Sukses

19 Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya, Wajib Diketahui

Tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya yang murah.

Liputan6.com, Jakarta Malang memiliki banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Terdapat banyak tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya yang ramah di kantong. Akan tetapi semua destinasi wisata tidak bisa dikelilingi hanya dalam sehari saja, karena saking banyaknya. Pengunjung juga mungkin kesulitan memilih tujuan liburan saat berada di Malang. 

Tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya juga berbeda tergantung pada pengelolaan, fasilitas, yang disediakan oleh masing-masing tempat wisata, untuk membuat para pelancong lebih nyaman ketika berkunjung saat liburan.

Tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya yang tergolong murah, membuat siapapun yang berwisata di Malang tidak akan bosan. Saat berada di sini, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang eksotis, bermain wahana permainan, atau mengajak keluarga untuk wisata edukasi dengan berbagai pengalaman menarik.

Berikut ini tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya

1. Wisata Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang cukup populer. Gunung Bromo yang masih berada dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas. Gunung ini tidak terlalu tinggi, akan tetapi kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Selain itu kamu juga dapat berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda. 

2. Taman Rekreasi Selecta Batu

Tempat wisata di Malang dan harga tiket masuknya, adalah Taman Rekreasi Selecta Batu dengan harga tiket masuk sekitar Rp.25.000 per orang, Rp.5.000 (Motor), Rp.10.000 (Mobil). Berlokasi di Jl. Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Tulungrejo, Bumiaji, Kota. Tempat wisata ini menawarkan objek wisata alam taman bunga serta fasilitas wahana air. Pengunjung  juga bisa menikmati wahana outbound dan flying fox juga arena pacuan kuda dengan biayanya yang berbeda-beda untuk setiap wahana. 

3. Air Terjun Coban Rondo

Tempat wisata di Malang selanjutnya, yaitu Air Terjun Coban Rondo. Harga tiket masuknya sekitar Rp.8.000 per orang, dan Rp12.000 untuk wisatawan asing. Tempat ini berlokasi di Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon.

Air Terjun Coban Rondo adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter dan menjadi sumber mata air dari Cemoro Dudo yang juga terletak di lereng Gunung Kawi. Saat berada di sini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati air terjunnya, karena ada arena outbound dan flying fox yang dapat dinikmati dengan tambahan biaya tertentu.

4. Batu Night Spectacular (BNS)

Tempat wisata di Malang selanjutnya ada BNS. Tidak seperti taman hiburan yang lain, Batu Night Spectacular atau BNS justru buka dari sore hingga tengah malam. Jam operasional resminya juga mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00 WIB. Buat pengunjung jangan khawatir, karena harga tiket masuk ke BNS dipatok Rp20.000 untuk hari biasa, serta Rp30.000 untuk akhir pekan. Tersedia beberapa wahana penguji adrenalin, taman lampion, hingga arena go kart.

5. Selecta

Kawasan Batu di Kabupaten Malang adalah dataran tinggi yang  berhawa sejuk dengan hamparan pemandangan hijau di setiap sisinya. Saat pengunjung yang berwisata di sini, akan menikmati taman wisata dengan banyak spesies bunga cantik di dalamnya. Tiket masuknya juga sangat terjangkau, hanya Rp 25.000 per orang. Sudah bisa menikmati keindahan tempat ini sepuasnya. 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya

 

6. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna adalah wisata  pantai yang cukup unik di antara deretan pantai di selatan Malang. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahannya, harus menghubungi pengelola untuk memesan slot terlebih dahulu.

Pengunjung yang masuk ke pantai ini, dibatasi hanya 10 orang saja, dan per orang diharuskan membayar Rp100.000. Tak seperti di pantai lain di selatan Malang, di sini kamu bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Pantai yang berada di tengah kawasan cagar alam ini punya keindahan sesuai dengan namanya, karena memiliki tiga lapis warna.

7. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina adalah salah satu tempat wisata di Malang, yang terkenal dengan ombaknya yang ganas, akan tetapi ketika sore menjelang, ombak di pantai ini akan mereda sehingga kita bisa berjalan ke tengah lautan. Dengan tarif masuk yang cuma Rp 5.000, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan pulau karang yang populer untuk foto senja. Selain itu, muara sungai yang mirip danau membuat persediaan air tawar di pantai tersebut melimpah. 

8. Pantai Banyu Anjlok

Banyu Anjlok merupakan salah satu pantai unik di Malang, dengan tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang, membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan. Pantai ini merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung menuju pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam dan bisa ditelusuri. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan memanjakan mata dengan pemandangan yang indah.

9. Pantai Balekambang

Tempat wisata di Malang yang menyuguhkan panorama pantai yang indah adalah Pantai Balekambang. Pantai yang berada di selatan Malang tepatnya Kecamatan Bantur, memiliki ciri khas adanya sebuah pulau kecil rumah, juga sebuah Pura yang ramai untuk beribadah di berbagai Hari Raya Keagamaan agama Hindu. Balekambang bisa diakses dengan lancar dari Malang, dengan kendaraan mobil ataupun motor, harga tiket masuk tempat ini cukup ramah di kantong, cukup Rp15.000 saja.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya

10. Pemandian Air Panas Cangar

Tempat wisata di Malang juga terdapat pemandian air panas Cangar, yang terletak di Bumiaji kota Batu. tempat wisata ini mendapatkan sumber air panas dari Gunung Welirang, dengan temperatur yang tinggi di kolamnya baik dan berkhasiat untuk kulit.

