Sukses

Apa Arti Asmaul Husna? Ini Keutamaan Membaca dan 99 Daftarnya

Asmaul husna adalah nama-nama paling baik.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti asmaul husna itu? Apa arti asmaul husna adalah nama-nama baik yang terdiri dari 99 daftar nama Allah SWT. Tak hanya baik, pada tafsir yang lain apa arti asmaul husna adalah nama-nama paling baik. 

Dalam buku berjudul Menyingkap Tabir Ilahi Asma al-Husna dalam Perspektif Al-Quran oleh Quraish Shihab, dijelaskan apa arti asmaul husna adalah nama berbentuk superlatif atau bentuk kata yang menyatakan paling.

Para ulama sepakat jumlah bacaan asmaul husna sesuai apa arti asmaul husna adalah yang termasyhur ada 99, meski jumlah sebenarnya ada pula ulama yang berpendapat 100, 200, 1000, bahkan tak terhitung.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam apa arti asmaul husna, keutamaan membaca asmaul husna, pengelompokkan asmaul husna, dan 99 daftar asmaul husna beserta artinya, Rabu (3/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Arti Asmaul Husna?

Memahami apa arti asmaul husna adalah nama-nama Allah SWT yang baik lagi indah. Apa arti asmaul husna adalah nama-nama baik yang terdiri dari 99 nama. Apa arti asmaul husna adalah berasal dari kata asma dan kata husna.

Dalam modul berjudul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK yang dipublikasikan Kementerian Agama RI, menjelaskan apa arti asmaul husna adalah berasal dari bahasa Arab kata “asma” dan “husna.”

Kata al-asma dari apa arti asmaul husna adalah bentuk jamak, sementara al-isma adalah bentuk tunggalnya. Lalu al-husna dari apa arti asmaul husna adalah yang paling baik. Memahami bahwa apa arti asmaul husna adalah tidak hanya mengacu pada nama-nama, melainkan mencakup sebutan, gelar, hingga sifat-sifat Allah SWT.

Allah SWT menegaskan tentang apa arti asmaul husna di dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 8 berikut ini: “Tidak ada Tuhan Allah. Dialah Allah yang memiliki asmaul husna atau nama-nama yang terbaik.”

Apa arti asmaul husna adalah sebenarnya tidak sekadar baik lagi indah, tetapi lebih daripada itu. Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Menyingkap Tabir Ilahi Asma al-Husna dalam Perspektif Al-Quran oleh Quraish Shihab.

Dijelaskan, apa arti asmaul husna adalah nama berbentuk superlatif atau bentuk kata yang menyatakan paling. Ini menunjukkan nama dari apa arti asmaul husna adalah bukan saja baik, tetapi mengusung makna terbaik di antara yang baik lainnya.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Asmaul Husna dan Pengelompokannya

Keutamaan Membaca Asmaul Husna:

Apabila sudah memahami apa arti asmaul husna, kemudian ketahui keutamaan membaca asmaul husna serta meneladaninya. Ada tiga keutamaan membaca asmaul husna yang perlu diketahui.

Dalam buku berjudul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti oleh Aris Abi Syaifullah, dkk, ini tiga keutamaan membaca asmaul husna yang dimaksudkan.

1. Doa Pasti Dikabulkan Allah SWT

Keutamaan membaca asmaul husna adalah doa yang dipanjatkan pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Berdoa dengan menyebut dan mengagungkan nama-nama terbaik-Nya akan membawa keutamaan asmaul husna dalam doa yang tengah dipanjatkan.

Adanya keutamaan membaca asmaul husna ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an surat al-A'raf ayat 180 berikut ini:

"Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Kemudian Syekh Shalih Al-Ja'fari mengatakan:

“Orang yang berdoa dengan Asma’ul Husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahmân ar-Rahîm, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathîf maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 16)

2. Sangat Baik Dipelajari

Keutamaan membaca asmaul husna adalah sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW untuk dipelajari. Dijelaskan, salah seorang sahabat pernah bertanya pada Rasulullah SAW, ia berkata,

"Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?" Rasulullah bersabda, "Benar, dianjutkan bagi setiap orang yang mendengarnya (Asmaul Husna) mempelajarinya." (HR. Ahmad)

Kemudian dalam Kitab Khawwash Asmaul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat dijelaskan:

“Menyebut Asma’ul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asma’ul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asma’ul Husna. (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadha il-Hajat, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 17)

3. Pasti Dijanjikan Surga

Keutamaan membaca asmaul husna adalah pasti dijanjikan surga terbaik-Nya. Dijelaskan, ini diperuntukkan bagi siapapun yang menghafal 99 asmaul husna dan mengamalkan arti dari asmaul husna.

