Sukses

23 Wisata Kota Bogor dan Tarifnya, Miliki Sejuta Keunikan dan Pesona Alam

Wisata kota Bogor yang memiliki pesona alam indah juga memukau

Liputan6.com, Jakarta Wisata kota Bogor memang memiliki sejuta keunikan juga keindahan yang wajib untuk dikunjungi. Kota hujan yang berhawa sejuk ini cukup berkembang menjadi kawasan wisata dengan sederet pesona. Bukan cuma kawasan Puncaknya yang wajib dikunjungi, akan tetapi terdapat puluhan tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. 

Wisata kota Bogor juga menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik warga lokal, luar daerah, hingga para wisatawan mancanegara. Untuk melepas penat dari banyaknya aktivitas, bisa mengunjungi kota dengan hawa sejuk ini. Selain menenangkan pikiran, juga membuat tubuh lebih rileks. 

Dengan meluasnya penggunaan Instagram, maka pengunjung lebih banyak mengetahui banyak tempat wisata kota Bogor. Bagi para pengunjung wisata yang mungkin belum mengetahui destinasi wisata Bogor, berikut ini wisata kota Bogor yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Kota Bogor

1. Taman Ade Irma Suryani

Taman Topi merupakan wisata kota Bogor yang cukup populer. Taman topi yang memiliki nama resmi Taman Ade Irma Suryani merupakan pusat hiburan rakyat yang sudah beroperasi selama puluhan tahun. Saat ini Taman Topi memiliki 20 wahana yang bisa dijajal, antara lain bumper car, perahu air, dan kuda poni. Tarif masuk tempat ini, Rp10.000,00 (weekdays), Rp12.000,00 (weekend)

2. Museum Sejarah Alam Indonesia

Wisata kota bogor selanjutnya, memiliki koleksi tanaman dari nusantara yang begitu beragam. Dulunya berfungsi sebagai herborium dan museum etnobotani. Museum Sejarah Alam Indonesia ini, sudah beroperasi sejak pukul 08.00 WIB. Saat weekend, museum tutup 2 jam lebih awal, yaitu pukul 14.00 WIB. Tarif masuk tempat ini hanya  Rp5.000,00

3. Taman Ekspresi Lapangan Sempur

Tempat wisata kota Bogor selanjutnya adalah Lapangan Sempur. Tempat yang menjadi pusat wisata dan kuliner ini, juga memiliki fasilitas untuk skateboard, panjat tebing, dan tempat bermain anak-anak.

4. The Illusion Bogor

The Illusion juga menyuguhkan spot-spot foto unik dengan sentuhan ilusi dari lukisan-lukisan 3D dan properti serba terbalik untuk foto ala film Upside Down. Pengunjung bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan memesan tiket masuk di situs booking. Hanya dengan tarif Rp70.000,00 (on location)

5. Bogor Mini Zoo

Bogor Mini Zoo merupakan kebun binatang mini yang mengusung konsep wisata edukasi. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, terutama anak-anak. Pasalnya jika berwisata di sini,  mereka bisa bermain dengan satwa-satwa yang tergolong jinak. Tarif masuk sebesar, Rp35.000,00 (anak-anak), Rp40.000,00 (dewasa)

3 dari 6 halaman

Wisata Kota Bogor

6. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Wisata kota Bogor selanjutnya, menawarkan sederet saung di tepi kolam, dan pengunjung bisa menikmati beragam kuliner tradisional. Diiringi live music yang menambah suasana bersantap jadi bertambah nikmat. Rumah Air ini berlokasi di Jalan Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, dan untuk tarif masuk, cukup bervariasi.  

7. Devoyage

Tempat wisata Bogor menyuguhkan pemandangan ala Eropa, bisa pengunjung temui saat berwisata ke  Devoyage. Tempat yang berlokasi di Jalan Boulevard Bogor Nirwana Residence Mulyaharja, Bogor Selatan, merupakan tempat wisata yang baru diresmikan dengan menawarkan Little Europe di tengah kota. Ada Menara Eiffel, Bryggen mini, dan kanal-kanal berkelok ala Venesia. Hanya dengan tarif Rp25.000,00 (weekdays), Rp35.000,00 (weekend)

8. Istana Bogor

Kalau berkunjung ke Bogor setidaknya harus mampir ke istana negara. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung juga bisa menikmati keasrian taman serta memberi makan rusa yang dipelihara di sana. Biasanya ada pedagang yang menjual wortel mentah dengan harga sekitar RP10.000,00. Untuk bisa mengakses tempat ini, tidak memerlukan biaya masuk. 

9. Kebun Raya Bogor

Kalau sudah mampir ke Istana Bogor, silakan dilanjutkan dengan bermain-main di Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer, dengan memiliki lahan yang cukup luas. Tempat yang dulunya cuma berfungsi sebagai halaman istana ini juga dilengkapi berbagai atraksi modern. Salah satu yang paling baru adalah Rumah Masa Depan. Di sini juga banyak spot foto Instagramable. Untuk masuk, pengunjung harus membayar tarif sekitar Rp15.000,00

4 dari 6 halaman

Wisata Kota Bogor

10. Little Venice Kota Bunga

Ingin menikmati nuansa Eropa di kota kanal Venesia, maka wisata kota bogor memiliki Little Venice Bogor. Tempat wisata di Bogor ini merupakan bagian dari Wisata Kota Bunga, juga memiliki berbagai fasilitas, diantaranya pengunjung bisa mendayung gondola di kanal-kanal buatan yang persis dengan Venesia asli. Untuk tarif masuk, hanya membutuhkan  Rp20.000,00

11. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland juga bisa dikatakan sebagai Dufan-nya Bogor. Theme park yang dibangun di lahan seluas 35 hektar ini, dilengkapi dengan 31 wahana permainan yang tak bakal bikin bosan. Pengunjung bisa menikmati tempat ini, dengan tarif masuk sekitar Rp100.000,00 (weekdays), Rp220.000,00 (weekend)

12. The Jungle Water Adventure

Inilah tempat wisata kota Bogor yang sangat cocok untuk anak-anak serta keluarga. Destinasi wisata ini menghadirkan berbagai wahana air yang seru dengan konsep outdoor. The Jungle Water Adventure bertempat di Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan. Tempat ini juga terdapat Cinema 4D dan Fountain Futsal. Tarif masuk tempat wisata ini sebesar Rp80.000,00 (weekdays), Rp95.000,00 (weekend).

