Sukses

20 Tempat Wisata di Sidoarjo, Unik dan Menarik untuk Dikunjungi

Inilah berbagai tempat wisata di Sidoarjo yang menarik untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Sidoarjo adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang dapat dikunjungi ketika berwisata di provinsi ini. Ada segudang tempat wisata di Sidoarjo yang bisa menarik minat pengunjung untuk berwisata di kota tersebut.

Kota Sidoarjo sempat dikenal dengan bencana lumpur panasnya yang membuat banyak warga kota ini harus kehilangan tempat tinggal. Akan tetapi, tahu kah kamu kalau ada berbagai tempat wisata di Sidoarjo yang siap untuk menghiburmu dan keluarga ketika berekreasi ke kota ini?

Tempat wisata di Sidoarjo cukup beragam jenisnya. Kota yang terkenal dengan hasil tambaknya ini juga memiliki pemandangan alam yang cukup menarik. Selain alamnya yang indah dan menarik, Sidoarjo juga memiliki berbagai tempat wisata kuliner, sejarah, dan budaya yang bisa kamu nikmati untuk melepaskan penat di sela-sela rutinitas sehari-hari.

Sidoarjo terletak tidak jauh dari ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Jarak dari Surabaya ke Sidoarjo hanya sekitar 25 Km saja atau kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan bila merujuk pada aplikasi Google Maps. Untuk mengunjungi Sidoarjo, kamu juga bisa menggunakan jasa transportasi kereta api dari Kota Surabaya. Letaknya yang tak jauh dari Surabaya membuat tempat wisata di Sidoarjo cocok kamu kunjungi untuk menikmati hari liburmu bersama dengan keluarga, teman, ataupun orang terkasihmu.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sidoarjo yang bisa kamu kunjungi yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sidoarjo

1. Pantai Kepentingan

Kalau kamu ingin menikmati indahnya pemandangan pantai di wilayah Sidoarjo, kamu bisa mampir dan mengunjungi Pantai Kepentingan. Tempat wisata di Sidoarjo ini cukup populer karena panoramanya yang cantik.

Di pantai ini kamu dapat menikmati indahnya pantai dengan air lautnya yang jernih. Di pantai ini kamu juga bisa mencari berbagai spot foto yang menarik dan instagramable untuk kamu unggah ke media sosialmu. Di samping itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah hutan bakau dan tambak udang milik warga sekitar yang berada di sekeliling pantai ini.

Mengunjungi Pantai Kepetingan bukan hanya tentang wisata alamnya saja. Pantai ini juga kerap menjadi lokasi berbagai upacara religi ataupun kebudayaan bagi masyarakat sekitar. Salah satu upacara religi yang rutin diadakan di pantai ini ialah Nyadran, sebuah ritual tahunan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan dengan melepaskan sesaji ke laut yang biasanya dilakukan pada bulan Ramadhan.

Tidak ada biaya tiket masuk untuk mengunjugi tempat wisata di Sidoarjo ini, namun wisatawan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk tiket kapal yang harganya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000, tergantung dengan kesepakatan.

2. Pulau Sarinah

Kalau kamu ingin melihat indahnya alam bahari di Sidoarjo, kamu bisa mengunjungi Pulau Sarinah. Tempat wisata di Sidoarjo ini terletak di Desa Tlocor, Tanjungsari, Kupang, Jabon. Pulau Sarinah sendiri merupakan sebuah pulau yang terbentuk karena Lumpur Panas Lapindo.

Untuk mengunjungi Pulau Sarinah, kamu bisa menggunakan perahu daru dermaga Tlocor yang bisa kamu sewa dengan biaya berkisar antara Rp150.000 hingga Rp200.000. Di sini kamu akan disuguhi pemandangan indah pepohonan mangrove yang cantik dan eksotis. Rimbunnya pepohonan mangrove di pulau ini akan membuat para pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung ke Pulau Sarinah.

3. Pantai Kalanganyar

Kalau kamu mengunjungi tempat wisata di Sidoarjo, kamu bisa mampir ke Pantai Kalanganyar yang terletak di Desa Ngempla Rejo, Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo. Pantai ini memiliki keunikannya tersendiri. Di sini kamu akan disuguhi pemandangan pantai dan laut yang indah dengan airnya yang bersih dan jernih.