Adanya keutamaan membaca asmaul husna ini ditegaskan Nabi Muhammad SAW dalam hadis berikut ini:

"Sesungguhnya Allah SWT memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga." (HR. Bukhari dan Muslim)

Pengelompokkan Asmaul Husna:

Total 99 asmaul husna memiliki pemaknaan berbeda-beda dan bisa dikelompokkan agar mudah dipahami. Ini pengelompokkan asmaul husna berdasarkan maknanya, sesuai modul berjudul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK yang dipublikasikan Kementerian Agama RI:

1. Apa Arti Asmaul Husna adalah Menunjukkan Sifat Zat (Rabb) Allah SWT

- Al-Hayyu (Maha Hidup). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat kehidupan pada Allah SWT.

- Al-‘Alim (Maha Mengetahui). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat pengetahuan pada Allah SWT.

- As-Sami (Maha Mendengar). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat pendengaran pada Allah SWT.

- Al-Bashir (Maha Melihat). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat penglihatan pada Allah SWT.

- Al-Qawiy (Maha Kuat). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat kekuatan pada Allah SWT

- Al-Aliyyu (Maha Tinggi). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat ketinggian pada Allah SWT.

- Al-Aziz (Maha Mulia). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat kemuliaan pada Allah SWT.

- Al-Qadir (Maha Kuasa). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat kekuasaan pada Allah SWT.

2. Apa Arti Asmaul Husna adalah Menunjukkan Perbuatan (‘illayah) Allah SWT

- Al Khaliq (Maha Pencipta). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat penciptaan pada Allah SWT.

- Ar-Razzaq (Maha Pemberi Rezeki). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat pemberian rezeki dari Allah SWT.

- At-Tawwab (Maha Menerima Taubat). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat penerimaan Taubat dari Allah SWT.

- Al-Ghafur (Maha Pengampun). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat pengampunan yang diberikan Allah SWT.

- Ar-Rahim (Maha Penyayang). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat penyayang pada Allah SWT.

- Al-Afuww (Maha Pemaaf ). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan sifat pemaaf Allah SWT.

3. Apa Arti Asmaul Husna adalah Menunjukkan Kesucian Allah SWT

- Al-Quddus (Maha Suci). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan kesucian Allah SWT, bersih dan bebas dari sifat yang tidak pantas.

- As-Salam (Maha Selamat). Apa arti asmaul husna adalah menunjukkan makna selamat atau bersih dari kekuarangan dan aib

4. Apa Arti Asmaul Husna adalah Menunjukkan Tidak Menunjukkan Makna Tunggal

- Al-Majid (Maha Mulia). Apa arti asmaul husna adalah mengandung makna yang mencapai tingkat teratas dalam hal kesempurnaan, selain itu asma tersebut menunjukkan keagungan kerajaan dan kekuasaan Allah SWT.

- Al-Majid juga menjadikan hanya Allah SWT. Apa arti asmaul husna adalah yang memiliki kesempurnaan, keagungan dan keindahan yang bersifat mutlak.

- Al-Hamid (Maha Terpuji). Apa arti asmaul husna adalah mengandung makna sifat yang di dalamnya terkumpul semua pujian serta sanjungan, yaitu semua sifat kesempurnaan.

- Ash-Shamad (Yang bergantung pada-Nya seluruh makhluk). Apa arti asmaul husna adalah mengandung makna sifat yang luas dan agung mencakup kesempurnaan ilmu, kebijaksanaan, kelembutan, kekuasaan, kemuliaan, keagungan, dan seluruh sifat-Nya yang lain.

- Al-Azhim (Maha Agung). Apa arti asmaul husna adalah mengandung arti Dzat yang memiliki kesempurnaan dalam hal keagungan, baik dalam asma, sifat maupun perbuatan-Nya. Dialah yang pantas memiliki sifat sempurna, agung, dan indah.

