Sukses

41 Tempat Wisata di Banten, Cocok Buat Liburan Bareng Keluarga

Rekomendasi 41 tempat wisata di Banten yang seru untuk berlibur bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Banten ada banyak sekali. Bahkan ada banyak pilihan jenis tempat wisata di Banten yang bisa jadi pertimbangan, mulai dari wisata alam, wisata pantai, bahkan wisata budaya.

Bagi warga Jakarta, tempat wisata di Banten tentu menjadi pilihan yang menarik selain Bogor. Selain karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, Banten juga memiliki berbagai pesona yang akan membuat Anda merasa tenang dan betah.

Bahkan bagi Anda yang punya rencana liburan bersama keluarga, tempat wisata di Banten punya sejumlah taman bermain, yang pastinya akan membuat anak-anak merasa senang dan tidak akan merasa bosan.

Yang jelas ada banyak sekali tempat wisata di Banten yang layak untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam sampai wisata budaya, berikut adalah 41 tempat wisata di Banten yang bisa jadi pilihan untuk liburan keluarga seperti yang telah Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Banten Bertema Taman

1. Water World CitraRaya

Salah satu tempat wisata di Banten yang cocok untuk liburan keluarga adalah CitraRaya Water World. CitraRaya Water World merupakan salah satu taman rekreasi air terbesar dan terlengkap di Barat Jakarta, tepatnya berada di Kawasan Kota Mandiri CitraRaya Tangerang.

Para pengunjung dapat menikmati berbagai wahana yang ada, mulai dari Olympic Pool, The Maze of Regrets Lazy River, Monkey Island Kiddy Pool, Lost Boys Kiddy Pool, Pixie Hollow Baby’s Pool, Wide Slider, Sea Devil Pirate Ship, Power Slider, Crock’s Hive racer Slide, Stonehenge Waterfall dan Wave Pool juga masih banyak lagi.

2. Kolam Cikoromoy

Salah satu tempat wisata di Banten yang paling populer adalah kolam Cikoromoy. Kolam pemandian alam Cikoromoy adalah salah satu wisata favorit di Pandeglang, Banten. Pemandian alam ini hampir selalu ramai pengunjung terutama pada hari libur.

Pemandian Cikoromoy memiliki air yang jernih. Air kolam langsung dialirkan dari Gunung Karang. Pemandian Cikoromoy juga menjadi tempat wisata bagi kamu yang ingin mengenal macam-macam ikan air tawar. Ikan air tawar jenis mas banyak dijual di Cikoromoy. Beberapa kolam sekitar pemandian menyediakan beragam ikan mas dari yang terkecil hingga ikan yang sangat besar.

3. World of Wonders

Tempat wisata di Banten lainnya yang cocok untuk liburan keluarga adalah World of Wonders. Di taman bermain ini, pengunjung akan dibuat serasa tengah berkeliling dunia karena di sana ada sejumlah replika banguna ikonik dari seluruh dunia, yakni Menara Pisa Italia, Kota Terlarang China, Candi Borobudur Indonesia, Gerbang Emas San Fransisco, dan lain-lain. Ada juga patung monster Nessie the Lochness di danaunya.

4. Marcopolo Water Adventure

Tempat wisata di Banten yang tak kalah menarik untuk menjadi pilihan berlibur bersama keluarga adalah Marcopolo Water Adventure. Berlokasi di Desa Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia, Marcopolo Water Adventure menawarkan  pesona keindahannya tidak ada duanya.

Marcopolo Adventure Serpong memiliki beberapa kolam renang yang dapat dipilih pengunjung. Ada Whirlpool Therapy dengan lintasan memutar.

Anak-anak juga bisa turut berseluncur di Big Slider yang relatif aman. Sedangkan bagi pengunjung balita tersedia Baby Pool yaitu kolam edukatif dengan bola warna-warni.

5. Ocean Park Water Adventure

Masih wisata bertema air, kali ini ada Ocean Water Park. Tempat wisata di Banten ini diklaim merupakan waterpark terlengkap di Tangerang. Di sini kamu bisa menikmati semua jenis wahana permainan mulai dari flying fox sampai kolam arus.

Ocean Park Water Adventure memiliki berbagai wahana bermain antara lain, Flying Tower, Kolam Arus, Slide n Fun, Racer Slide, Flying Fox, Lagoona The Bahama, dan Splash Town.

6. Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman buaya yang terletak di Banten Ini merupakan sebuah tempat penangkaran buaya berskala besar yang lokasinya berada di Jl Raya Tanjung Pasir, Tangerang.

Taman Buaya Tanjung Pasir memiliki koleksi buaya 500 ekor lebih, dari yang masih kecil sampai yang berumur 40 tahunan. Hanya sedikit buaya yang bisa berumur 70 tahun atau lebih.

Pengunjung bisa melihat dari seluruh tepian kandang tanpa perlu khawatir terkena panas matahari, karena di sekeliling kandang dinaungi oleh atap peneduh, dengan beberapa tempat duduk sederhana untuk sekadar melepas lelah sambil menikmati suasana.

7. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Ada banyak ekosistem yang dapat dinikmati seperti hutan pantai, mangrove, rawa air tawar, padang rumput, dan hutan hujan tropis. Di kawasan ini kamu juga bisa melihat langsung satwa dilindungi seperti Badak Jawa, Owa Jawa, Surili, dan Anjing hutan. Ada pula satwa liar seperti banteng, rusa, babi hutan, muncak, pelanduk, merak, dan masih banyak lagi.

8. Semenanjung Ujung Kulon

Semenanjung Ujung Kulon merupakan habitat Badak Jawa yang sangat dilindungi. Pengelolaan wisata di sini cukup terbatas agar tak mengganggu habitat Badak Jawa. Tapi tak perlu kecewa, di Semenanjung Ujung Kulon pengunjung masih bisa melakukan beberapa aktivitas seperti trekking, kemah, dan mengamati satwa liar.

3 dari 6 halaman

Wisata di Banten Bertema Alam

9. Curug Cihear

Curug Cihear adalah salah satu air terjun yang terletak di antara Desa Cigobang dan Desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Curug Cihear berada di Gunung Leutik, tepatnya di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

10. Gunung Honje

Memiliki ketinggian sekitar 620 mdpl dan luas 19500 hektar, Gunung Honje kerap dimanfaatkan sebagai area trekking. Gunung ini dikelilingi 19 desa penyangga. Sebelum sampai ke Gunung Honje wisatawan biasanya diajak berkeliling desa Wisata Taman Jaya yang berada di dekatnya. Di wisata Banten ini kamu terdapat kampung nelayan Cibanua, Curug Paniis, dan sumber air panas Cibiuk.

11. Gunung Anak Krakatau

Anak Gunung Krakatau merupakan sisa letusan dari Gunung Krakatau Purba berapi yang pernah meletus hebat. Sekarang, Anak Gunung Krakatau adalah salah satu tempat wisata Banten favorit wisatawan. Daya tarik wisata gunung Krakatau terletak pada sisa-sisa letusannya yang menghasilkan eksotisme bentangan alam sisa dari letusan dahsyat yang pernah terjadi.

12. Gunung Karang

Gunung Karang adalah sebuah gunung berapi yang berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung Karang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten. Wisata Banten jadi salah satu lokasi pendakian tujuan pada pendaki.

13. Sungai Cigenter

Di pulau Handeuleum terdapat sungai Cigenter yang bisa disusuri dengan bersampan. Selama menyusuri sungai, wisatawan akan disuguhkan panorama ala hutan hujan tropis sepanjang sungai. Pada bagian hulu sungai terdapat rute jalan setapak yang melintasi tumbuhan bambu menuju air terjun bertingkat.

14. Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang adalah sebuah destinasi wisata arung jeram di Sungai Ciberang, Kp. Muhara, Desa Ciladaeun, Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. Sungai Ciberang bisa dibilang merupakan salah satu destinasi favorit bagi pecinta olahraga menantang. Ada belasan riam yang terletak di sungai Ciberang dan masing-masing riam memiliki karakteristiknya masing-masing.

15. Rawa Dano

Rawa Dano atau Rawa Danau terletak di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk Kecamatan Gunung Sari kabupaten Serang, Banten. Wisata Banten ini menawarkan panorama wisata alam yang didominasi dengan rawa-rawa dengan sebuah danau. Wisata alam Rawa Danau awalnya merupakan kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi sebuah danau dan akhirnya menjadi rawa-rawa di atas danau.

16. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi adalah suatu danau buatan di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang, Provinsi Banten. Danau Tasikardi tergolong sangat unik karena backgroundnya yang menampakkan hamparan sawah yang begitu asri. Danau Tasikardi dibuat pada masa pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf (bertahta 1570-1580 M), sultan Banten kedua dan merupakan tempat peristirahatan sultan dan keluarganya.

17. Padang Cidaon

Di pulau Peucang terdapat Padang Penggembalaan Cidaon tempat para hewan berkumpul untuk mencari makan. Satwa yang biasa terlihat di padang ini adalah banteng, merak, rusa, sapi, kerbau, dan babi hutan. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat badak bercula satu.

4 dari 6 halaman

Wisata di Banten Bertema Pantai

19. Pantai Anyer

Pantai Anyer yang terletak di Kota Serang, Provinsi Banten. Wisata Banten ini paling sering dikunjungi oleh penduduk Jakarta untuk liburan singkat karena jaraknya yang cukup dekat.

20. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah pantai yang berada di Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Desa Sawarna kaya akan pemandangan alam yang indah yang meliputi pegunungan, gua, sungai, dan pantai dengan pasir putihnya. Kawasan Pantai Sawarna dimulai dari Pantai Pulo Manuk Sampai Pantai Karang Taraje.

21. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo juga terletak di Provinsi Banten, masih satu jalur dengan Pantai Anyer. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan untuk berburu keindahan sunset maupun sunrise.

22. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur merupakan wisata Banten yang berada di kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, provinsi Banten. Daya tarik Pantai Bagedur ini adalah pantai yang landai dengan hamparan pasir putih tanpa panjang dengan panjang sekitar 15 Km membentang luas.

23. Pantai Carita

Destinasi populer lainnya adalah Pantai Carita yang lokasinya di Banten Barat, Labuhan, Pandeglang, Banten. Di wisata Banten ini, kamu akan disambut oleh pepohonan kelapa yang melambai-lambai tertiup angin di sepanjang pantai sambil menikmati indahnya pemandangan Gunung Krakatau.

24. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan bagian dari salah satu pantai di kawasan Anyer, Serang, Banten. Wisata Banten satu ini memiliki ciri khas batuan karang yang membentang dengan mengagumkan.

25. Pantai Tanjung Layar

Pantai ini berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, sebuah lokasi paling ujung barat. Ada dua batu karang yang berdiri tegak di sini sekaligus menjadi ikon yang dipercaya merupakan kapal Sangkuriang.

26. Taman Tebing Koja

Taman Tebing Koja merupakan wisata Banten unik yang menawarkan pesona tebing-tebing yang menjulang tinggi. Tebing Koja awalnya adalah sebuah galian pasir. Setelah ditinggalkan oleh para penambang karena sudah tidak lagi produktif, akhirnya tambang pasir ini dijadikan objek wisata oleh warga sekitar. Taman ini berada di Cireundeu, Cikuya, Kec. Solear, Tangerang, Banten.

27. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka berada di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Telaga Biru Cigaru terbentuk dari aktivitas manusia, yaitu penggalian pasir dari tahun 2006 sampai 2012. Telaga Biru Cigaru sebenarnya memiliki tiga telaga dengan warna yang berbeda, yaitu kuning, hijau, dan biru toska.

5 dari 6 halaman

Wisata di Banten Bertema Budaya

28. Kampung Baduy

Kampung Baduy termasuk wisata andalan Banten. Di sini tinggal masyarakat adat Baduy yang masih menjaga kuat warisan leluhurnya. Wisata kampung suku Baduy merupakan wisata alam sekaligus wisata budaya.

29. Desa Wisata Sawarna

Desa Wisata Sawarna adalah sebuah Desa wisata di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Wisata Banten ini merupakan kawasan pesisir pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Destinasi wisata di Desa Sawarna yang paling ramai dikunjungi pengunjung adalah Pantai Pasir Putih.

30. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. . Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tidak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tetapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

31. Kelenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio terletak di jalan Bhakti No, 14, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Klenteng Boen Tek Bio diperkirakan berdiri sekitar tahun 1684 oleh para penduduk Kampung Petak Sembilan secara bersama-sama. Pendirian Klenteng Boen Tek Bio tidak lepas dari keberadaan orang Tionghoa di Tangerang, dan sejarah Kota Tangerang.

32. Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage adalah museum peranakan Tionghoa pertama dan satu-satunya di Indonesia. Museum ini merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berarsitektur tradisional Tionghoa. Bangunan museum ini merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Tangerang yang menjadi cikal bakal pusat Kota Tangerang yang dulunya disebut Kota Benteng.

33. Keraton Surosowan

Keraton Surosowan merupakan keraton yang dibangun sekitar tahun 1522-1526 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin. Saat ini bangunan di dalam dinding keraton tak ada lagi yang utuh. Hanya menyisakan runtuhan dinding dan pondasi kamar-kamar berdesain persegi empat yang jumlahnya puluhan. Keraton Surosowan menjadi destinasi wisata Banten bertemakan sejarah yang wajib dikunjungi.

34. Benteng Speelwijk - Banten Lama

Benteng Speelwijk terletak di kampung Pamarican sekitar 600 meter ke arah Barat Laut Keraton Surosowan. Benteng ini menjadi simbol kekuasaan kolonial Belanda yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Abu Nasr Abdul Kahar, yang juga dikenal sebagai Sultan Haji.

35. Mercusuar Cikoneng

Mercusuar Cikoneng termasuk wisata Banten yang sangat populer. Wisata Banten ini berada di kawasan pantai Anyer dengan tinggi 75,5 meter ini terdiri dari 18 tingkat yang dihubungkan dengan 286 anak tangga. Pada bagian puncaknya terdapat lampu yang berfungsi untuk penunjuk kapal-kapal yang melintasi perairan Selatan Sunda, Banten bagian utara.

6 dari 6 halaman

Wisata di Banten Bertema Pulau

36. Pulau Peucang

Wisata Banten selanjutnya adalah Pulau Peucang. Pulau ini menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai di Pulau Peucang memiliki karakteristik yang khas yaitu pasir putih dan hamparan yang luas. Objek wisata alam yang dapat dinikmati di pulau ini antara lain Tracking ke Karang Copong, Berenang, Snorkeling dan Menyelam.

37. Pulau Handeuleum

Pulau Handeuleum adalah salah satu dari gugusan pulau-pulau kecil yang berada di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Di pulau ini terdapat satwa rusa (Rusa timorensis), dan ular phyton. Pulau ini dikelilingi oleh hutan mangrove.

38. Pulau Umang

Pulau Umang merupakan pulau resort yang berada di wilayah Anyer. Wisata Banten ini dapat dicapai melalui lima menit naik speedboat dari pantai Sumur, Pandeglang, yang berjarak sekitar empat jam perjalanan dengan mobil dari kota Jakarta. Lokasinya juga sangat strategis bagi para penjelajah alam karena dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

39. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan terletak paling barat di Ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau dengan luas ± 17.000 Ha ini terbentuk alami dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah. Hutan ini merupakan habitat berbagai jenis satwa liar seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton, dan aneka jenis burung.

Kawasan pantai Pulau Panaitan yang memiliki terumbu karang indah cocok untuk kegiatan menyelam dan snorkeling. Ombak di pantai ini juga terkenal cocok digunakan untuk berselancar.

40. Pulau Dua

Pulau Dua merupakan cagar alam yang berada di desa Sawah Luhur kecamatan Kasemen Serang provinsi Banten. Salah satu daya tarik tempat ini adalah saat burung-burung dari beragam tempat berkumpul ketika bermigrasi. Burung-burung tersebut umumnya berasal dari belahan bumi utara dan selatan. Tercatat sekitar 10.000 ekor burung dari 108 jenis yang berbeda akan berkumpul di tempat ini.

41. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda. Pulau ini kini menjadi taman wisata alam dengan beragam potensi mulai dari keindahan alam, bahari, dan budaya. Keindahan alam dan pantai serta karang yang dihiasi ikan berwarna-warni merupakan objek wisata utama di kawasan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.