Sukses

25 Wisata Keluarga di Bandung, Rekreasi Sekaligus Edukasi

Liputan6.com, Jakarta Wisata keluarga di Bandung memiliki banyak pilihan lokasi yang sangat menarik. anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menikmati berbagai macam aktivitas yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga, mulai dari hanya sekadar berfoto, bermain di wahana hiburan, menikmati keindahan alam, bahkan camping.

Wisata keluarga di Bandung tidak hanya sekadar memberikan pilihan dari segi lokasi saja, tapi saking banyaknya pilihan, Anda bisa memilih tempat yang sesuai dengan anggaran. Jadi, tidak perlu khawatir jika mengajak seluruh anggota keluarga akan membuat kantong jebol, pilih saja lokasi yang sesuai anggaran.

Bagi warga Jakarta, Bandung jelas menjadi salah satu pilihan lokasi berwisata yang menarik, selain karena daya tariknya, juga karena jarak yang perlu ditemupuh tidak terlalu jauh.

Meluangkan waktu untuk keluarga jelas menjadi hal yang sangat penting, setelah hampir setiap hari di sepanjang tahun jarang sekali ada momen kumpul keluarga yang diakibatkan oleh kesibukan kerja. Membawa serta keluarga ke tempat wisata keluarga di Bandung akan memberikan kesempatan bagi Anda pria yang sudah berkeluarga untuk menjadi pria sejati, seperti yang dikatakan Don Vito Corleone dalam film The Godfather, "Seorang pria yang tidak menghabiskan waktu bersama keluarganya tidak akan pernah bisa menjadi pria sejati."

Bagi Anda yang berencana membawa serta seluruh keluarga untuk berlibur, berikut adalah rekomendasi 25 tempat wisata keluarga di Bandung, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata Keluarga di Bandung Bernuansa Alam dan Perkebunan

1. Wisata Alam Ranca Upas

Wisata keluarga di Bandung yang pertama adalah Ranca Upas. Berlokasi di daerah Ciwidey, Ranca Upas menawarkan wisata alam yang menyejukkan dan tentunya akan membuat anak bahagia. Populer dengan rusa-rusa nya, di Ranca Upas kamu dan keluarga juga bisa menginap dengan perlengkapan berkemah yang disewakan berbagai toko di sekitar.

Anak-anak tentunya akan sangat tertarik untuk mencoba memberi makan rusa secara langsung. Selain itu, wisata alam Ranca Upas ini juga menawarkan berbagai fasilitas seru bagi anak-anak seperti rumah pohon, kolam renang untuk bermain air, dan lain-lain. Suasana yang sejuk berkat alam yang masih asri akan membuat kamu dan anak semakin betah bermain disini.

2. De’Ranch Lembang

Masih berlokasi di daerah Lembang, wisata keluarga di Bandung satu ini sudah cukup terkenal kemana-mana. Wahana paling populer dari De’Ranch ini adalah menunggangi kuda layaknya koboi. Bahkan tempat wisata ini juga di desain sedemikian rupa sehingga mirip peternakan kuda di ala koboi di Meksiko. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi salah satu wisata anak di Bandung ini.

Dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang menenangkan, membuat anak-anak dapat bersantai dan bermain dengan puas. Tidak hanya anak saja, keluarga akan merasakan suasana tenang dan nyaman liburan di sini.

3. Jendela Alam

Jendela alam merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Bandung yang menawarkan aktivitas berkebun dan beternak. Di sini, anak juga bisa langsung berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut dengan memberi makan, mengelus, serta bermain bersama binatang tersebut. Selain itu, anak juga bisa memanen hasil pertanian dan melakukan kegiatan bercocok tanam lainnya.

Dengan hewan-hewan yang telah jinak, kamu dan anak-anak bisa tenang berinteraksi dan memberi makan. Anak-anak juga bisa mendapatkan edukasi tentang cara bercocok tanam. Anak akan semakin senang karena di sini juga ada waterboom tempat bermain air. Jendela Alam ini berlokasi di daerah Lembang.

4. The Farmhouse

The Farmhouse merupakan salah satu wisata keluarga di Bandung yang tak kalah terkenal. Tempat wisata yang juga berlokasi di daerah Lembang ini menawarkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa dengan rumah kurcaci khas Selandia Baru. Rumah-rumah yang ada di sini berukuran mini, seperti yang sering dilihat di film The Hobbit.

Apalagi dengan suasana alami khas pegunungan yang sangat segar dan menenangkan, tentunya akan membuat libur kamu dan kelaurga menjadi semakin menyenangkan. Area yang luas bisa menjadi tempat berlarian dan bermain bagi anak-anak. Selain itu, pemandangan yang indah baik dari alam maupun dari bangunan rumah-rumah mini ala The Hobbit juga sangat bagus untuk diabadikan dengan kamera.

5. Kebun Strawberry Ciwidey

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi wisata keluarga di Bandung yang terletak di Ciwidey ini, yaitu Kebun Strawberry Ciwidey. Kebun strawbery ini merupakan salah satu wisata favorit untuk anak dan keluarga di Bandung. Di kebun yang luas dan indah ini anak-anak bisa memetik langsung buah stroberi dan memakannya.