13. The Jungle Fest

The Jungle Fest beralamat di Jalan Dreded, Bogor Nirwana Residence. Tempat ini selalu beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu saja.Taman bermain yang tidak terlalu luas ini menawarkan berbagai wahana permainan klasik untuk anak-anak. Misalnya saja komidi putar dan bianglala. Tarif masuk juga tergolong murah, hanya dengan Rp15.000,00

5 dari 6 halaman

Wisata Kota Bogor

14. Paralayang Bukit Gantole

PuncakTempat wisata kota Bogor berikutnya ini sangat cocok untuk pecinta olahraga ekstrem. Letaknya di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak, pengunjung bisa menikmati sensasi mengudara sambil selfi. Cukup dengan membayar tarif yang ditentukan, kamu bisa terbang dari ketinggian Puncak Bogor selama 10 menit. Selain paragliding, pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan kota Bogor.

15. Taman bunga Nusantara

Wisata kota Bogor selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan adalah Taman Bunga Nusantara yang sangat fotogenik. Tempat wisata Bogor ini dibangun di atas lahan seluas 23 hekt, serta dihiasi oleh bunga-bunga cantik juga ditata dengan apik. Pengunjung juga bisa menjajal taman labirin, go-kart, bumper boat atau ATV race, serta  air mancur musikalnya juga cantik. Tempat ini terletak di kawasan Wisata Kota Bunga, Jalan Mariwati Kilometer 7 Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur. Dengan tarif masuk pengunjung sebesar Rp30.000,00. 

16. Highland Park Resort

Tempat wisata kota Bogor yang satu ini, menyuguhkan glamping dengan konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat ini sedang marak di Indonesia. Tempat Yang berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dihiasi berbagai latar pemandangan Gunung Salak.

Tempat wisata ini menyediakan tenda-tenda ala Mongolia dengan fasilitas lengkap dan berbagai wahana permainan, mulai dari kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox. Tempat ini bisa dinikmati dengan tarif: Rp1.500.000,00 (tarif minimal per malam)

17. Taman Wisata Gunung Pancar

Tempat wisata Bogor selanjutnya  ini merupakan bumi perkemahan yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya piknik di tengah alam. Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Pengunjung juga bisa mengakses tempat ini dengan tarif: Rp5.000,00 (weekdays), Rp7.500,00 (weekend)

18. Curug Cibaliung

Selain Taman Wisata Gunung Pancar, Karang Tengah juga punya objek wisata alam berupa curug cantik. Tempat ini memiliki air biru jernih juga sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan curug ini. Cukup dengan tarif: Rp10.000,00, pengunjung bisa menikmati pemandangan sepuasnya. 

6 dari 6 halaman

Wisata Kota Bogor

19. Curug Ciherang & Jembatan Kayu Gantung

Gardu pandang yang terdapat pada ketinggian bukit dengan pemandangan sekitar yang indah serta memiliki pesona alam yang asri. Pengunjung bisa menemukan tempat ini, saat berada di kawasan wisata Curug Ciherang. Destinasi ini terdapat rumah pohon serta jembatan kayu gantung yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan alam sekitar. Jembatan kayunya sendiri sangat Instagramable, hanya dengan tarif masuk sebesar Rp5.000,00

20. Warso Farm

Wisata kota bogor yang bisa pengunjung nikmati adalah Warso Farm. Wisatawan yang berkunjung bisa mencicipi buah durian yang baru dipanen, juga buah naga yang siap untuk dipetik. Lokasi tempat wisata Bogor ini adalah Desa Cihideung, Cipelang, Kecamatan Cijeruk. Hanya dengan tarif gratis, juga Rp50.000,00-Rp60.000,00 (per buah)

21. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Tempat wisata kota Bogor selanjutnya, yang berada di daerah Parung ini juga menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Air yang mengandung belerang dan garam, sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Hanya dengan tarif: Rp8.000,00 (anak-anak), Rp 12.000,00 (dewasa) pengunjung sudah bisa menikmati wisata ini. 

22. Bukit Alesano

Bukit Bintang-nya Bogor ini menawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit, serta dikelilingi pemandangan kota Bogor yang tampak seperti taburan bintang di malam hari. Sunrise dan pemandangan Gunung Salak-Gede Pangrango yang terlihat dari puncak Alesano ini juga cantik. Karena masih tergolong baru, tempat wisata di Bogor ini masih belum dikelola secara resmi. Pengunjung bisa juga memberikan tarif secara sukarela kepada pengelola tempat ini. 

23. Leuwi Lieuk

Tempat wisata di Bogor yang tergolong masih baru ini tidak kalah dari Green Canyon Pangandaran dan Angel's Billabong-nya Bali. Tempat yang berada di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Untuk mencapai Leuwi Lieuk pengunjung  harus berenang dari Leuwi Cepet, setelah itu melakukan trekking sekitar 5 menit. Meskipun ribet, akan tetapi pemandangan sungai hijau pirus yang menanti sepadan dengan usahanya. Dengan tarif masuk Rp10.000,00 pengunjung bisa menikmati tempat ini sepuasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.