Sukses

Apa Arti Jamet? Begini Asal Usul Bahasa Gaulnya

Arti jamet adalah gambaran penampilan yang keren.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti jamet? Memahami apa arti jamet adalah salah satu bahasa gaul yang disematkan pada penampilan seseorang. Apa arti jamet adalah sudah sangat menjamur di media sosial di masa sekarang. 

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, apa arti jamet adalah pada tahun 2010-an singkatan dari “Jajal Metal” atau “Jawa Metal” menggambarkan sosok yang ingin tampak keren karena menyukai aliran musik metal.

Kemudian apa arti jamet kembali diadopsi di tahun 2020-an yang dipopulerkan kembali, tepatnya pada tahun 2021 semenjak goyang badinding di TikTok menjadi tren. Berasal dari penampilan pemuda yang melakukan goyang badinding inilah bahasa gaul jamet kembali menggema.

Apa arti jamet jelas tergambar dalam video TikTok tersebut yang memperlihatkan seorang pemuda yang berpenampilan metal lengkap dengan rambut gondrongnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam apa arti jamet dan asal usul bahasa gaul ini kembali digunakan, Rabu (3/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Arti Jamet?

Memahami apa arti jamet adalah bagian dari bahasa gaul yang saat ini kerap disematkan pada seseorang dengan penampilan tertentu. Apa arti jamet adalah singkatan dari “Jajal Metal” atau “Jawa Metal”.

Apa arti jamet adalah demikian sudah digunakan sejak tahun 2010-an yang kemudian kembali populer di media sosial pada tahun 2020-an. Apakah arti jamet adalah pada kedua tahun itu masih sama?

Memahami apa arti jamet adalah pada tahun 2010-an singkatan dari “Jajal Metal” atau “Jawa Metal” menggambarkan sosok yang ingin tampak keren karena menyukai aliran musik metal.

Ini karena aliran musik metal di masa lalu terbilang cukup keren dari segi gaya pada zamannya. Meski apa arti jamet adalah terdengar rasis, istilah gaul atau bahasa gaul yang kembali digunakan ini cukup hangat di masa lalu.

Kemudian apa arti jamet kembali diadopsi di tahun 2020-an dan menjamur di lini masa termasuk berbagai media sosial. Apa arti jamet pada masa sekarang, dipopulerkan kembali tepatnya pada tahun 2021 semenjak goyang badinding di TikTok menjadi tren.

Apa arti jamet jelas tergambar dalam video TikTok tersebut yang memperlihatkan seorang pemuda yang berpenampilan metal lengkap dengan rambut gondrong. Pemuda tersebut terlihat menari dengan goyang badinding yang seru.

Penampilan pemuda itulah yang membuat banyak pengguna media sosial kembali mempopulerkan bahasa gaul jamet. Aksi dari pemuda dengan goyang badinding tersebut benar-benar viral dan orang-orang melabeli pemuda tersebut sebagai jamet.

3 dari 4 halaman

Bahasa Gaul di TikTok Selain Jamet

1. Kuproy

Kuproy kerap disandingkan bersama Jamet menjadi Jamet Kuproy. Kuproy adalah kependekan dari 'kuli proyek'. Keduanya memiliki arti “Jajal Metal Kuli Proyek”.

Tentu saja istilah gaul ini muncul untuk disematkan pada sosok metal dari segi jiwa dan penampilannya. Istilah tambahan Kuproy sebenarnya lebih merujuk pada penampilan. Sosok metal selalu berpenampilan seadanya seperti “Kuli Proyek”.

Bedanya, Jamet Kuproy memang disengaja dan dijadikan sebagai style. Sementara Kuli Proyek yang sebenarnya menggunakan baju seadanya karena tuntutan pekerjaan saja.

2. Hyung

Hyung sebenarnya adalah panggilan dari laki-laki untuk laki-laki yang berusia lebih tua di Korea Selatan. Dalam bahasa gaul, hyung digunakan untuk memanggil seseorang. Tak hanya dari laki-laki ke laki-laki, hyung dalam bahasa gaul digunakan untuk panggilan pada siapa saja lawan bicaranya baik laki-laki atau perempuan.

3. Prik

Prik merupakan bentuk plesetan dari freak yang artinya orang aneh. Prik dalam bahasa gaul digunakan untuk menyebut orang yang berperilaku aneh. Arti lain dari prik adalah jijik atau kotor. Bocah prik berarti bocah kotor.

4. Prenjon

Prenjon adalah plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

5. Bengek

Bengek dalam bahasa gaul diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak hingga sulit bernapas (bengek). Bengek dijadikan kiasan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat menggelikan hingga membuat tertawa.

6. Bestie

Bestie berasal dari bahasa Inggris best friend yang artinya teman dekat. Bahasa gaul ini juga sering digunakan dalam slang internasional dengan arti yang sama.

Cambridge Dictionary menjelaskan arti dari bestie adalah orang yang dikenal dengan baik dan disukai. Ikatan pertemanan bisa dimaknai seperti apa arti dari bestie adalah biasanya sudah terjalin dalam waktu yang lama. 

4 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Keakraban di Media Sosial

1. Dawg: Teman atau teman dekat. Kata ini umumnya digunakan untuk teman laki-laki. Contoh penggunaan "What's up dawg?".

2. Dude: Sinonim dari kata dawg.

3. Bud: Singkatan dari kata buddy, merupakan sinonim juga dari kata dawg.

4. Pal: Sahabat atau teman dekat, sinonim untuk kata dawg pula.

5. Amigo: Sebutan untuk teman, kata ini merupakan kata serapan dari bahasa Spanyol.

6. Chum: Singkatan dari kata "chamber fellow" atau teman sekamar.

7. Biffle: Pengucapan dari "BFFL" kepanjangannya adalah "best friends for life".

8. Mate: Kata ini populer pada abad ke 19 di era bajak laut.

9. Guys: Digunakan untuk menyebut teman dalam bahasa inggris, namun guys memiliki arti jamak atau banyak. guys bisa di gunakan untuk menyapa baik laki-laki maupun perempuan.

10. AKA: Arti bahasa Inggris ke Indonesia singkatan ini adalah As Known As (dikenal juga dengan).

11. GWS: Artinya Get Well Soon (Lekas sembuh/membaik).

12. TFL: Arti bahasa Inggris ke Indonesia singkatan ini Thanks For Like (terimakasih sudah memberi tombol like di sosial media).

13. COD: Arti bahasa Inggris ke Indonesia singkatan ini Cash On Delivery (bayar di tempat).

14. PAP: arti bahasa Inggris ke Indonesia dari singkatan ini yakni Post a Picture (Unggah foto kamu).

15. OTW: arti bahasa Inggris ke Indonesia dari singkatan ini yakni On The Way (Sedang di jalan).

16. CMIIW: arti bahasa Inggris ke Indonesia singkatan ini adalah Correct Me If I'm Wrong (Koreksi saya jika salah).

17. DM: Arti bahasa Inggris ke Indonesia singkatan ini yakni Dirrect Message (fitur di Instagram).

18. TGIF: Arti bahasa Inggris ke Indonesia singkatan ini Thanks God It's Friday (semangat menuju akhir pekan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.