Sukses

11 Manfaat Teh Tawar Bagi Kesehatan Tubuh, Mencegah Risiko Kanker Juga Menjaga Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Minum secangkir teh juga pada umumnya, sering menambahkan pemanis agar mendapatkan sensasi rasa yang semakin nikmat. Namun, dengan mengonsumsi teh yang mengandung pemanis akan memiliki kandungan kalori yang lebih banyak. Kandungan gula yang tinggi tersebut, memicu penyakit diabetes dalam tubuh. Oleh sebab itu, manfaat teh tawar sangat baik untuk kesehatan, juga mencegah berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan.  

Manfaat teh tawar ternyata banyak berguna untuk tubuh, selain air putih. Mengutip dari laman Reader's Digest, teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai katekin. Katekin sendiri terbagi atas senyawa Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mampu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh juga dapat mengurangi peradangan.

Manfaat teh tawar juga bisa kamu rasakan, selain mencegah penyakit diabetes, dapat menurunkan berat badan, juga membantu memelihara kesehatan kulit.

Berikut ini manfaat teh tawar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Teh Tawar

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat teh tawar untuk kesehatan, dapat membantu mencegah penyakit jantung. Teh tawar memiliki kandungan antioksidan yang disebut flavonoid, kandungan ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Jika mengonsumsi teh hitam tanpa gula secara teratur, mampu mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta obesitas. Tentu saja kandungan serta manfaat teh tawar ini bisa didapatkan juga, dengan menerapkan pola hidup yang sehat. 

2. Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pasti mendambakan untuk memiliki tubuh yang ideal. Salah satu pemicu yang dapat membuat seseorang mengalami kegemukan badan adalah kelebihan lemak. Lemak yang merupakan zat negatif pada tubuh juga biasanya tertimbun dalam perut, sehingga hal ini memicu badan seseorang mengalami kegemukan. Kelebihan lemak juga mendatangkan berbagai macam penyakit dalam tubuh. Salah satu cara yang alami untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsi teh tawar. Karena kandungan polifenol di dalam teh berperan penting untuk meningkatkan pengeluaran kalori serta mengurangi lemak tubuh.

 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Teh Tawar

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat teh tawar juga sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Teh memiliki efek antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kulit rusak. Selain itu, teh juga dapat menekan beberapa komponen seluler, serta dapat membantu kulit tetap sehat dan kencang. Hanya perlu mengonsumsi teh tawar secara rutin dan teratur, maka kulit akan tampak sehat dan terhindar dari kerusakan.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan polifenol dan antioksidan yang terdapat di teh juga diketahui mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dikaitkan dengan kemampuan teh dalam mencegah munculnya penyakit kanker. Manfaat ini paling banyak ditemukan dalam teh hijau juga teh hitam. Walaupun begitu perlu memperhatikan batasan dalam mengonsumsi teh setiap harinya. Karena jika tidak mengonsumsi dalam takaran yang tepat maka berbahaya untuk kesehatan. 

5. Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Pada kondisi seperti ini, menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila hal ini tidak segera diatasi maka membahayakan nyawa penderita. Melansir dari Healthline, diabetes melitus terjadi karena tingginya kadar gula darah yang juga disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi lain. 

4 dari 5 halaman

Manfaat Teh Tawar

6. Memperkuat Gigi

Manfaat teh tawar selanjutnya, mampu memperkuat gigi. Dengan mengonsumsi teh tawar, kamu bisa sekaligus memperkuat organ gigimu. Mengonsumsi teh dikaitkan dengan peningkatan kesehatan gigi dan risiko karies yang lebih rendah. Manfaat ini pastinya akan berjalan dengan baik jika cara mengonsumsi tidak menambahkan gula. Gula dikaitkan sebagai penyebab kerusakan gigi juga mulut,  salah satunya dari streptococcus mutans yang merupakan bakteri berbahaya utama di mulut. Bakteri ini menyebabkan pembentukan plak dan merupakan kontributor utama untuk gigi berlubang dan kerusakan gigi. 

7. Jaga Kesehatan Otak

Manfaat teh tawar juga sangat baik dalam menjaga kesehatan otak, karena salah satu kandungan teh yang terkenal adalah kafein, juga dapat menstimulasi otak. Peran kafein di otak adalah memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosine. Kafein telah dipelajari secara intensif sebelum dan secara konsisten mengarah pada perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak, termasuk peningkatan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori.

8. Mencegah Alzheimer

Manfaat mengonsumsi teh tawar adalah mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manusia dan merupakan penyebab utama demensia. Adapun berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa katekin yang terdapat dalam teh hijau, memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron dalam tabung reaksi dan model hewan. Manfaat teh hijau ini memiliki potensi menurunkan risiko Alzheimer dan parkinson terutama jika dikonsumsi tanpa gula.

5 dari 5 halaman

Manfaat Teh Tawar

9. Memperpanjang Usia

Dengan mengonsumsi teh hijau, maka risiko untuk terserang penyakit kardiovaskular juga lebih rendah.  Oleh sebab itu,  dapat dikatakan hal ini bisa membuatmu hidup lebih lama karena terjauhkan dari penyakit serius. Ditambah lagi, dalam sebuah penelitian terhadap 40.530 orang dewasa di Jepang, mereka yang minum teh hijau paling banyak (5 atau lebih cangkir per hari) secara signifikan lebih kecil kemungkinannya meninggal selama periode 11 tahun. Dalam hal ini orang Jepang lebih sering minum teh tanpa gula.

10. Membantu Proses Penurunan BB

Apa pun jenis tehnya, jika diminum tanpa gula, maka dapat membantu penurunan berat badan. Polifenol pada teh telah terbukti meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi lemak tubuh. Selain polifenol, teh juga merupakan sumber kafein, di mana kafein membantu tubuh membakar kalori serta lemak. Dengan meminumnya tanpa gula juga dapat mencegah risiko obesitas. 

11. Turunkan Kolesterol

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa mengonsumsi teh dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Satu studi acak menemukan bahwa minum lima porsi teh hitam per hari dapat mengurangi kolesterol LDL sebesar 11%. Para peneliti yang menyimpulkan bahwa teh hitam membantu meningkatkan kadar kolesterol pada individu yang berisiko terkena penyakit jantung atau obesitas. Manfaat ini didapat dari mengonsumsi teh tanpa gula.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS