Sukses

3 Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet, Lengkap dengan Cara Mengolahnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jeruk nipis untuk diet bisa menyehatkan tubuuh. Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sering ditemui di berbagai daerah. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan air. Selain sebagai pelengkap masakan, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah manfaat jeruk nipis untuk diet.

Selain untuk diet, manfaat jeruk nipis dapat membantu proses detoksifikasi, juga membersihkan liver dan memurnikan darah. Bahkan, jeruk nipis juga dapat memberi sifat alkali atau basa dalam tubuh.

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk diet memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Kandungan asam sitrat yang ada pada Jeruk nipis sangat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh, serta membakar kalori lebih banyak juga membantu mengurangi lemak di tubuh.

Sebuah studi yang dipublikasikan Nutrition and Metabolism tahun 2006 menunjukkan bahwa vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki peranan penting karena selain dapat mendongkrak imun tubuh, nutrisi ini juga dapat membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga. Selain manfaat jeruk nipis untuk diet, dengan mengonsumsi jeruk nipis, kamu juga harus mengimbangi dengan menjaga pola makan, rajin berolahraga serta tidak membiarkan diri stres

Berikut ini manfaat jeruk nipis untuk diet yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat jeruk nipis untuk diet yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Apabila kamu memiliki masalah pencernaan, atasi dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid, sangat bermanfaat bagi tubuh. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi enzim yang dibutuhkan tubuh untuk mengurai makanan.

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, tubuh tidak akan menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Timbunan zat-zat dari sisa makan bisa membuat pinggang dan perut melebar sehingga akan membuat seseorang terlihat lebih gemuk.

3 dari 5 halaman

Menunda Rasa Lapar

Dengan mengonsumsi jeruk nipis dapat membantu dalam melakukan program diet. Hal ini dikarenakan manfaat jeruk nipis untuk diet menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua serat tersebut dapat membantu agar merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Seperti diketahui sebelumnya bahwa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat juga vitamin, dapat membantu merasa kenyang lebih lama.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit madu ke dalam perasan jeruk nipis, karena madu juga memiliki kadar karbohidrat, sehingga dengan mengonsumsi madu setiap hari dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat tinggi, serta memungkinkan kamu untuk mengurangi makanan yang berkalori tinggi.

Minum madu dengan air hangat sebelum makan juga sangat membantu dalam menurunkan rasa lapar di perut. Jadi kamu bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis dan madu untuk diet sekaligus saat mengonsumsinya.

4 dari 5 halaman

Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Manfaat jeruk nipis untuk diet, mampu membantu dalam memaksimalkan pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh. Jeruk nipis juga kaya akan kandungan antioksidan, asam sitrat dan vitamin C. Menurut sebuah penelitian tahun 2005 pada Journal of the American College of Nutrition, zat-zat yang ada pada jeruk nipis bisa membakar lemak hingga 30% lebih banyak ketika kamu beraktivitas dan berolahraga.

Kandungan dalam jeruk nipis mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh, sehingga saat tubuh melakukan aktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh akan diubah lebih cepat menjadi sumber energi. 

 

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Jeruk Nipis Untuk Diet

Kamu bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk diet dengan berbagai cara. Adapun bahan serta cara membuat air jeruk nipis, yang dapat dikonsumsi untuk membantu proses diet.

Bahan:

Siapkan 2 sdt air jeruk nipis, kira-kira dari setengah buah jeruk nipis.

1 gelas air hangat

1 sdt madu

Cara membuat:

Campurkan semua bahan menjadi minuman jeruk nipis hangat. Minum saat bangun pagi, ketika bangun tidur.Disamping dapat membantu menurunkan berat badan, jeruk nipis juga berkhasiat dalam menjaga kekebalan tubuh serta melancarkan pencernaan. 

Air jeruk nipis juga  sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari, karena tidak mengandung efek samping. Selain minum air jeruk nipis hangat setiap pagi, usahakan agar tetap aktif setiap hari dengan melakukan olahraga setiap 20 menit sehari, dan juga atur pola makan yang sehat. 

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau sedang menderita penyakit maag,  harus melakukan konsultasi ke dokter jika ingin melakukan diet ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.