Pantai ini terkenal sebagai salah satu tempat favorit bagi orang-orang yang hobi memancing. Di samping itu, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di Pantai Kalanganyar ini. Di sini terdapat tempat pelelangan ikan segar hasil tangkapan para nelayan lokal. Selain ikan segar, kamu juga bisa membeli ikan yang sudah diasap supaya awet yang di jual di sekitar pantai ini.

4. Pantai Wuhguyo

Pantai Wuhguyo adalah salah satu tempat wisata di Sidoarjo yang bisa kamu kunjungi bila kamu ingin menikmati keindahan panorama laut di Jawa Timur. Pantai ini terletak di Area Sawah, Tambakcemandi, Sidoarjo.

Bila dibandingkan dengan Pantai Kepetingan, Pantai Wuhguyo bisa dikatakan belum sepopuler pantai tersebut. Pantai ini masih cukup jarang dikunjungi oleh para pengunjung. Akan tetapi, Pantai Wuhguyo tetap menyajikan pemandangan pantai dan laut yang tak kalah indah dan cantik dibanding dengan pantai lainnya. Masih sedikitnya pengunjung yang datang ke pantai ini membuat tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga dan teman terdekatmu.

5. Pantai Gisik Cemandi

Pantai Gisik Cemandi adalah salah satu tempat wisata di Sidoarjo yang cukup populer, khususnya di kalangan pemancing. Pantai ini terkenal sebagai kampung nelayan di Sidoarjo. Di sini para pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan pantai dan deretan perahu nelayan yang berjajar dengan rapih ditepian pantai Gisik Cemandi.

Selain menikmati panorama yang cantik dan mempesona, para pengunjung yang datang ke Pantai Gisik Cemandi juga bisa berkunjung ke tempat pelelangan ikan yang terdapat di sini. Para pengunjung bisa membeli ikan segara hasil tangkapan para nelayan lokal dengan harga yang cukup terjangkau, membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bagi para pecinta hidangan laut. Di samping itu, para pengunjung yang suka memancing dapat menyewa perahu untuk memancing di laut.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sidoarjo

6. Pantai Dem Island

Kalau kamu ingin menikmati indahnya suasana pantai yang tenang, kamu bisa mengunjungi Pantai Dem Island. Tempat wisata di Sidoarjo ini terletak di Dusun Pandansari, Sidoarjo.

Pulau Dem menyuguhkan pemandangan laut yang indah dengan tambak-tambak di sekelilingnya yang menarik. Sepinya suasana pulau ini membuat Pulau Dem cocok untuk kamu kunjungi ketika ingin bersantai dan melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari dan ramainya perkotaan.

7. Kali Porong

Tempat wisata di Sidoarjo selanjutnya yang bisa kamu kunjungi ialah Kali Porong. Kali Porong adalah sebuah sungai besar dan luas yang melngalir melalui Sidoarjo. Para pengunjung dapat menikmati panorama sungai yang tenang dengan hawa yang sejuk membuatnya menjadi betah berlama-lama di sini.

Ada berbagai aktivitas seru dan menarik yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Kali Porong. Di sini, kamu bisa mencoba memancing ikan di sungai tersebt. Selain itu, kamu juga menyusuri sungai ini ke muaranya menuju ke Pulau Sarinah yang akan memberikanmu berbagai pengalaman yang menarik dan seru.

8. Pantai Tlocor

Pantai Tlocor adalah salah satu tempat wisata di Sidoarjo yang menyajikan pemandangan alam yang indah. Di sini kamu bisa bersantai di tepian pantai sembari menikmati segarnya angin pantai yang bertiup sepoi-sepoi. Kamu juga bisa mengelilngi pantai ini dan berlayar ke tengah laut menggunakan perahu kecil yang tersedia. Kalau kamu capek berkeliling di pantai ini, kamu bisa beristirahat dan menyantap nikmatnya berbagai hidangan makanan laut yang dijajakan di pantai ini.

9. Hutan Prambon

Hutan Prambon adalah salah satu tempat wisata di Sidoarjo yang cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu. Tempat wisata ini terkenal sebagai tempat kegiatan outbound yang cocok untuk meningkatkan fisik dan kecerdasan anak-anak.

Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas outbound yang bisa dilakukan oleh anak-anak seperti jaring laba-laba, line bridge, chain swing, crawling net, dan permainan lumpur. Anda juga tidak perlu khawatir karena kegiatan outboun di Hutan Prambon ini didampingi oleh instruktur yang profesional untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anak-anak. Mengutip dari website pengelola, biaya yang dibutuhkan untuk bermain di sini sebesar Rp. 60.000.

