Sukses

12 Wisata Indramayu, Rekomendasi Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Tempat wisata Indramayu, rekomendasi liburan dengan pesona alam menawan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Indramayu bisa kamu jadikan sebagai destinasi pilihan untuk berlibur. Tempat wisata Indramayu yang berada di jalur Pantura, membuat Indramayu memiliki banyak rest area untuk disinggahi. Bila kamu ingin beristirahat sejenak, setelah melakukan perjalanan jauh, maka bisa mengunjungi wisata menarik yang ada di Indramayu.  

Wisata Indramayu juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dieksplor bersama keluarga. Pengunjung yang datang, bisa menikmati wisata pantai, hutan, waduk, serta wisata alam lainnya, yang tentunya menyegarkan untuk melepas penat. 

Wisata Indramayu yang beragam ini, tentunya menawarkan keindahan yang berbeda-beda juga. Tempat wisata Indramayu juga terbilang sangat mudah untuk diakses, selain bisa disinggahi untuk beristirahat sejenak, tentunya pengunjung juga bisa merencanakan liburan panjang di Indramayu. 

Berikut ini wisata Indramayu yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Indramayu

1. Pulau Biawak

Tempat wisata Indramayu yang cukup terkenal adalah Pulau Biawak. Pulau yang merupakan habitat alami satwa liar biawak ini, dulunya tertutup untuk umum karena dijadikan lokasi penelitian milik pemerintah. Namun sekarang dapat diakses dengan bebas untuk menjelajahi pulau yang dijuluki pulau komodo versi Indramayu. 

Sayangnya tempat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Tempat wisata Indramayu ini bisa pengunjung tempuh menggunakan perahu, langsung disambut oleh megahnya mercusuar kuno setinggi 65 meter. Mercusuar ini sudah ada sejak zaman Belanda, saat ke puncak mercusuar tersebut bisa melalui tangga berputar, pengunjung bisa menikmati seluruh bagian pulau.

Tak hanya di daratan saja, pemandangan alam bawah laut sekitar Pulau Biawak pun tidak kalah indah dan cantik. Para wisatawan dapat menikmati indahnya bunga karang dan ikan-ikan beraneka warna tersebut sambil snorkeling.

2. Hutan Mangrove Karangsong

Tempat wisata berikutnya adalah Hutan Mangrove Karangsong. Tempat wisata yang tergolong baru, serta terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong yang berlokasi di Desa Karangsong, Indramayu. Di objek wisata ini, pengunjung bisa berkeliling hutan mangrove. menggunakan ojek perahu yang telah disiapkan. Karakternya yang khas dengan udara segar membuat pengunjung bisa menemui beragam fauna menarik di sini.

3. Pantai Tirtamaya

Saat berada di Pantura, tempat wisata Indramayu juga memiliki banyak spot wisata bahari yang unik dengan lokasinya yang berada di Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu. Destinasi ini mulai beroperasi dari pukul 08.00-17.00 WIB.Dengan pantainya yang indah, membuat pengunjung bisa menjalani berbagai aktivitas. 

Tempat wisata Indramayu ini menawarkan keelokan sunrise dan sunsetnya sekaligus, membuat Pantai Tirtamaya kerap kali digunakan sebagai venue sebuah event. Tempat ini juga bisa dilakukan konser musik atau tradisi pesta laut.

4. Curug Citayam

Meski memiliki topografi landai, Indramayu juga memiliki destinasi air terjun. Lokasi tempatnya yang berada di Cikawung, Indramayu, membuat kawasan ini menjadi lokasi trekking ideal. Pengunjung juga bisa menikmati aktivitas tersebut sebelum menjangkau Curug Citayam.

Pemandangan sepanjang perjalanan juga sangat indah. Nuansa hutan dengan udara serta anginnya yang sangat segar. Suasana semakin lengkap jika sampai di Curug Citayam. Airnya jernih dan sejuk. Sangat pas membasahi badan usai menikmati jalur trekking.

3 dari 4 halaman

Wisata Indramayu

5. Pantai Glayem Indramayu

Wisata Indramayu selanjutnya adalah Pantai Glayem. Warna eksotis yang ditawarkan Pantai ini, memiliki backgroundnya unik dengan pantai plus pemecah ombaknya. Dengan posisinya di Pantura, menjadikan wisata pantai ini spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise.