4 dari 4 halaman

Daftar Bacaan Asmaul Husna Beserta Artinya

1. Ar Rahman adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pengasih.

2. Ar Rahiim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Penyayang.

3. Al Malik adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Merajai (bisa diartikan Raja dari semua Raja).

4. Al Quddus adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Suci.

5. As Salaam adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memberi Kesejahteraan.

6. Al Mu'min adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memberi Keamanan.

7. Al Muhaimin adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengatur.

8. Al 'Aziiz adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Perkasa.

9. Al Jabbar adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Memiliki (Mutlak) Kegagahan.

10. Al Mutakabbir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Megah, yang memiliki kebesaran.

11. Al Khaliq adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pencipta.

12. Al Baari' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Melepaskan (membuat, membentuk, menyeimbangkan).

13. Al Mushawwir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Membentuk Rupa (makhluk-Nya).

14. Al Ghaffaar adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pengampun.

15. Al Qahhaar adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Menundukkan/Menaklukkan Segala Sesuatu.

16. Al Wahhaab adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemberi Karunia.

17. Ar Razzaaq adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemberi Rezeki.

18. Al Fattaah adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pembuka Rahmat.

19. Al 'Aliim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengetahui.

20. Al Qaabidh adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Menyempitkan.

21. Al Baasith adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Melapangkan.

22. Al Khaafidh adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Merendahkan.

23. Ar Raafi' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Meninggikan.

24. Al Mu'izz adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memuliakan.

25. Al Mudzil adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Menghinakan.

26. Al Samii' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mendengar.

27. Al Bashiir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Melihat.

28. Al Hakam adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Menetapkan.

29. Al 'Adl adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Adil.

30. Al Lathiif adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Lembut.

31. Al Khabiir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengenal.

32. Al Haliim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Penyantun.

33. Al 'Azhiim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Agung.

34. Al Ghafuur adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memberi Pengampunan.

35. As Syakuur adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pembalas Budi (menghargai).

36. Al 'Aliy adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Tinggi.

37. Al Kabiir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Besar.

38. Al Hafizh adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memelihara.

39. Al Muqiit adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemberi Kecukupan.

40. Al Hasiib adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Membuat Perhitungan.

41. Al Jaliil adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Luhur.

42. Al Kariim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemurah.

43. Ar Raqiib adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengawasi.

44. Al Mujiib adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengabulkan.

45. Al Waasi' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Luas.

46. Al Hakim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Bijaksana.

47. Al Waduud adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengasihi.

48. Al Majiid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mulia.

49. Al Baa'its adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Membangkitkan.

50. As Syahiid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Menyaksikan.

51. Al Haqq adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Benar.

52. Al Wakiil adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memelihara.

53. Al Qawiyyu adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Kuat.

54. Al Matiin adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Kokoh.

55. Al Waliyy adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Melindungi.

56. Al Hamiid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Terpuji.

57. Al Muhshii adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengalkulasi (menghitung segala sesuatu).

58. Al Mubdi' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memulai.

59. Al Mu'iid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengembalikan Kehidupan.

60. Al Muhyii adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Menghidupkan.

61. Al Mumiitu adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mematikan.

62. Al Hayyu adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Hidup.

63. Al Qayyuum adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mandiri.

64. Al Waajid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Penemu.

65. Al Maajid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mulia.

66. Al Wahid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Tunggal.

67. Al Ahad adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Esa.

68. As Shamad adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Dibutuhkan (tempat meminta).

69. Al Qaadir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan.

70. Al Muqtadir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Berkuasa.

71. Al Muqaddim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mendahulukan.

72. Al Mu'akkhir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengakhirkan.

73. Al Awwal adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Awal.

74. Al Aakhir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Akhir.

75. Az Zhaahir adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Nyata.

76. Al Baathin adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Ghaib.

77. Al Waali adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memerintah.

78. Al Muta'aalii adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Tinggi.

79. Al Barru adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Penderma (maha pemberi kebajikan).

80. At Tawwaab adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Penerima Taubat.

81. Al Muntaqim adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemberi Balasan.

82. Al Afuww adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemaaf.

83. Ar Ra'uuf adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pengasuh.

84. Malikul Mulk adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Penguasa Kerajaan (semesta).

85. Dzul Jalaali WalIkraam adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

86. Al Muqsith adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemberi Keadilan.

87. Al Jamii' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mengumpulkan.

88. Al Ghaniyy adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Kaya.

89. Al Mughnii adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemberi Kekayaan.

90. Al Maani adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Mencegah.

91. Ad Dhaar adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Penimpa Kemudharatan.

92. An Nafii' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Memberi Manfaat.

93. An Nuur adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Bercahaya (menerangi, memberi cahaya).

94. Al Haadii adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pemberi Petunjuk.

95. Al Badii' adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pencipta Tiada Bandingannya.

96. Al Baaqii adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Kekal.

97. Al Waarits adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pewaris.

98. Ar Rasyiid adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Pandai.

99. As Shabuur adalah bacaan asmaul husna beserta artinya Yang Maha Sabar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.