Sukses

Kampung Wisata Cinangneng di Bogor, Liburan Seru Sambil Belajar Ala Pedesaan

Liputan6.com, Jakarta Kampung Wisata Cinangneng di Bogor, Jawa Barat wajib anda kunjungi bersama keluarga. Kampung Wisata Cinangneng di Bogor menawarkan tempat wisata edukasi yang cocok bagi anak-anak.

Kampung Wisata Cinangneng di Bogor merupakan tempat wisata edukasi yang memiliki konsep alam dan pedesaan. Di Kampung Wisata Cinangneng ini juga dilengkapi dengan penginapan serta wahana seru lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, di Kampung Wisata Cinangneng ini juga menyediakan aneka kegiatan seru yang bisa dicoba seperti mengenal tentang pertanian, kebudayaa, dan alam Indonesia. Selain anak sekolah, Kampung Wisata Cinangneng di Bogor juga ramai dikunjungi mahasiswa asing, hingga turis asing.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai Kampung Wisata Cinangneng di Bogor yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kampung Wisata Cinangneng

Bagi anda yang ingin mengajak anak-anak liburan sambil belajar, Kampung Wisata Cinangneng di Bogor ini bisa menjadi solusinya. Kampung Wisata Cinangneng Bogor merupakan tempat wisata edukasi yang cocok dikunjungi untuk keluarga dan anak-anak.

Kampung Wisata Cinangneng di Bogor ini mengusung tema alam dan pedesaan yang menjadi ciri khasnya. Di Kampung Wisata Cinangneng Bogor ini akan mengenalkan berbagai budaya Jawa Barat kepada para pengunjungnya, mulai dari alat musik, kerajinan, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Anda juga akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang gaya hidup serta tradisi penduduk desa di Kampung Cinangneng Bogor.

Perlu diketahui, bahwa Kampung Wisata Cinangneng ini didirikan oleh Hester Basoeki, seorang yang telah diakui oleh Menteri Pariwisata sebagai pionir pariwisata desa di Indonesia dengan mendirikan Program Pulang Kampoeng lewat HB Kampoeng Wisata Cinangneng.

Apabila anda ingin berkunjung ke Kampung Wisata Cinangneng, alamatnya adalah di Jalan Babakan Kemang RT. 01/02 Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Ciampea, Cihideung Udik, Bogor, Jawa Barat. Lokasi kampung wisata ini tidak jauh dari Institur Pertanian Bogor (IPB) Dramaga.

Adapun harga tiket masuk ke Kampung Wisata Cinangneng di Bogor ini mulai dari Rp 110.000 per orang dalam waktu seharian. Pengunjung juga akan ditawarkan untuk memilih beberapa paket untuk menikmati keseruan tinggal di desa ala Kampung Wisata Cinangneng di Bogor. Ada paket menikmati waktu berhari-hari di sana mulai dari harga Rp 525.000 sampai Rp 1.150.000. Anda juga dapat menikmati waktu di Kampung Wisata Cinangneng ini mulai dari jam 08.00-17.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Edukasi yang Disediakan di Kampung Wisata Cinangneng Bogor

Setelah mengetahui sekilas Kampung Wisata Cinangneng dan lokasinya, anda juga dapat mengetahui fasilitas edukasi apa saja yang disediakan Kampung Cinangneng Bogor. Berikut daftar fasilitas edukasi di Kampung Wisata Cinangneng, yakni:

1. Belajar Tarian Tradisional

Daftar fasilitas edukasi di Kampung Wisata Cinangneng yang pertama adalah bejalar tarian tradisional. Di sini juga ada fasilitas belajar menari tradisional Sunda seperti Jaipongan. Bukan hanya belajar menari, Anda juga akan dilengkapi pakaian adat sederhana agar tariannya semakin menghayati dan terlihat menarik.

2. Bermain Alat Musik dan Lagu Tradisional

Daftar fasilitas edukasi di Kampung Wisata Cinangneng yang selanjutnya adalah bermain alat musik dan lagu tradisonal. Sambil menikmati suasana alam akan semakin terasa kental nuansa pedesaannya dengan bermain berbagai alat musik dan lagu tradisional. Di Kampung Wisata Cinangneng ini Anda akan diajarkan beberapa alat musik khas Sunda seperti angklung dan gamelan Sunda, serta menyanyikan lagu-lagu khas Sunda.

3. Memandikan Kerbau dan Bermain di Sungai

Selain itu, di Kampung Wisata Cinangneng juga dapat menikmati memandikan kerbau serta bermain air di sungai. Dua kegiatan tersebut merupakan sesuatu yang menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama rombongan. Anak-anak juga pasti menyenangi kegiatan ini sekaligus melatih keberanian dan ketangkasannya.

4. Belajar Membuat Kue dan Jamu

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dicoba adalah belajar menbuat kue dan jamu. Anda akan diajak untuk membuat kue tradisional seperti kue bugis dan putu. Kedua kue tersebut merupakan menu andalan yang sering dipilih. Selain itu, ada juga paket kegiatan untuk belajar membuat jamu. Kegiatan ini akan menjadi pengalaman seru yang tidak akan terlupakan.

4 dari 4 halaman

Fasilitas Edukasi yang Disediakan di Kampung Wisata Cinangneng Bogor

5. Menanam Padi

Di Kampung Wisata Cinangneng Anda juga akan berkesempatan untuk merasakan menanam padi. Kegiatan menanam padi ini sebagai pengalaman yang mengasyikkan. Terlebih jika Anda melakukan bersama orang-orang terdekat, maka kegiatan menanam padi menjadi lebih menyenangkan.

6. Keliling Kampung

Daftar fasilitas edukasi di Kampung Wisata Cinangneng yang berikutnya adalah berkeliling atau tour kampung. Nantinya Anda akan diajak untuk berkunjung ke usaha-usaha kecil warga setempat seperti konveksi dan kerajinan bambu.

Anda juga akan diajak belajar dan melihat proses produksi karya UMKM yang langsung dilakukan oleh warga setempat. Keliling kampung juga menjadi kegiatan menyenangkan, karena Anda akan merasakan langsung melewati area perkebunan, sawah, dan hutan.

7. Menggambar Caping dan Membuat Karya Seni

Daftar fasilitas edukasi di Kampung Wisata Cinangneng yang berikutnya adalah menggambar caping dan membuat karya seni. Buat pengunjung anak-anak, kegiatan menggambar caping dan membuat karya seni bisa menjadi pilihan. Anda akan diberikan pewarna atau cat yang digunakan untuk berkreasi di atas caping pak tani. Selain itu, ada juga kegiatan membuat karya seni seperti wayang-wayangan dari batang dan daun singkong.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS