan. Setelah itu, periksa semua tombol dan lihat apakah tombol-tombol laptop kamu sudah berfungsi atau tidak. Jika tidak, maka dengan meniupkan udara pada tombol keyboard bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran pada keyboard. 

2. Masalah pada perangkat lunak

penyebab keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa terjadi karena masalah yang terjadi pada perangkat lunak. Untuk itu, cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula bisa dilakukan dengan me-restart laptop. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini bisa coba untuk melakukan restart laptop. Jika kamu masih bisa mematikan laptop dari tombol Start secara normal, maka matikan laptop kamu. Tapi, jika hal tersebut tidak memungkinkan, tekan tombol power selama 5 detik (paling lama 15 detik) untuk mematikan laptop secara paksa. 

3 dari 4 halaman

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

3. Restore sistem

penyebab keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya, biasanya terjadi karena adanya restore sistem pada laptop. Cara mengembalikan fungsi keyboard laptop bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan melakukan klik tombol Start, lalu klik Control Panel. Selanjutnya, klik "Back up your computer" di bawah heading terdapat "System and Security". Kemudian klik "Recover system settings or your computer", lalu klik "Open System Restore". Setelah melakukan proses restore berhasil, reboot laptop. Jika penyebab masalah pada keyboard kamu terletak pada sistem, maka keyboard kamu seharusnya kembali berfungsi dengan baik.

4. Memperbaiki keyboard driver

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik juga bisa karena keyboard driver yang tidak melakukan up-to-date atau keyboard driver terganggu oleh program lainnya. Untuk memastikannya, bisa dengan memeriksa apakah keyboard driver berjalan dengan baik atau tidak di "Device Manager".

Device Manager dapat diakses dari "Control Panel". Berikutnya, klik "System and Security". Lalu, klik "Device Manager" di bawah heading terdapat "System". Di Device Manager ini kamu akan menemukan drivers dari semua perangkat keras di dalam laptop. Setelah itu, klik "keyboard" dan kamu akan menemukan keyboard driver laptop. Apabila kamu melihat segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka keyboard driver sedang bermasalah. Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal ini kamu dapat mengunjungi situs web produsen laptop untuk mencari driver terbaru.

5. Pasang keyboard alternatif

Jika kondisi semakin mendesak, untuk sementara waktu kamu bisa menggunakan keyboard port USB. Kemungkinan pengguna merasa tidak nyaman dengan pemasangan port USB, akan tetapi keberhasilan cara ini bisa dipastikan hampir 100 persen.

Kemudian, apabila kamu benar-benar dalam situasi sangat mendesak untuk mengetik sesuatu yang terbilang pendek, misalnya username dan password untuk mengakses alamat e-mail pada saat itu juga,pengguna bisa menggunakan keyboard virtual di layar laptop. 

4 dari 4 halaman

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

6. Pengaturan yang tidak kompatibel

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi juga terjadi karena pengaturan yang tidak kompatibel. Ketika keyboard laptop tidak berfungsi sebagian tentu akan membuat kita frustasi dan stres, apalagi jika membutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan. Hal ini terkadang dipengaruhi oleh penggunaan atau sistem yang kurang berjalan dengan baik.

7. Keyboard rusak

Ketika kita mengalami keyboard yang rusak atau tidak berfungsi sebagian tentu akan membuat kita kesulitan. Saat kamu mengalami keyboard yang rusak atau tidak berfungsi sebagian ada baiknya untuk mengembalikan ke tempat kamu membeli, atau bisa langsung membeli yang baru sebagai penggantinya. 

8. Servis keyboard

Ketika sudah mengikuti semua langkah di atas, namun laptop masih bermasalah maka lakukan servis. Kalau garansi laptop kamu sudah tidak berlaku, bawa laptop ke tempat servis, karena kemungkinan permasalahan kecil terjadi pada kabel di laptop, seperti terputusnya kabel karbon yang dapat dengan mudah diperbaiki. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.