Dengan harga tiket masuk Cangar yang dipatok Rp 10.500 belum termasuk parkir kendaraan. Tempat wisata ini cukup populer di siang hari, akan tetapi bagi pengunjung yang ingin datang pada malam hari, tempat ini masih buka karena memiliki jam akses fleksibel.

11. Alun-alun Batu

Seperti banyak alun-alun yang ada di berbagai kota di Indonesia, alun-alun Batu makin semarak saat Malam hari. Banyak pujasera dengan berbagai makanan khas Batu, street-food, serta wahana ferris wheel atau komedi putar yang bisa pengunjung naiki untuk menikmati night view kota Batu dan Malang. Untuk menikmati keindahan alun-alun, tidak ada biaya masuk, namun untuk mengakses fasilitas akan dikenakan biaya. 

12. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Jodipan awalnya bukan tempat wisata Malang, namun hanya kawasan perkampungan yang berada di pinggiran Sungai Brantas. Akan tetapi setelah pasca sebuah inisiasi dari mahasiswa yang menggandeng korporasi produsen cat dinding, Kampung Jodipan disulap jadi destinasi baru yang hits sebagai tujuan wisata Malang. Untuk biaya masuknya cukup murah, hanya Rp 3.000 pengunjung sudah bisa mengabadikan momen indah guna mengisi feed Instagram. 

13. Hawai Waterpark

Nggak mau kalah dengan kota-kota besar lainnya, Malang juga punya wahana air yang cukup megah bernama Hawai Waterpark. Tempat wisata ini, kabarnya menjadi wahana air terbesar se-Indonesia. Harga tiketnya untuk masuk masih terjangkau, Rp 75.000 di hari biasa dan Rp 100.000 di akhir pekan atau hari libur. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya

14. Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo adalah salah satu tempat wisata di Malang yang cukup populer. Para wisatawan yang berkunjung kesini, tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam juga sejuknya air, akan tetapi tersedia wahana tubing, paintball hingga penangkaran rusa.

Harga tiket masuk tergolong murah, cukup Rp 15.000 per orang, juga tiap wahana yang akan dinikmati dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5 ribu per orang. Pengunjung juga bisa menyewa sepeda serta berkeliling menggunakan sepeda di kawasan ini. 

15. Coban Sewu

Selanjutnya tempat wisata di malang, adalah Coban Sewu. tempat ini dinamakan coban sewu, karena air terjun yang ada di sini memiliki sumber air terjun berbeda dengan jumlah sumbernya banyak. Air terjun ini juga kerap disebut sebagai Coban Tumpak Sewu dan Tumpang Sewu karena air terjunnya sekan bertumpuk-tumpuk satu sama lain. Untuk mengakses tempat ini, pengunjung akan membayar tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp 5.000 per orangnya.

16. Coban Pelangi

Wisata air terjun yang berikutnya adalah Coban Pelangi. Sesuai dengan namanya, air terjun ini terkenal karena pelanginya yang kerap kali muncul di dasar air terjun, sehingga air terjun ini diberi nama Coban Pelangi. Tempat yang berada di ketinggian 1.300 Mdpl, air terjun ini juga memiliki ketinggian yang tidak tanggung-tanggung, yaitu mencapai 110 meter bahkan ketika pagi hari, kawasan air terjun ini mempunyai suhu 13–19 derajat celcius. untuk masuk, hanya memerlukan tiket Rp 5.000.

17. Jatim Park 1       

Selain tempat wisata di Malang yang menawarkan panorama pantai juga air terjun, terdapat juga taman hiburan yang cocok untuk liburan keluarga. Jatim Park 1 merupakan tempat wisata di Malang yang memiliki taman hiburan dengan daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa. Kolam renang ini berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur. Tiket Jatim Park 1 dipatok Rp100.000 yang berlaku di hari libur sekolah, libur nasional serta akhir pekan. Akan tetapi ketika hari biasa, ada diskon 30 persen menjadi Rp70.000 saja.

18. Jatim Park 2

Selain Jatim 1, ada juga Jatim park 2 yang bernaung di bawah perusahaan yang sama. Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, juga Museum Satwa yang memajang koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa. Berbeda dengan Jatim park 1, harga tiket masuk Jatim Park 2 dipatok Rp120.000 di hari libur nasional, hari libur sekolah, dan akhir pekan dan hari biasa, harga tiket dipatok Rp84.000.

19. Jatim Park 3

Tidak seperti Jatim Park 1 dan 2, Jatim Park 3 menawarkan jam operasional yang cukup fleksibel hingga malam hari. Hal ini dikarenakan sebagian besar area jatim Park 3 seperti Taman Dino, memang berada di gedung indoor.

Bahkan, saat ini terdapat promo Happy Hour jika Anda datang di malam hari. Di atas jam 6 sore, tiket masuk mendapat harga promo hanya Rp45.000 hingga Rp60.000. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.