Sukses

8 Wisata di Timika yang Wajib Dikunjungi, Kaya Keindahan Alam

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Timika menawarkan beragam destinasi alam yang wajib dikunjungi. Kota Timika sendiri adalah sebuah wilayah di propinsi Papua, Indonesia yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Mimika. 

Kota Timika ini terkenal dengan kawasan yang berorientasi pada bidang industri dan jasa, sebab di sini terdapat berbagai perusahaan berskala nasional akibat kehadiran PT Freeport Indonesia. Meskipun begitu, ada banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Timika menyimpan berbagai destinasi wisata yang unik dan pastinya menarik untuk dikunjungi. Destinasi tersebut mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata edukasi yang tentunya memiliki daya tarik tersendiri.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Timika yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Timika yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Sejarah Keakwa

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi adalah wisata sejarah Keakwa. Tempat wisata ini merupakan saksi bisu peristiwa perang dunia ke-2. Wisata Timikia ini berada di Pantai Keakwa. Di sini, wisatawan akan menjumpai perlengkapan perang seperti tank, pesawat tempur, meriam, dan bahkan mortar yang masih terawat dengan baik. Perlengkapan perang tersebut dahulunya adalah perlengkapan tentara Amerika dan Jepang selama masa perang dunia ke-2. Selain wisata sejarahnya, Pantai Keakwa pun populer dengan hasil laut yang melimpah. 

2. Pantai Ipaya

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Ipaya. Pantai Ipaya sebenarnya merupakan gabungan dari tiga kawasan yaitu Yaraya, Ipiri, dan Paripi. Ipaya menyuguhkan kecantikan pantai pasir putih yang membentang luas di bibir pantai. Di sana wisatawan bisa menyewa speedboat untuk berkeliling di tengah laut sembari memancing.

3. Tambang Grasberg

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Tambang Grasberg. Tambang Grasberg merupakan tambang emas terbesar yang bisa dikunjungi di Papua. Untuk bisa masuk ke kawasan ini, wisatawan perlu mendapatkan izin dari pengelola.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Timika yang Wajib Dikunjungi

4. Waterboom SP3 Park

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Waterboom SP3 Park. Waterboom merupakan destinasi rekreasi keluarga yang ada di Timika. Di sini terdapat beragam wahana air mulai dari kolam renang berbaga ukuran, ayunan, perosotan, sampai seluncuran. Ada juga ruang bilas yang terawat dengan baik. Di sini pengunjung juga bisa beristrirahat dari kafetaria dan gazebo dengan beragam kuliner ringan.

 

5. Kuala Kencana

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Kuala Kencana. Kuala Kencana merupakan bentuk perkotaan modern di tengah lebatnya hutan belantara.  Lokasi Kuala Kencana berjarak sekitar 15 menit dari Timika dan menjadi salah satu pusat administrasi dan pemukiman pekerja PT Freeport Indonesia. Dahulu, kota ini bernama Kota Baru, tetapi pada 1995 diubah menjadi Kuala Kencana atau Belanga Emas oleh Presiden Soeharto.

Meskipun letaknya di tengah hutan dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, Kota Kuala Kencana memiliki fasilitas yang lengkap dan modern. Selain gedung perkantoran PT Freeport Indonesia dan komplek perumahan karyawan, terdapat pula lapangan sepak bola, lapangan badminton indoor, lapangan futsal indoor, kolam renang standar Olimpiade, lapangan golf, bahkan pusat perbelanjaan.

Terdapat pula alun-alun (The Plaza), gereja, masjid, salon, perpustakaan dan layanan perbankan. Ada pula beberapa restoran barat dan oriental yang cita rasa dan mutunya terjaga dan mengikuti standar perusahaan industri catering dan distribusi pangan terbesar di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Timika yang Wajib Dikunjungi

6. Kali Kyura

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Kali Kyura. Kali Kyura adalah pilihan rekreasi bagi masyarakat Timika bersama keluarga. Perjalanan untuk menuju ke Kali Kyura dari Kota Timika bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu kurang lebih 20 menit. Kali Kyura sangat cocok dikunjungi saat siang hari.

7. Taman Nasional Lorentz

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Taman Nasional Lorentz. Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua. Taman nasional ini ditetapkan UNESCO sebagai Destinasi wisata Indonesia warisan dunia. Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi, dan banyak terdapat tanaman asli, hewan, dan budaya.

8. Pantai Kampus Biru

Tempat wisata di Timika yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Kampus Biru. Pantai Kampus Biru ini populer dengan ombaknya yang tenang dan warna air laut kebiruan yang miring. Pantai Kampus Biru ini sangat cocok untuk melihat pemandangan matahari tenggelam ataupun sekedar jalan-jalan santai di pinggir pantainya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS