Sukses

Mengenal Desa Wisata Pulesari, Destinasi, Fasilitas, dan Kegiatannya

Liputan6.com, Jakarta Desa Wisata Pulesari merupakan salah satu destinasi yang seru untuk kamu yang suka kegiatan di luar ruangan. Desa Wisata Pulesar terkenal sebagai wisata alam yang menawarkan kegiatan outbound dan trekking sungai.

Desa Wisata Pulesari sendiri merupakan kawasan pedesaan yang berlokasi di kawasan lereng gunung Merapi. Selain menawarkan kegiatan di alam atau luar ruangan, Desa Wisa Pulesari juga memberikan wisata budaya tradisi.

Desa Wisata Pulesari bisa menjadi destinasi bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan dengan teman-teman dalam jumlah besar. Melakukan aktivitas bersama-sama tentunya membuat kamu dan teman-teman di sekolah, kampus, kantor, ataupun keluarga besar jadi makin kompak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022) tentang Desa Wisata Pulesari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Desa Wisata

Sebelum mengenal Desa Wisata Pulesari, kamu perlu memahami tentang desa wisata terlebih dahulu. Adanya desa wisata merupakan salah satu upaya dalam membangun wilayah pedesaan, sehingga dapat menjadi kawasan ekonomi yang mandiri dan berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan program pemerataan ekonomi dan pembangunan di wilayah-wilayah Indonesia. Pembangunan desa wisata membuat masyarakat menunjukkan kesadaran bahwa ada potensi yang dimiliki oleh alam atau wilayah sekitarnya.

Desa wisata merupakan desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata adalah bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Desa wisata biasanya memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia. Desa wisata biasanya dibuat di satu kawasan tertentu dengan didukung oleh atraksi, akomodasi, dan fasilitas lainnya. Desa wisata secara keseluruhan mengintegrasikan semua unsur tersebut di suatu desa, untuk mengangkat keunikan dan kearifan lokal setempat.

Salah satu contoh baik dari desa wisata tentunya adalah Desa Wisata Pulesari. Desa Wisata Pulesari menjadi salah satu destinasi liburan yang banyak dipilih masyarakat. Tujuan adanya Desa Wisata Pulesari ini di antaranya adalah untuk memajukan dan mempromosikan potensi Desa Pulesari, baik sumber daya alam maupun budayanya.

3 dari 5 halaman

Mengenal Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari adalah kawasan pedesaan yang berada dikawasan lereng Merapi sebelah barat, tepatnya di Dusun Pulesari, Desa Wonokerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Desa Wisata Pulesari menawarkan berbagai kegiatan untuk kunjungan berwisata dengan branding Wisata Alam dan Budaya Tradisi. Desa Wisata Pulesari menawarkan berbagai bentuk kegiatan wisata alam, di antaranya wisata air trekking sungai yang dikemas dengan kegiatan outbound, dan wisata budaya tradisi, bentuk kegiatan yang sudah menjadi tradisi kebiasaan masyarakat dikemas menjadi daya tarik.

Selain itu, Desa Wisata Pulesari tidak hanya menyajikan aktivitas ala liburan saja, tetapi juga ada nilai edukatif yang ditawarkan. Hal ini terlihat dari jenis-jenis wisata budayanya yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai dan kearifan budaya lokal seperti tarian, kerajinan, hingga makanan khas daerah. Desa Wisata Pulesari juga menawarkan kegiatan seru lainnya seperti wisata edukasi, belajar membatik, belajar gamelan, belajar menari, belajar janur, membajak sawah dan menanam padi, serta masih banyak lagi program yang ditawarkan di Desa Wisata Pulesari ini.

Desa Wisata Pulesari juga menawarkan wisata sejarah berupa kumpulan 8 goanya yang dapat kamu telusuri dan pelajari latar belakangnya. Goa tersebut di antaranya adalah Goa Dampar, Goa Canguk, Goa Grenjeng, Goa Wayang, Goa Gedhe, Goa Ular, Goa Bedhog, dan  Goa Leri.

4 dari 5 halaman

Fasilitas Desa Wisata Pulesari

Fasilitas di Desa Wisata Pulesari sudah cukup lengkap. Di antaranya tersedia beraneka ragam aktivitas rekreasi hingga tempat bersantai berupa tempat makan. Di sekitar desa wisata ini juga terdapat penginapan-penginapan, yang dapat kamu pilih sesuai dengan budget.

Melansir jadesta.kemenparekraf.go.id, fasilitas Desa Wisata Pulesari adalah sebagai berikut:

- Balai pertemuan

- Kamar mandi umum

- Kios souvenir

- Kuliner

- Musholla

- Outbound

- Spot foto

- Tempat makan

- Wifi area

5 dari 5 halaman

Kegiatan Seru di Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari memiliki potensi alam dan budaya unggulan yang ditawarkannya sebagai destinasi wisata. Apalagi, lokasinya yang berada di lereng gunung Merapi membuat kawasan desa Pulesari memiliki cuaca yang sejuk ala desa-desa di kaki gunung, dengan pemandangan alam dan udara yang bersih nan asri.

Desa Pulesari juga merupakan wilayah penghasil buah salak yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sleman. Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik, di mana budidaya salak yang dilakukan oleh masyarakat menjadi potensi unggulan desa Pulesari. Di Desa Wisata Pulesai, kamu bisa memetik buah salak sendiri langsung dari kebunnya. Selain itu, ada juga aneka olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar salak, seperti dodol, wingko, bakpia, enting-enting, kerupuk, dan masih banyak lagi.

Selain argowisata kebun salak, ada juga wahana rekreasi outbond yang menjadi favorit para pengunjung. Aneka jenis kegiatan outbond bisa dinikmati bersama anak-anak, dan ini dijamin akan menjadi aktivitas pengisi liburan yang sangat menyenangkan. Selain outbond, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa desa wisata Pulesari juga menyediakan wisata edukasi dan sejarah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS