Sukses

9 Penyebab Tenggorokan Sakit Serta Cara Mengatasinya, Segera Ketahui

Inilah 9 penyebab tenggorokan sakit beserta cara mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab tenggorokan sakit harus diketahui dan dipahami. Tenggorokan sakit adalah salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi dan sering menyerang semua orang. Tenggorokan sakit bisa membuat tenggorokan terasa tidak nyaman dan biasanya akan semakin parah pada saat makan dan minum.

Saat tenggorokan sakit, seseorang bisa merasakan rasa gatal dan sakit di bagian tenggorokannya. Perasaan tersebut akan semakin terasa saat ia sedang menelan makanan ataupun minuman.

Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab tenggorokan sakit. Biasanya, tenggorokan seseorang sakit bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Akan tetapi, tenggorokan sakit juga bisa disebabkan oleh masalah-masalah kesehatan lain yang membutuhkan perawatan medis seperti kanker tenggorokan. Biasanya, rasa sakit di tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, seseorang membutuhkan perawatan yang lebih intensif untuk menangani permasalahan ini.

Lalu apa sajakah penyebab tenggorokan sakit. Berikut ini ialah beberapa penyebab tenggorokan sakit beserta cara mengatasinya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, (1/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Sakit

1. Penyakit Radang Tenggorokan

Penyebab tenggorokan sakit yang pertama ialah radang tenggorokan. Ini adalah salah satu faktor yang paling sering menyebabkan tenggorokan seseorang terasa sakit. Radang tenggorokan bisa Terjadi karena berbagai hal, mulai dari infeksi virus maupun infeksi bakteri.

Ada berbagai virus yang bisa menjadi penyebab radang tenggorokan. Di antaranya adalah Flu, Covid-19, Krup (croup), Mononukleosis, Herpangina, Campak, dan Cacar Air. Sementara itu, ada berbagai bakteri yang juga bisa menyebabkan tenggorokan sakit seperti bakteri Streptococcus. Radang tenggorokan harus diwaspadai karena bisa menulari orang lain melalui udara.

2. Dehidrasi

Penyebab tenggorokan sakit yang kedua ialah dehidrasi. Saat tubuhmu kekurangan cairan, maka itu bisa memicu terjadinya iritasi di tenggorokanmu. Hal ini membuatmu merasakan gatal dan sakit di tenggorokanmu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengkonsumsi air putih yang mencukupi untuk mencegah dan mengatasi tenggorokan sakit. Pada umumnya, seseorang disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 liter air putih setiap harinya untuk memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, memastikan asupan cairan dalam tubuh terpenuhi bisa membantumu mencegah berbagai penyakit lainnya seperti sembelit dan membantumu untuk merawat kesehatan ginjal.

3. Minuman Bersoda

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda bisa menjadi salah satu penyebab tenggorokan sakit dan gatal. Di dalam minuman bersoda terdapat kandungan gula tambahan, asam fosfat serta karbonat. Kandungan-kandungan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuat tenggorokanmu terasa sakit dan gatal. Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit amandel serta merusak gigi dan mulutmu.

3 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Sakit

4. Mengkonsumsi Makanan Asin dan Manis

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan asin dan manis adalah salah satu faktor penyebab tenggorokan sakit. Pada makanan yang asin terdapat kandungan garam yang terlalu tinggi. Kandungan garam tersebut bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan yang membuat tenggorokanmu terasa sakit dan gatal.

Sama seperti makanan asin, makanan yang asin juga tidak baik untuk tenggorokanmu. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang manis bisa menyebabkan dehidrasi yang memicu terjadinya iritasi pada tenggorokan. Hal ini menyebabkan rasa sakit di tenggorokanmu.

5. Efek Samping Obat-Obatan

Penyebab tenggorokan sakit yang berikutnya ialah efek samping obat-obatan. Ada berbagai jenis obat-obatan yang bisa membuat tenggorokanmu menjadi kering dan membuatnya menjadi terasa gatal dan sakit. Obat-obatan tersebut meliputi obat antibiotik, antidepresan, obat jenis bronkodilator, obat diare, antihistamin, obat radang, obat diuretik dan obat anti hipertensi.

