Sukses

8 Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami, Efektif untuk Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai cara mengatasi sembelit yang bisa kamu terapkan ketika kesulitan untuk buang air besar (BAB). Sembelit atau kesulitan BAB adalah masalah yang umum dan cukup sering terjadi. Sembelit bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Umumnya, sembelit disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat. Kurangnya konsumsi air putih dan asupan cairan pada tubuh bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan BAB. Selain itu, kurangnya konsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari permasalahan kesehatan ini.

Sembelit bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit di perut yang kita rasakan bisa membuat kita harus bolak-balik ke toilet dan mengganggu rutinitas sehari-hari yang sedang kita jalankan. Tidak heran, masalah kesehatan ini bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk berkonsentrasi dan membuat produktivitasnya menurun. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi sembelit.

Sebenarnya, ada berbagai cara mengatasi sembelit yang bisa kamu coba terapkan di rumah. Karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat adalah salah satu faktor penyebab sembelit yang utama, maka cara terefektif untuk mengatasinya ialah dengan mengubah gaya hidup dan pola makanmu menjadi lebih sehat. Dengan memiliki gaya hidup dan pola makan yang sehat, kamu bisa mengatasi maupun mencegah masalah ini.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sembelit secara alami yang mudah dan simpel untuk kamu coba di rumah yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengkonsumsi Sayur, Buah, dan Kopi

1. Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Cara mengatasi sembelit secara alami yang pertama adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin dan teratur. Sembelit bisa disebabkan karena kurangnya asupan serat pada tubuh. Padahal, serat adalah salah satu unsur penting bagi kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh.

Serat larut dalam makanan dapat menyerap cairan dan membantu untuk melunakkan kotoran sisa pencernaan, membuatnya mudah untuk dibuang dari dalam tubuh. Sementara itu, serat tidak larut dapat berperan seperti sikat gigi raksasa yang membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di usus untuk kemudian dibuang.

Kurangnya asupan serat biasanya disebabkan karena kurangnya konsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran. Pasalnya, buah dan sayur adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai macam kacang-kacangan untuk memenuhi asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat memang menjadi salah satu cara mengatasi sembelit secara alami yang paling efektif dan yang paling banyak digunakan.

2. Mengkonsumsi Kopi

Mengkonsumsi kopi adalah salah satu cara mengatasi sembelit secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Pasalnya, mengkonsumsi kopi dapat membantumu untuk melancarkan sistem pencernaan milikmu dan membuatmu lebih mudah untuk BAB.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan kafein dalam kopi. Zat kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu untuk menstimulasi otot di sistem pencernaanmu yang memperlancar jalannya sistem tersebut. Mengutip dari situs Medical News Today, kopi juga memiliki sedikit kandungan serat larut yang bisa membantumu untuk mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri baik yang ada di usus.

3 dari 5 halaman

Menjaga Asupan Probiotik dan Olahraga

3. Menjaga Asupan Probiotik

Anda bisa mengkonsumsi dan menjaga asupan probiotik dalam tubuh sebagai salah satu cara mengatasi sembelit. Probiotik sendiri adalah bakteri baik yang menguntungkan dan penting bagi kesehatan serta kelancaran sistem pencernaan tubuh. Probiotik tersebut dapat membantu sistem pencernaan untuk memecah serat-serat ataupun makanan-makanan yang sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Untuk memastikan supaya tubuh mendapatkan asupan probiotik yang dibutuhkan, kamu bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan probiotik. Biasanya, makanan yang kaya akan kandungan probiotik adalah makanan-makanan yang merupakan hasil fermentasi seperti tempe, yoghurt, dan kimchi. Di samping mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen probiotik untuk memenuhi asupan probiotik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga asupan probiotik dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan probiotik maupun mengkonsumsi suplemen probiotik bisa menjadi salah satu cara mengatasi sembelit yang efektif yang bisa kamu coba di rumah. Dengan demikian, kamu tidak hanya akan mengatasi atau mencegah sembelit saja, tetapi kamu juga bisa mencegah berbagai masalah maupun penyakit pencernaan yang lain karena probiotik memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan sistem pencernaan.