Akses ke Pantai Glayem Indramayu ini cukup mudah. Tersedia trayek kendaraan umum yang terhubung langsung dengan destinasi tersebut. Tiket masuknya juga ramah, yaitu hanya Rp 3.000. Oleh karena itu, jadikan tempat ini sebagai destinasi liburan keluarga. 

6. Pantai Karangsong

Pantai Karangsong juga merupakan wisata bahari yang ada di Indramayu. Dengan konsep eco wisata, membuat pengunjung bisa menikmati garis pantai lengkap dengan mangrove-nya. Terdapat cukup banyak vegetasi yang ada di sini, seperti bakau hitam, bakau kecil, dan bakau minyak, ada juga api-api, pidada, ketapang, bidara, hingga cemara laut.

Kawasan ini memiliki 37 spesies burung, diantaranya kuntul besar, kowak malam kelabu, dara laut, hingga raja udang kalung biru. Ada banyak juga ikan di sini, seperti belanak, gelodok, hingga kepiting. 

7. Waduk Cipancuh Indramayu

Waduk Cipancuh merupakan tempat wisata Indramayu yang memiliki luas area kurang lebih sekitar 70 hektar. Waduk di Indramayu ini terletak di desa Situraja, Gantar, Indramayu. Sebenarnya waduk ini dibuat untuk keperluan irigasi persawahan, akan tetapi karena pemandangannya yang elok, Waduk Cipancuh, Indramayu ini kini menjadi salah satu obyek wisata murah di Indramayu.

8. Taman Cimanuk Indramayu

Tempat wisata di Indramayu selanjutnya juga berada di pinggiran sungai Cimanuk. Tepatnya di Jalan Veteran, belakang Masjid Agung Indramayu. Taman Cimanuk termasuk tempat wisata Indramayu ini sangat asik dijadikan tempat nongkrong.

Karena tempatnya yang terbuka untuk umum, maka pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk bermain di taman Cimanuk, Indramayu ini. Taman Cimanuk ini juga cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Indramayu

9. Pantai Rembat

Wisata Indramayu selanjutnya adalah Pantai Rambat, destinasi yang menawarkan keindahan ekowisata mangrove yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Saat berada di sini, wisatawan bisa menemukan tanaman bakau di pesisir pantai. Penanaman bakau dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya abrasi. 

10. Pantai Junti 

Saat berada di Pantai Junti, pengunjung bisa berenang di pantai ini. Karena pantai ini memiliki arus air yang tenang, sehingga untuk anak-anak  bermain di bibir pantai sangat aman, jika masih dalam pengawasan orang tua.

Untuk mengakses pantai ini, bisa menempuhnya lewat Jl. Soekarno Hatta dengan waktu tempuh sekitar 22 menit dari pusat Kota Indramayu.  Bagi pengunjung yang tidak ingin basah-basahan, bisa duduk santai di atas pasir sembari menikmati deburan ombak yang tenang, juga menikmati pemandangan khas laut yang menenangkan. 

11. Pantai Tiris Indramayu

Wisata Indramayu selanjutnya ini memiliki kawasan hutan mangrove yang dibuat dengan tujuan untuk mencegah abrasi. Tempat ini juga menjadi rekomendasi liburan keluarga yang menyenangkan, karena pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang tersedia di pantai ini. Tempat ini dulu menyimpan sisi mistis yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.  

12. Situ Bolang

Situ Bolang merupakan wisata Indramayu yang berlokasi di Jatisura, Cikedung, Indramayu.  Tempat ini adalah salah satu alternative tempat wisata di Indramayu berikutnya. Tempat ini juga terkenal sebagai spot pemancingan alam yang luar biasa, karena banyak ikan yang bisa diburu melalui mata kail. Pengunjung juga akan disuguhi eksotisnya alam desa dengan persawahannya. 

Kawasan ini menjadi urat nadi perekonomian warga yang ada di sini. Kawasan ini juga, sudah dinaikan statusnya menjadi Lokawisata Alam Pedesaan. Jadi, selain alam, pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakatnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.