10. Tour Lumpur Panas Lapindo

Lumpur Lapindo adalah salah satu tragedi besar yang membawa kerugian bagi banyak pihak. Akan tetapi, saat ini lumpur lapindo menjadi salah satu tempat wisata di Sidoarjo yang cukup populer dan banyak menarik minat pengunjung. Di sini para pengunjung bisa melihat lokasi yang terdampak lumpur Lapindo. Selain itu, ada berbagai hal menarik lainnya yang bisa kamu saksikan di sini seperti deretan patung lumpur berbagai ukuran, bentuk, dan pose.

Lumpur Lapindo terletak di Kecamatan Porong, Sidoarjo. Para pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk namun akan dikenakan uang parkir, sehingga pengunjung dapat datang mengunjungi tempat ini kapan saja. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore hari.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sidoarjo

11. Tempat Pemancingan Delta

Kalau kamu senang memancing, kamu wajib mengunjungi Tempat Pemancingan Delta.Tempat Wisata di Sidoarjo ini menyediakan fasilitas memancing yang sangat lengkap bagi para pengunjungnya. Kolam pemancingan yang terdapat di tempat ini dipenuhi oleh beragam jenis ikan yang bisa kamu pancing mulai dari ikan gurame , patin, mujai, bawal, dan tombro.

Tempat wisata di Sidoarjo ini juga cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu. Tempat ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, area flying fox, perahu angsa, taman bermain, dan banyak lainnya yang bisa kamu nikmati bersama dengan keluargamu. Harga tiket masuk yang dikenakan juga terbilang murah yaitu Rp.10.000 hingga Rp.20.000 saja.

12. Museum Mpu Tantular

Kalau kamu ingin mempelajari sejarah di Sidoarjo, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Sidoarjo yang satu ini. Museum Mpu Tantular adalah salah satu museu yang tertua di Jawa Timur. Museum yang memiiki lahan seluas 3,3 hektar ini namanya diambil dari nama seorang penyair terkenal dari masa Kerajaan Majapahit, tepatnya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Ia terkenal dengan yang berjudul Kakawin Sutasoma.

Di museum ini pengunjung dapat melihat banyak koleksi barang antik dan benda bersejarah yang terawat baik. Selain peninggalan kerajaan, pusat-pusat kepentingan lain yang berkaitan dengan numismatika, geologi, etnografi, dan biologi. Untuk berkunjung pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

13. Candi Pari

Kalau kamu tertarik dengan sejarah, kamu juga bisa mengunjungi Candi Pari. Tempat wisata di Sidoarjo ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit. Berbeda dengan struktur candi peninggalan masa Majapahit lainnya, Candi Pari memiliki struktur perpaduan antara desain Khmer dan Thailand.

Untuk menuju ke candi Pari, kamu bisa mengambil rute menuju desa Candi Pari, Porong, Sidoarjo, yang berjarak 15 km dari pusat kota. Jam bukanya dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore, dan tiket masuknya Rp 3.000 per orang.

14. Wisata Produksi Tas Tanggulangin

Kalau kamu tertarik dengan kerajinan tangan, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Sidoarjo ini. Tanggulangin telah dikenal sebagai pusat produksi tas kulit berkualitas tinggi sejak tahun 1970-an. Kualitas tas produksi mereka bahkan telah diakui secara internasional.

Salah satu produsen tas yang terkenal di Tanggulangin ialah INTAKO. Tas produksi mereka telah diekspor ke luar negeri. Untuk menuju ke sini, anda bisa mengambil rute Surabaya-Malang dan berhenti di kawasan kecamatan Tanggulangin. Pusat produksi dapat diakses dengan kendaraan pribadi ataupun bus.

15. Wisata Kampung Sepatu Krian

Kampung Sepatu Krian adalah tempat wisata di Sidoarjo lainnya yang dapat kamu kunjungi apa bila kamu suka berbelanja. Tempat wisata ini telah lama dikenal sebagai salah satu tujuan belanja yang terfavorit. Di sini kamu bisa mencari dan mendapatkan berbagai jenis sepatu. Bila kamu tidak menemukan sepatu yang kamu suka, atau kamu ingin sepatu yang sesuai dengan seleramu, kamu bisa memesan sepatu yang dibuat eksklusif hanya untuk kamu sendiri.

