Sukses

20 Tempat Wisata di Jepang Hidden Gem yang Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jepang sangat banyak dan beragam jenisnya, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, religi hingga sejarah bisa ditemui di Jepang. Terkenal dengan kemajuan teknologinya, wisatawan dapat menikmati sensasi liburan yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Walau terkenal dengan pesatnya modernisasi, tempat wisata di Jepang tetap bisa mempertahankan nilai budaya dan keindahan alamnya sejak jaman dulu hingga sekarang. Bahkan terdapat banyak destinasi wisata yang menggabungkan budaya asli jepang dengan perkembangan teknologi.

Tempat wisata di Jepang juga tersebar di berbagai daerahnya mulai dari Tokyo, Kyoto, Osaka, Hokkaido dan masih banyak lagi. Terdapat banyak tempat wisata berupa gunung, taman, pantai, taman bermain dan pusat kuliner yang bisa di kunjungi wisatawan.

Menjadi salah satu negara dengan kunjungan wisatawan terbanyak setiap tahunnya, berikut ini Informasi yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber mengenai rekomendasi tempat wisata di Jepang yang masih jarang diketahui dan wajib dikunjungi. Kamis (4/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Jepang Hidden Gem

1. Danau Mashū [Hokkaido] 

Tempat wisata di Jepang yang pertama adalah danau Mashu. Danau Mashu memiliki air paling jernih di Jepang dan menduduki peringkat kedua di dunia. Area di sekitar danau sering diselimuti kabut tebal yang memberikan suasana misterius dengan keindahan alam yang alami. Danau Mashu cocok dikunjungi saat musim dingin. Karena pemandangannya yang kontras antara biru air danau dan putihnya salju menciptakan pemandangan yang indah.

 

2. Kebun Raya Universitas Hokkaido [Hokkaido]

Kebun Raya Universitas Hokkaido, milik Universitas Hokkaido menampung sekitar 4 ribu varietas tanaman yang berbeda. Sepintas, tempat ini memiliki banyak kelebihan. Tidak hanya berfungsi sebagai fasilitas penelitian, tetapi juga terbuka untuk umum dan juga pernah memperoleh 3 bintang Michelin dari “Film Pendek Folkloristik”. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk pecinta tanaman.

 

3. Festival Salju Sapporo [Hokkaido]

Perayaan paling terkenal di Jepang adalah festival salju Sapporo. Perayaan ini untuk merayakan salju dan air. Festival boneka salju Sapporo ini dikunjungi setiap tahun oleh lebih dari 2 juta wisatawan. Kota ini dipenuhi dengan berbagai patung salju. Saat malam tiba, mereka menyala dan menciptakan suasana festival yang semarak.

 

4. Taman Nasional Shiretoko [Hokkaido]

Taman Nasional Shiretoko merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO yang terdaftar dengan banyaknya  hutan purba yang terjaga hingga saat ini. Hutan purba ini telah menjadi situs warisan alam yang berharga. Banyak jenis hewan menghuni di sana melalui ekosistemnya yang unik. Tur jelajah dan sejenisnya biasanya diatur oleh pengelola untuk wisatawan yang berkunjung.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Jepang Hidden Gem

5.  Gunung Hakodate [Hokkaido]

Gunung Hakodate terkenal karena memiliki salah satu pemandangan malam paling spektakuler di dunia. Pemandangan dengan kereta gantung dalam perjalanan ke puncak adalah salah satu yang paling menarik wisatawan. Pemandangan malam dari puncaknya sendiri memiliki keindahan yang tidak kalah indahnya dan memberi pengalaman tersendiri. Meski terkenal dengan pemandangan malam yang indah, pemandangan di siang hari juga tak kalah populernya.

 

6. Gedung Kaca Forum Internasional Tokyo [Tokyo]

Tempat wisata di Jepang yang berikutnya adalah Gedung kaca Tokyo International Forum yang terbuka untuk umum. Dirancang dalam sebuah kontes oleh arsitek Rafael Vinoly. Fasad kaca yang ditata dalam gambar kapal, memiliki keindahan yang menarik perhatian para wisatawan dan menjadikannya salah satu destinasi wisata.

 

7. Zenkoji [Prefektur Nagano]

Selama ratusan tahun, Zenkoji tetap menjadi kuil yang populer sejak dulu. Dikatakan telah didirikan sejak tahun 644. Objek utama pemujaan di kuil ini adalah Ikko-sanzon Amida Nyorai (Amitabha Tathagata) yaitu seorang Buddha rahasia yang disembunyikan dari pandangan dan hanya dapat dilihat setiap 7 tahun sekali.

 

8. Kastil Matsumoto [Prefektur Nagano]

Ditetapkan sebagai salah satu harta nasional, Kastil Matsumoto adalah kastil tertua di Jepang dengan penjagaan kastil yang ketat. Dahulu karena adanya masalah ekonomi, kastil menghadapi krisis pembongkaran berkali-kali. Namun, karena penduduk kota yang berjuang untuk melindunginya, kastil ini akhirnya mampu mempertahankan penampilannya yang indah.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Jepang Hidden Gem

9. Museum Seni Hida Takayama [Prefektur Gifu]

Museum Seni Hida Takayama adalah museum seni yang khusus untuk seni kaca. Terdapat lebih dari 1000 buah seni kaca disini. Selain itu di tempat ini juga sering diadakan acara-acara hiburan seperti konser yang akan makin menarik dilihat dengan hiasan seni kaca yang indah di sekitarnya.

 

10.  Museum Seni Tokugawa [Prefektur Aichi]

Museum Seni Tokugawa menampilkan koleksi artikel yang dikumpulkan dari Klan Tokugawa yang mendirikan Keshogunan Edo. Diantara barang yang dipamerkan juga terdapat gulungan gambar "The Tale of Genji" yang mendapat 3 bintang Michelin. Dengan semua barang dengan nilai sejarah yang sangat tinggi, pengunjung juga  akan dapat belajar tentang periode Heian Jepang.

 

11. Kuil Ise [Prefektur Mie]

Kuil Ise, yang telah lama dianggap sebagai dewa penjaga Jepang, adalah kuil yang dikunjungi tanpa henti oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Ini terkenal sebagai tempat yang terdapat "titik kekuatan" dan dipercaya dapat menjaga seluruh penduduk di Jepang.

 

12. Museum Miho [Prefektur Shiga]

Museum Miho adalah museum yang terletak di dalam pegunungan di prefektur Shiga. Di museum ini terdapat lebih dari 2000 artefak dari seluruh dunia dan pengunjung dapat melihat karya-karya menakjubkan ini bersama-sama. Museum ini dirancang oleh arsitek terkenal dunia IM Pei sehingga selain koleksinya pengunjung juga akan terpukau dengan keindahan eksteriornya.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Jepang Hidden Gem

13. Sanjusangen-do [Kyoto]

Sanjusangen-do adalah kuil Buddha yang didirikan sekitar 900 tahun yang lalu. Ada 1001 patung Buddha yang diabadikan di kuil yang memiliki ukuran yang beraga. Atraksi menarik lainnya disini adalah kontes memanah "Toshiya" yang  berlangsung di bawah atap kuil, di mana seseorang harus mengenai target mereka dari jarak 120 meter.

 

14. Nanzenji [Kyoto] 

Di antara semua kuil Zen Jepang, Nanzenji memegang status tertinggi dan didirikan sekitar 700 tahun yang lalu. Disini terdapat banyak atraksi seperti, "ruang kepala biara" yang memegang 3 bintang Michelin. Pengunjung juga akan dibuat kagum dengan berbagai lukisan dinding yang dilukis di dalam ruangan yang indah.

 

15. Daitokuji [Kyoto]

Daitokuji adalah kuil yang memiliki banyak harta nasional dan artefak budaya penting didalamnya. Disini pengunjung juga bisa merasakan wisata budaya berupa upacara minum teh serta mencoba menanam di tamannya yang terkenal dengan keindahannya. Anda juga dapat mengalami meditasi zen secara langsung, yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin memperkuat fokus pikiran mereka.

 

16. Teluk Kabira [Prefektur Okinawa]

Tempat wisata di Jepang berikutnya adalah teluk Kabira. Teluk Kabira adalah salah satu dari banyak tempat wisata populer di Okinawa. Transparansi dan keindahan air akan mencuri hati para pengunjungnya, Karena airnya yang sangat jernih, wisatawan akan bisa melihat karang dan ikan dari dekat.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Jepang Hidden Gem

17. Pemandian Air Panas Hyotan [Prefektur Oita]

Di pemandian air panas Hyotan, wisatawan dapat menikmati 10 jenis pemandian air panas yang berbeda. Didirikan pada tahun 1922, pengunjung dapat merasakan sejarah dan budaya yang terlihat dari bangunan pemandian yang bertema retro. Terdapat juga pemandian pasir yang popular, dimana pengunjung akan ditutupi dengan pasir hangat.

 

18. Museum Nasional Kyuushuu [Prefektur Fukuoka]

Museum Nasional Kyushu adalah bangunan yang berfokus pada sejarah dan memiliki banyak aset budaya berharga yang membantu kita mengetahui tentang asal usul budaya Jepang. Di ruang pameran interaktif “Ajippa”, pengunjung dapat mengalami sendiri tidak hanya budaya Jepang, tetapi juga budaya inti dari berbagai negara Asia lainnya.

 

19. Taman Ritsurin [Prefektur Kagawa]

Taman Ritsurin merupakan taman tradisional Jepang yang terbentang seluas 750.000 meter persegi di Ritsurin Park. Taman ini diselesaikan selama 100 tahun oleh penguasa feodal selama periode Edo. Bunga sakura di musim semi dan daun maple saat musim gugur sangat popular disini. Khususnya, pada malam hari dimana lampu bunga sakura dan daun maple menyala, menciptakan suasana magis dan indah yang meninggalkan kesan mendalam bagi semua orang.

 

20. Kuil Itsukushima [Prefektur Hiroshima]

Kuil Itsukushima adalah kuil unik yang terletak di permukaan laut. Tubuh kuil dicat dengan warna merah terang dan dengan warna lanskap, ini adalah salah satu kuil dengan pemandangan terbaik di Jepang. Kuil ini juga merupakan situs Warisan Dunia UNESCO. Kuil shinto yang mengapung di laut ini menjadi salah satu tempat wisata di Jepang yang lain daripada kuil lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.