Sukses

5 Manfaat Kincir Angin Bagi Kehidupan, Sumber Energi Alternatif

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kincir angin talah ditemukan dan diketahui sejak lama. Tenaga angin sendiri telah digunakan sejak dahulu kala untuk membantu kehidupan manusia. Salah satu contoh yang paling umum adalah penggunaan tenagan angin untuk menggerakkan kapal-kapal melintasi lautan dan samudra yang luas.

Kincir angin adalah sebuah alat yang dibuat untuk mengubah energi angin menjadi energi mekanik. Manfaat kincir angin didapatkan dengan memanfaatkan energi mekanik yang dihasilkan oleh kincir angin tersebut untuk membantu berbagai aktivitas kebutuhan manusia, khususnya untuk membantu berbagai pekerjaan berat yang membutuhkan banyak tenaga. Dengan demikian, manfaat kincir angin ini bisa membantu manusia untuk mempermudah dan memperingan pekerjaan yang dibutuhkan.

Beberapa waktu belakangan ini, pamor kincir angin sedang naik kembali. Beriringan dengan naiknya isu pemanasan global, berbagai negara berlomba-lomba untuk mencari sumber energi alternatif guna menghentikan pemanasan global. Mereka melihat kincir angin dapat digunakan sebagai salah satu alat alternatif untuk menghasilkan listrik yang bebas dari emisi CO2. Akan tetapi, sebenarnya masih ada banyak manfaat kincir angin yang lainnya bagi kehidupan manusia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kincir angin untuk kehidupan manusia yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (4/8/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Kincir Angin, Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

1. Pembangkit Listrik

Manfaat kincir angin bagi kehidupan manusia yang pertama ialah sebagai pembangkit listrik alternatif yang ramah lingkungan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat ini kita sedang menghadapi krisis pemanasan global. Pemanasan global harus segera dihentikan karena bisa berbahaya bagi keberlangsungan hidup manusia.

Salah satu faktor penyebab pemanasan global yang utama ialah produksi gas CO2 yang dihasilkan oleh berbagai alat seperti kendaraan bermotor. Di samping itu, gas CO2 juga banyak dihasilkan oleh pembangkit listrik. Berbagai jenis pembangkit listrik seperti pembangkit listrik bertenaga batu bara dan gas menghasilkan emisi CO2 yang tinggi yang menyebabkan pemanasan global semakin parah. Celakanya, pembangkit listri jenis tersebut cukup banyak digunakan oleh berbagai negara untuk menghasilkan listrik yang mereka butuhkan.

Listrik sendiri adalah salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari manusia. Oleh sebab itu, kita harus mencari sumber energi alternatif yang digunakan untuk memproduksi listrik yang ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi CO2. Jaabannya adalah panel surya dan tentu saja kincir angin.

Kincir angin dapat digunakan untuk memproduksi listrik. Energi angin yang memutar kincir akan diteruskan untuk memutar baling-baling pada generator di bagian belakang kincir angin yang akan mengubah energi kinetik tersebut untuk menghasilkan energi listrik. Kincir angin sendiri adalah salah satu pembangkit listrik alternatif yang ramah lingkungan dan efektif. Tidak heran banyak negara termasuk Indonesia berlomba-lomba membuat Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) sebagai sumber energi alternatif mereka.

2. Membantu Proses Pemotongan Kayu

Kincir angin juga dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk membantu proses pemotongan kayu dalam industri. Proses untuk mendapatkan manfaat kincir angin guna membantu pemotongan kayu juga hampir mirip seperti pada pembangkit listrik.

Untuk mengaktifkan gergaji yang digunakan untuk memotong kayu membutuhkan energi yang besar. Energi listrik yang dihasilkan oleh kincir angin dapat digunakan untuk menghidupkan dan mengaktifkan gergaji dalam proses pemotongan dan pengolahan kayu. Dengan demikian, mereka tidak perlu lagi menggunakan bahan bakar fosil untuk menghidupkan gergajinya, membuat emisi CO2 semakin rendah dan semakin ramah lingkungan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kincir Angin untuk Pertanian

3. Membantu Irigasi

Ada banyak manfaat kincir angin untuk industri pertanian. Salah satu manfaat kincir angin untuk pertanian ialah membantu sistem irigasi. Sistem irigasi adalah salah satu faktor penting dalam industri pertanian dan perkebunan. Tanpa sistem irigasi dan pengairan yang baik, maka tumbuhan yang ditanam tidak bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan hasil panen yang baik.

Meskipun memiliki cara kerja yang berbeda dengan kincir air, kincir angin juga memberikan manfaat yang besar untuk membantu irigasi. Energi kinetik yang dihasilkan oleh kincir angin bisa digunakan untuk membantu mengalihkan aliran air dari satu saluran irigasi ke saluran irigasi yang lainnya dengan efektif, membuat sistem irigasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, kincir angin juga bisa digunakan untuk membantu menimba air dari sumur dan yang lainnya.

4. Membantu Proses Pengeringan Hasil Panen

Kincir angin adalah salah satu alat yang memberikan banyak manfaat untuk industri pertanian. Selaiin bisa digunakan untuk membantu sistem irigasi, kincir angin juga bisa digunakan oleh para petani untuk membantu mereka mengeringkan hasil panen yang mereka peroleh dari lahannya.

Cara untuk menggunakan kincir angin untuk mengerinkan hasil panen juga cukup simpel dan mudah. Para petani hanya perlu mengikat hasil panennya pada bilah kincir angin. Sesudah itu, mereka cukup membiarkan kicir angin berputar karena hembusan angin. Proses pengeringan ini dapat membantu para petani untuk mengeluarkan air yang terkandung di dalam hasil panen milik mereka. Dengan demikian, manfaat kincir angin bisa digunakan supaya proses pengeringan hasil panen petani bisa berjalan lebih cepat, mudah, dan efektif.

5. Membantu Proses Penggilingan Padi

Manfaat kincir angin bagi dunia pertanian dan perkebunan tidak hanya berhenti di irigasi dan proses pengeringan hasil panen saja. Masih ada manfaat kincir angin lainnya bagi industri yang sangat penting ini.

Kincir angin juga bisa digunakan untuk membantu proses penggilingan padi. Cara kerjanya juga hampir sama dengan cara kerja pembangkit listrik tenaga angin ataupun pada proses pemotongan kayu. Energi kinetik yang dihasilkan dari putaran kincir angin akan digunakan untuk memutar generator dan menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini kemudian akan digunakan untuk menjalankan mesin penggiling padi. Dengan menggunakan bantuan kincir angin, maka proses tersebut akan menjadi ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi CO2 yang dapat memperparah pemanasan global.