6. Minuman/Makanan Dingin

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang dingin bisa menjadi salah satu penyebab tenggorokan sakit. Mengkonsumsi hidangan dingin seperti es krim secara berlebihan bisa membuat tenggorokanmu menjadi cepat kering dan suara menjadi serak. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokanmu yang kemudian membuat tenggorokanmu menjadi terasa sakit dan gatal. Di samping itu, mengkonsumsi es krim secara berlebihan juga bisa menyebabkan peradangan amandel yang berbahaya bagi tubuh.

 

4 dari 5 halaman

Penyebab Tenggorokan Sakit

7. Rokok dan Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan rokok bisa menjadi faktor penyebab tenggorokan sakit yang lainnya. Mengkonsumsi rokok dan alkohol bisa menyebabkan produksi air liur oleh tubuh menjadi berurang. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi dan iritasi pada tenggorokan yang akhirnya membuat tenggorokan menjadi sakit. Di samping itu, mengkonsumi alkohol juga bisa membuatmu menjadi lebih sering buang air kecil yang juga bisa menyebabkan kurangnya kadar cairan dalam tubuh.

8. GERD

Penyebab tenggorokan sakit yang berikutnya ialah penyakit GERD. Penyakit ini sendiri menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan atau esofagus. Asam lambung ini menyebabkan luka di tenggorokan yang menyebabkan tenggorokan menjadi terasa gatal dan sakit.

Umumnya, penyakit GERD ditandai dengan berbagai gejala umum seperti sakit dada atau nyeri di bagian ulu hati, kesulitan untuk menelan, hingga perut terasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan berat badan dan sedang hamil.

9. Tumor Tenggorokan

Penyebab tenggorokan sakit yang berikutnya dan yang perlu diwaspadai adalah tumor tenggorokan. Seseorang yang memiliki tumor tenggorokan bisa merasakan rasa sakt di tenggorokannya. Selain itu, tumor di tenggorokan biasanya juga ditandai dengan berbagai gejala lain seperti suara yang serak, sulit menelan, sesak napas, dan terdapat benjolan di leher.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit

Rasa sakit dan gatal di tenggorokan bisa menyebabkan seseorang merasakan tidak nyaman dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara sederhana yang bisa kiita lakukan guna meredakan tenggorokan sakit. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi tenggorokan sakit:

1. Minum Air Putih Hangat.

Kamu bisa banyak mengkonsumsi air putih hangat untuk mengatasi rasa sakit di tenggorokan. Banyak minum air putih hangat bisa membantumu untuk melegakan tenggorokan, mengurangi rasa sakit dan gatal di tenggorokan, serta bisa membantumu untuk melegakan pernapasan yang terumbat.

Kalau kamu tidak terlalu suka minum air putih, kamu bisa menambahkan irisan lemon ke dalam air putihmu sebagai penambah rasa. Lemon tidak hanya dapat membantumu menambahkan rasa ke air putihmu tetapi juga bisa membantumu untuk mempercepat proses kesembuhan. Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi sakit tenggorokan.

2. Madu

Mengkonsumsi madu secara rutin dan teratur juga bisa membantumu untuk mencegah dan mengatasi rasa sakit di tenggorokan. Pasalnya, madu memiliki berbagai kandungan yang bersifat antibirus dan antibakteri yang bisa membantu tubuhmu untuk membunuh berbagai virus dan bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Archives of Medical Research menemukan bahwa madu bisa membantu untuk menghambat repliasi virus influenza serta mempercepat penyembuhan infeksi flu.

3. Daun Mint

Cara mengatasi tenggorokan sakit yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi daun mint. Daun yang memiliki rasa yang segar ini bisa membantumu untuk mencegah radang tenggorokan dan efektif untuk membuat tenggorokanmu terasa lebih segar dan lega. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonid, fenol, dan karotenoid dalam danun miny yang berperan sebagai antioksidan.

4. Kumur Air Garam

Kalau kamu merasakan sakit tenggorokan, kamu bisa mencoba kumur air garam untuk membantumu mengatasi permasalah tersebut. Kumur air garam bisa membantumu untuk melapisi dan melembapkan selaput tenggorokan, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri saat menelan makanan. Di samping itu, air garam juga mampu membantumu untuk meredakan peradangan di tenggorokan dan pita suara. Kamu bisa coba melarutkan garam dalam air dan gunakan larutan tersebut untuk berkumur sebanyak 2-3 kali setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.