Sukses

8 Wisata Brebes yang Wajib Dikunjungi, Pilihan Destinasinya Beragam

Tempat wisata Brebes terdiri dari banyak pilihan, mulai dari pegunungan, pantai, hutan mangrove, hingga situs peninggalan sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Brebes wajib untuk anda kunjungi bersama keluarga maupun teman. Kabupaten Brebes adalah salah satu kabupaten di provinsi Jata Tengah. Kota ini terkenal dengan komoditas yang dipasarkan, yakni telur asin dan bawang.

Bukan hanya terkenal dengan telur asin dan bawangnya, Brebes juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Wilayah Brebes sebagian besar berupa dataran rendah meski beberapa wilayah juga merupakan dataran tinggi.

Sementara, sebelah utara, Brebes berbatasan langsung dengan laut Jawa. Kondisi geografis Brebes yang beragam membuat tempat wisata Brebes juga terdiri dari banyak pilihan, mulai dari pegunungan, pantai, hutan mangrove, hingga situs peninggalan sejarah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Brebes yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Brebes yang Wajib Kunjungi

1. Ranto Canyon

Wisata Brebes yang wajib dikunjungi adalah Ranto Canyon. Terletak di Gunungtajem, Windusari, Salem, Kabupaten Brebes, wisata ini menawarkan pengalaman yang memicu adrenalin.

Jika memiliki keberanian tinggi, Anda dapat melompat dari tebing yang memiliki ketinggian 10-20 meter dengan aliran air sungai di bawahnya. Anda pun bisa melakukan olahraga panjat tebing. Namun jika belum cukup berani, Anda bisa pula hanya berenang di sungainya.

Untuk berkunjung ke wisata ini, pengunjung cukup mempersiapkan uang sekitar Rp30.000-Rp.50.000 saja. Dengan pembayaran itu, Anda sudah bisa menyewa pemandu sekaligus pelampung dan alat dayung untuk menyusuri sungai.

2. Hutan Mangrove Padansari

Hutan mangrove ini terletak di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes. Jawa Tengah. Dengan latar rimbunnya hutan mangrove, wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berswafoto. Di sana terdapat pula perahu yang dapat Anda sewa untuk menyusuri indahnya hutan mangrove dengan latar belakang pantai.

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati keindahan tersebut hanya Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Jika di hari libur, biaya masuknya sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Pembayaran tersebut berlaku untuk semua fasilitas yang ada termasuk sewa perahu tadi.

3. Pabrik Gula Jatibarang

Tempat wisata Brebes yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pabrik Gula Jatibarang. Bangunan ini merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda yang memiliki banyak spot foto menarik. Meskipun terlihat tua dan jadul, justru hal itulah yang menjadi daya tarik pengunjung. Penampilan dari pengankut tebu, rel kereta api, dan infrastruktur yang kuno malah sangat Instagramable untuk Anda yang hobi berfoto. Lokasi pabrik gula ini berada di Jalan Raya Jatibarang-Slawi, Kecamatan Jatibarang.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Brebes yang Wajib Kunjungi

4. Agrowisata Kaligua

Di bagian Selatan Brebes, Anda bisa menikmati keindahan dataran tinggi yang sejuk. Salah satu destinasi wisata Brebes bertema alam di daerah ini adalah Agrowisata yang terletak Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Di sini pengunjung bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah.

Perkebunan teh Kaligua berada pada ketinggian 1.200 - 2.050 meter dari permukaan laut. Kondisi udara sangat dingin, berkisar 8-22 °C pada musim penghujan dan mencapai 4-12 °C pada musim kemarau. Tempat wisata Brebes ini terletak di lereng barat Gunung Slamet.

Dari perkebunan teh ini wisatawan dapat menikmati keindahan salah satu puncak gunung Slamet, yaitu puncak Sakub. Jika cuaca bersabat, dari perkebunan ini juga akan terlihat pemandangan Gunung Ceremai, wilayah Tegal, serta Cilacap.

5. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga terletak di Randusanga Kulon sekitar 7 KM ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Di sepanjang jalan menuju pantai Randusanga akan banyak ditemui perkebunan bawang merah dan tambak-tambak yang digunakan untuk budidaya bandeng dan rumput laut.

Pantai Randusanga kini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Brebes dan menjadi destinasi andalan di Brebes. Fasilitas yang disediakan di pantai ini juga tergolong lengkap dengan permainan anak, pemandian, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe, rumah makan, dan pusat oleh-oleh.

6. Kalibaya Park

Di Kalibaya Park, Anda dapat melihat suasana pegunungan dan hutan-hutan hijau dari sebuah ayunan yang menggantung di atas ketinggian. Destinasi ini dibuka sejak 2016 dengan tujuan untuk menambah perekonomian warga setempat.

Selain ayunan, Anda pun dapat berfoto di atas sebuah bambu dan kayu yang disusun menjadi bentuk-bentuk tertentu, seperti bintang, lambang hati, atau jembatan. Dengan latar belakang hamparan hutan, foto yang dihasilkan akan semakin apik dan romantis. Lokasi destinasi ini berada di Pasir Panjang, Salem, Kabupaten Brebes. Anda dapat berkunjung pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Brebes yang Wajib Kunjungi

7. Waduk Malahayu

Waduk Malahayu merupakan waduk peninggalan masa Kolonial Belanda. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai saluran irigasi pertanian daerah setempat. Selain digunakan sebagai sarana air irigasi pertanian, Waduk Malahayu juga menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Di tempat wisata Brebes ini pengunjung bisa menyaksikan panorama alam pegunungan dan perbukitan yang indah, dikelilingi hutan jati yang luas. Hutan jati ini juga dijadikan sebagai bumi perkemahan. Pengunjung juga bisa berkeliling waduk dengan perahu yang tersedia.

Waduk Malahayu juga mempunyai cerita rakyat yang berkembang hingga kini. Bagi pasangan pengantin baru yang berkunjung harus membasuh muka dengan air waduk, karena dipercaya akan langgeng dalam mengarungi maghligai rumah tangga.

8. Candi Pangkuan

Tak hanya menyimpan potensi wisata alam, Brebes juga memiliki spot wisata sejarah dengan keberadaan Candi Pangkuan. Menurut legenda, Candi Pangkuan ini dulunya dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan.

Letak Candi Pangkuan ini berada di Cilibur, Paguyangan, Kabupaten Brebes. Wisata Brebes ini dilengkapi dengan fasilitas, seperti toilet, tempat parker, dan musala. Anda dapat berkunjung ke wisata ini pada pukul 07.00-17.00 WIB dengan membayar Rp5ribu saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.