Kampung Sepatu Krian terletak di Desa Masangan, Kecamatan Krian. Anda bisa mengambil jalur utama Surabaya-Mojokerto yang menuju ke Krian By Pass. Dibutuhkan waktu 10 menit berkendara untuk mencapai lokasi.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sidoarjo

16. Taman Air Suncity

Kalau kamu ingin menyegarkan badan di siang hari yang panas, kamu bisa mengunjungi Taman Air Suncity. Tempat wisata di Sidoarjo ini menawarkan berbagai macam wahana air dan fasilitas pendukungnya. Selain berenang, pengunjung juga bisa mencoba mandi busa, air mancur, wahana air, seluncuran naga, dan masih banyak lagi. Selain itu, Taman Air Suncity juga merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung untuk menyaksikan berbagai pertunjukan langsung mulai dari pertunjukan budaya hingga pertunjukan musik modern.

Tempat wisata di Sidoarjo ini terletak di Jalan Pahlawan nomor 1 Sidoarjo. Jam buka Suncity Waterpark adalah dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Tiket masuknya sebesar Rp 25.000 untuk weekdays dan Rp 30.000 untuk weekend.

17. Permata Water Park

Permata Water Park adalah salah satu tempat wisata di Sidoarjo yang cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu. Pasalnya, di sini menyediakan berbagai fasilitas seperti perosotan spiral, perosotan balap, perosotan keluarga, ember tumpah, dan lainnya. Bagi kamu yang memiliki anak bayi juga jangan khawatir karena di sini juga tersedia baby pool dan sliding baby. Selain itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas outbound seperti flying fox dan panjat tebing yang bisa kamu coba bersama dengan keluargamu.

Permata Water Park terletak tidak jauh dari pusat kota Sidoarjo, tepatnya di di Jalan Raya Kludan Tanggulangin. Kamu hanya butuh 15 menit perjalanan untuk mencapai tempat wisata di Sidoarjo ini. Jam bukanya dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore, dan tiket masuknya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

18. Legok Asri Suko Legok

Kalau kamu ingin mencari tempat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluargamu, kamu bisa mengunjungi Legok Asri Suko Legok. Tempat wisata di Sidoarjo ini mengusung tema alam yang dipadukan dengan konsep restoran. Tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti kolam renang, tempat outbond, dan area pemancingan yang siap untuk kamu nikmati bersama dengan keluarga. Kamu juga bisa duduk-duduk santai di gazebo sambil menikmati pemandangan alam yang hijau.

Legok Asri buka dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam. Harga tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp 10.000. Akan tetapi, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan mulai dari Rp 5.000 hingga ratusan ribu rupiah untuk menikmati berbagai aktivitas dan fasilitas yang disediakan di sini seperti berenang, memancing, outbond, dan lain sebagainya.

19. Gading Fajar Night Market

Kalay kamu tertarik untuk belanja, kamu bisa mengunjungi Gading Fajar Night Market. Tempat wisata di Sidoarjo ini merupakan sebuah pasar malam seluas 1 kilometer. Di sini para pengunjung bisa menikmati hiruk pikiknya pasar malam yang menyenangkan sambil melihat-lihat beragam barang atau produk yang ditawarkan dengan harga terjangkau seperti peralatan rumah tangga hingga hewan peliharaan.

Untuk mengunjungi pasar malam ini pengunjung dapat mengambil rute menuju stasiun Buduran dari pusat kota Surabaya lalu belok kiri melalui Jalan Kembar dan kompleks perumahan Taman Pinang-Gading Fajar. Hanya beberapa menit dari sana, pengunjung bisa sampai di lokasi pasar malam ini.

20. Pazkul Kahuripan Nirwana

Tempat wisata di Sidoarjo juga menawarkan beragam hidangan kuliner yang wajib untuk dicicipi oleh para pengunjung yang datang ke kota ini. Kalau kamu ingin berburu berbagai hidangan lezat di Sidoarjo, kamu bisa mengunjungi Pazkul Kahuripan Nirwana. Tempat ini merupakan sebuah pasar kuliner yang berkonsep food court dengan eksterior Go Green lengkap dengan meja rindang dengan payung, Green Park, dan lampu taman yang romantis.

Untuk menambah nyamannya suasana, pengunjung juga bisa menikmati beragam live music mulai dari pop hingga jazz. Berbagai musisi yang populer di Indonesia juga kerap tampil untuk meramaikan suasana di tempat ini. Untuk masuk ke area ini wisatawan cukup membayar biaya parkir saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.