Dengan begitu kamu bisa sekaligus mengajari anak-anak bagaimana caranya memetik stroberi dan memperkenalkan buah tersebut. Tidak ada harga khusus untuk masuk ke kebun stroberi ini. Kamu hanya akan dikenakan biaya dari stroberi yang kamu petik saja.

3 dari 6 halaman

Nikmati aktivitas Luar Ruang yang Menyenangkan

6. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Wisata keluarga di Bandung satu ini sesuai dengan namanya merupakan sebuah taman yang menyajikan wisata alam dengan edukasi tentang berbagai peraturan lalu lintas untuk anak.

Dekorasi-dekorasi unik seperti rambu-rambu lalu lintas akan kamu temukan dimana-mana sehingga anak-anak bisa semakin mengerti tentang peraturan lalu lintas baik di Indonesia maupun di dunia.

Taman ini memiliki 3 konsep tema lalu lintas, yang pertama adalah perkotaan, pegunungan kemudian tema lalu lintas air. Tempat wisata satu ini juga menawarkan permainan anak seperti sepeda, kereta api mini, hingga wahana bermain yang menggunakan koin.

7. Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang

Wisata keluarga di Bandung selanjutnya adalah Dusun Bambu Family Leisure Park. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata anak dan keluarga karena tempatnya unik dan menarik. Terletak di daerah Lembang, tempat wisata satu ini selalu ramai pengunjung saat liburan.

Memiliki fasilitas yang sudah sangat lengkap, seperti restoran, villa, wahana permainan anak dan wahana outdoor lainnya, membuat keluarga tidak akan bosan berkunjung ke sini. Suasana alamnya yang sejuk ala pegunungan membuat pikiran menjadi tenang dan hati menjadi nyaman.

8. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata adalah tempat keluarga anak di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 20 ribu saja per orang. Taman ini menjadi tempat wisata anak di Bandung yang menawarkan panorama telaga yang hijau dan asri dengan latar perbukitan yang cocok untuk spot foto.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Bandung Lembang untuk anak ini? Lokasi tempat wisata anak di Bandung ini berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu No.KM.3,7, Cibogo, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

9. Grafika Cikole

Grafika Cikole adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang tiket masuknya Rp 10 ribu saja per orang. Grafika Cikole menawarkan area hutan pinus yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

Selain pemandangan alam, tempat wisata anak di Bandung ini juga menawarkan wahana outbound yang bisa dicoba. Lokasi tempat wisata di Bandung Lembang untuk anak ini berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

10. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 50 ribu per orang. Pengunjung Lembang Park and Zoo akan menemukan puluhan jenis binatang dan menikmati arsitektur bangunan yang dirancang dengan desain modern.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Bandung Lembang untuk anak ini? Lokasi tempat wisata anak di Bandung ini berada di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Keluarga di Bandung yang Murah Meriah

11. Floating Market Lembang

Floating Market adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 30 – 50 ribu saja per orangnya. Floating Market Lembang menawarkan konsep pasar apung yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari makanan khas Lembang hingga makanan kekinian.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata anak di Bandung ini. Lokasi tempat wisata di Bandung ini berada di Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

12. Taman Begonia

Taman Begonia adala tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 20 ribu per orang. Di Taman Begonia terdapat lebih dari 50 jenis bunga yang bisa dinikmati keindahannya oleh para pengunjung.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata anak di Bandung ini? Lokasi tempat wisata anak di Bandung ini berada di Jl. Maribaya, No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

13. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 20 ribu per orang. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang mengangkat konsep bangunan kayu dan bebatuan serta alam yang hijau.

Cocok banget dikunjungi barang anak karena banyak wahana yang bisa dicoba seperti rumah kepompong, insectarium dan outlet kupu-kupu. Lokasi tempat wisata anak di Bandung ini berada di Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

14. Lembang Wonderland

Lembang Wonderland adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 25 – 35 ribu per orangnya. Lembang Wonderland menawarkan wahana fantasi penuh warna dengan konsep ala Alice in Wonderland.

Lembang Wonderland cocok dikunjungi anak yang menyukai taman bermain, kaum muda yang memburu potret instagramable, dan keluarga yang ingin bersantai. Ada tiga area utama di wisata Lembang Bandung terbaru dan paling hits ini, berupa Magic Forest, Sweet Feel, dan Ice Cream Park.

15. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 50 ribu per orang. Di tempat wisata di Bandung Lembang untuk anak ini memiliki beragam wahana menarik seperti Hot Air Balon, Sku Bike, Sku Wing, hingga Paralayang.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata anak di Bandung ini? Lokasi tempat wisata keluarga di Bandung ini berada di Jl. Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5 dari 6 halaman

Menggambar Bebas di Tengah Hutan

16. Kampung Jepang Kyoto

Kampung Jepang Kyoto adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 20 – 175 ribu per orangnya. Tak perlu jauh-jauh datang ke Jepang jika ingin berfoto dengan yukata di antara hutan bambu Sagano. Di Kampung Jepang Kyoto, pengunjung bisa menyewa yukata dan foto dengan latar cantik serupa kota para geisha itu.

17. Kota Mini Lembang

Kota mini Lembang adalah tempat wisata keluarga di Bandung yang harga tiket masuknya Rp 25 ribu per orang. Di Kota Mini Lembang, pengunjung bisa mengikuti kelas memasak hingga bermain barbie.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata keluarga di Bandung ini? Lokasi Kota Mini Lembang berada di Jl. Grand Hotel 33E, Lembang dekat dengan Floating Market dan Rainbow Garden.

18. Amazing Art World

Salah satu tempat wisata keluarga di Bandung adalah Amazing Art World. Daya tarik dari Amazing Art World antara lain adalah, pengunjung dapat menikmati keindahan lukisan-lukisan 3D. Tempat wisata anak di Bandung ini juga menjadi tempat yang menarik bagi Anda yang mencari lokasi wisata yang instagramable.

19. Kampung Gajah Wonderland

Daya tarik utama tempat wisata keluarga di Bandung yang satu ini adalah waterboom yang seru buat anak-anak dan keluarga. Kampung Gajah juga dilengkapi berbagai wahana permainan yang bakal bikin anak-anak betah seharian.

20. Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi adalah ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat wisata keluarga di Bandung ini sudah menjadi area sabuk hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini nggak kalah cantiknya dengan Central Park, New York, lho. Di sini pengunjung juga bisa menlakukan aktivitas menggambar di luar ruang, yang pastinya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

6 dari 6 halaman

Menikmati Sensasi Menonton Film Layar Tancap

21. Taman Film

Berlokasi di Jalan Layang Pasupati, Taman Film menawarkan area terbuka untuk menonton film bersama warga kota lainnya. Yang ditawarkan dari tempat wisata keluarga di Bandung yang satu ini adalah sensasi menonton film layar tancap di zaman dulu, tetapi dengan nuansa yang lebih modern.

22. Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha kerap membuka kunjungan untuk individu, kelompok, instansi, sekolah, atau organisasi. Jadwal kunjungan bisa dilihat langsung di laman bosscha.itb.ac.id/kunjungan. Ini tentu menjadi salah satu opsi menarik sebagai tempat wisata keluarga di Bandung.

Dalam kunjungan ini pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pada malam hari, pengunjung juga bisa meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg.

23. Tebing Keraton

Siapa yang tidak tahu lokasi ini? Berlokasi di taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, persisnya di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, destinasi wisata ini sangat sering didatangi oleh para pelancong. Ini jelas menjadi pilihan menarik sebagai tempat wisata keluarga di Bandung.

Biasanya para pengunjung datang pada pagi hari dan sore hari. Memang tidak ada wahana permainan tetapi pemandangan pepohonan dengan suasana yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama.

Nah, selain suasana dan pemandangan, Anda bisa berfoto ria bersama keluarga, sesekali selfie sekadar 'mejeng' di media sosial bersama keluarga. Bagi Anda yang ingin menginap di daerah Tebing Keraton, di sana terdapat beberapa penginapan yang bisa disinggahi.

24. Maribaya

Melihat pemandangan dari ketinggian akan terasa nikmat jika yang dilihat adalah hamparan pohon-pohon pinus serta deretan lembah dan bukit-bukit yang tinggi. Nah, lokasi itu bisa dinikmati di daerah Maribaya, Bandung.

Saat ini yang menjadi tren di media sosial adalah sky swing atau ayunan langit yang berada di The Lodge Maribaya. Kalau pun takut menaiki ayunan tersebut, Anda bisa mencoba naik ke rumah pohon dengan latar belakang hutan pinus yang lebat. Cobalah foto bersama di atas rumah pohon tersebut. Tentu akan membuat Anda happy dan keluarga makin ceria.

Anda juga bisa beristirahat sembari berendam kaki atau mandi di kolam air panas di Maribaya. Salah satu tempat pemandian air panas yang kerap dikunjungi adalah Maribaya Natural Hot Spring Resort.

25. Situ Patenggang

Destinasi wisata keluarga di Bandung lainnya adalah Situ Patenggang. Tak hanya suasana hutan yang terdapat di sana, namun ada sebuah danau cantik yang membuat Anda dan keluarga bisa betah berlama-lama. Anda dapat mencapai tujuan wisata ini kurang lebih satu jam dari kota Bandung.

Tak hanya sekadar menikmati pemandangan semata, Anda bisa adakan kegiatan menarik lainnya mulai dari bersepeda air, mengelilingi perahu dengan perahu angsa, berjalan berkeliling kebun teh, dan berpiknik bersama keluarga.

Demikian sejumlah rekomendasi tempat wisata keluarga di Bandung yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan libur panjang. Yang jelas, tempat wisata anak di Bandung tersebut tidak hanya sekadar sarana rekreasi semata, melainkan juga dapat menambah pengetahuan bagi anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.