4. Olahraga secara teratur

Seseorang yang kurang olahraga amupun melakukan aktivitas fisik akan rentan terkena masalah sembelit. Kurangnya olahraga tidak hanya dapat menyebabkan seseorang kesulitan BAB, tetapi juga bisa menyebabkan berbagai masalah medis serta penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Oleh sebab itu, berolahraga secara teratur dan rutin dapat membantumu untuk mencegah permasalahan tersebut. Menurut penelitian, melakukan berbagai olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda dapat membantumu untuk mempersingkat waktu transit usus yang dibutuhkan hingga hampir 30%. Dengan demikian, berolah raga secara teratur dapat membantumu untuk memperlancar serta menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Kalau kamu mengalami sembelit, kamu juga bisa mencoba melakukan olahraga ringan secara teratur. Berolahraga ringan selama kurang lebih 30 menit disebut-sebut dapat membantu seseorang untuk mengurangi gejala sembelit yang ia alami.

4 dari 5 halaman

Mengkonsumsi Air Putih dan Berjongkok

5. Mengkonsumsi Air Putih.

Cara untuk mengatasi sembelit yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi air putih dan cairan dalam jumlah yang cukup. Memenuhi kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi sembelit karena salah satu faktor penyebab utama dari sembelit adalah kurangnya asupan cairan di dalam tubuh seseorang.

Pada umumnya, seseorang direkomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 1,5 hingga 2 liter cairan untuk menjaga kandungan cairan di dalam tubuh dan mencegah sembelit. Akan tetapi, jumlah cairan yang sebaiknya kamu konsumsi juga tergantung pada beberapa faktor lainnya. Kalau kamu tinggal di wilayah yang bercuaca atau ceriklim yang panas kamu mungkin butuh untuk mengkonsumsi cairan yang lebih banyak. Kamu juga harus mengkonsumsi lebih banyak cairan apabila kamu sedang berolahraga karena ketika seseorang sedang melakukan aktivitas fisik, maka cairan dalam tubuh akan berkurang.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan yang memiliki kandungan cairan yang tinggi. Contoh buah-buahan yang kaya akan kandungan cairan adalah tomat dan semangka. Di samping itu, mengkonsumsi minuman non-kafein lainnya ataupun teh herbal juga bisa membantumu untuk melancarkan sistem pencernaan tubuhmu dan mengatasi BAB.

6. Berjongkok di Toilet

Kamu bisa mengubah posisimu menjadi berjongkok ketika BAB sebagai salah satu cara mengatasi sembelit. sisi tubuh seseorang dapat berpengaruh pada kelancaran dan kemudahan BAB. berjongkok di toilet membantu untuk merilekskan otot-otot tubuh di bagian tersebut sambil mengangkat sebagian usus. Hal ini dapat membantu tubuhmu supaya bisa membuang kotoran sisa-sisa makanan yang ada di dalam perut dengan lebih mudah.

5 dari 5 halaman

Mengunyah dengan Menyeluruh dan Relaksasi

7. Mengunyah Makanan Secara Menyeluruh

Untuk mengatasi masalah sembelit, kamu bisa mengunyah makananmu secara menyeluruh saat sedang makan. Mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh bisa membantu untuk meringankan kerja sistem pencernaan tubuh. Dengan demikian, sistem pencernaan akan lebih lancar dan dapat mencegah sembelit.

Pada saat kita mengunyah makanan yang sedang kita makan secara perlahan dan menyeluruh, gigi akan membantu kita untuk menghancurkan ataupun memecah makanan-makanan tersebut menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hal tersebut membuat makananitu akan menjadi lebih mudah untuk diubah menjadi cairan yang dikirim masuk ke usus kecil dan lebih mudah untuk dicerna oleh perut.

Di samping itu, mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh juga dapat membantu tubuh untuk memproduksi air liur yang cukup. Semakin lama kamu mengunyah makananmu, akan semakin banyak liur yang keluar. Air liur tersebut dapat membantu sistem pencernaan dengan berbagai cara. Air liur bisa membantu untuk memecah sebagian kandungan karbohidrat serta lemak yang ada di dalam makanan yang kamu konsumsi. Selain itu, air liur juga bisa membantumu meperlancar makanan yang masuk ke usus.

8. Mengelola Stres dan Relaksasi

Banyak pikiran dan stres bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk BAB. Rasa stres yang dialami oleh seseorang akan memberikan pengaruh pada kelancaran dan kesehatan sistem pencernaan miliknya. menurunkan stres dengan cara relaksasi dipercayai dapat membantu seseorang untuk mengatasi kesulitan BAB dan menjaga kesehatan usus.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres dan relaksasi adalah dengan melakukan yoga. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat, orang dewasa yang melakukan yoga secara rutin dapat secara signifikan pulih dari sembelit dan berbagai gejala lainnya setelah melakukan yoga selama beberapa minggu. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mengelola stres dan melakukan relaksasi pikiran sebagai salah satu cara untuk mengatasi sembelit secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.