Sukses

Kisah Bang Udin Tukang Bubur Sarinah, Peraih Medali Emas ASEAN Para Games 2022

Bang Udin mengandalkan satu tangan dan gigi di ajang panahan.

Liputan6.com, Jakarta Gelaran ASEAN Para Games selalu dinanti penyuka olahraga. Keunikan olimpiade yang diikuti kontingen dari negara Asia Tenggara ini tak lain pesertanya yang punya keterbatasan fisik. Perjuangan atlet paralimpik terlihat jelas hingga membawakan medali kemenangan.

Seperti kisah atlet Indonesia yang sukses menjuarai ASEAN Para Games 2022 cabang olahraga Para Archery bernama Khoiruddin. Pria yang lebih akrab disapa Bang Udin ini sukses meraih medali emas. Tak heran beberapa orang mungkin sudah akrab dengan sosok Bang Udin. 

Siapa sangka, lewat cuitan pengguna Twitter @ciscabecker, terkuak Bang Udin sebelumnya merupakan seorang penjual bubur ayam. Hanya punya satu tangan, Bang Udin sepenuhnya menggunakan tangan kiri dan gigi untuk menarik string panah. Keterbatasannya bukan jadi penghalang mantan tukang bubur Sarinah ini untuk menyabet gelar juara. 

"Dulu waktu kerja di Sarinah, tiap pagi makan bubur ayam Bang Udin, enak bgt. Suatu hari Bang Udin kecelakaan & kehilangan 1 tangan, tapi Bang Udin tetap ceria & semangat," kisah Cisca Becker dalam akun Twitter pribadinya. 

Sukses meraih medali emas di ajang 11th ASEAN Para Games di Solo, Bang Udin banjir ucapan selamat. Kisahnya cukup membuat bangga masyarakat Indonesia. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mangkal Jualan di Sarinah

Diketahui Bang Udin dulunya merupakan penjual bubur ayam yang mangkal di depan toko buah "Total" di Sarinah. Tak sedikit para pekerja kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu mengenal Khoiruddin sebagai pedagang yang amat ramah. Bahkan Bang Udin punya banyak langganan terlebih mereka yang mencari sarapan di pagi hari.

“Dulu seriing bgtt beli sarapan bubur disini (soalnya klo yg depan salero selalu penuh). Bang Udin orangnya friendly bgt sih terus ngasih topping gak pelit dan kalo lg gak ada kembalian, disuruh bayar nanti aja klo udh ada uang pas,” ungkap pengguna Twitter @buahvitaa berbagi kisah Bang Udin. 

Khoiruddin kehilangan satu tangan akibat kecelakaan yang membuatnya harus memutar otak. Kini ia menggeluti olahraga memanah yang mengantarkannya pada kemenangannya meraih medali emas di cabor panahan ASEAN Para Games 2022.

3 dari 4 halaman

Dikenal Gigih Penuh Semangat

Sebagai penyandang disabilitas, Bang Udin masih punya sifat gigihnya. Bang Udin bahkan sudah punya penerus jualan bubur ayamnya agar bisa memutar roda perekonomian. 

“Sejak gak di Sarinah, gak ketemu lg, tapi katanya udah gak jualan langsung, gerobaknya ada yg ngurusin,” ungkap pengguna Twitter @ciscabecker.

Belakangan Bang Udin memang tengah menggeluti dunia panahan. Ia kerap berlatih menyongsong ajang dua tahunan ASEAN Para Games ini. 

4 dari 4 halaman

Andalkan Satu Tangan dan Gigi

Menyaksikan video Bang Udin berlaga, tak sedikit masyarakat Tanah Air dibuat haru. Bang Udin yang hanya mempunyai satu tangan dengan gigih mengerahkan seluruh kemampuannya. Tangan kirinya memegang bilah panah yang juga jadi tumpuan. Sedangkan untuk membidik, ia mengandalkan gigi sembari menggigit anak panah. 

Tak heran, anak panah sangat cepat melesat menuju bidang bidikan. Usai bertanding beberapa set, Bang Udin akhirnya sukses membawakan medali kemenangan mengalahkan Myanmar, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Filipina. 

Dalam ajang ASEAN Para Games 2022 ini, Bang Udin sukses mengalahkan lawannya dalam pertandingan melawan Thailand. Kala itu ia berpasangan dengan Setiawan dan meraih skor poin set 6-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.