Sukses

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas, Kreatif Juga Menghemat Pengeluaran

Berkreasi dengan kardus bekas, dapat mengehemat pengeluaran

Liputan6.com, Jakarta Ketika kardus bekas di rumah yang sudah tidak terpakai, maka kamu bisa membuatnya jadi berbagai macam kerajinan tangan yang unik serta memiliki nilai seni tersendiri. Salah satu kerajinan dari kardus yang paling mudah dan sederhana untuk dicoba adalah dengan membuat bingkai foto. Cara membuat bingkai foto dari kardus bisa kamu lakukan, dengan memanfaatkan kardus bekas yang tidak terpakai. 

Tak hanya bisa dijadikan pajangan untuk mempercantik tampilan foto keluarga cara membuat bingkai foto  dari kardus juga bisa dijadikan sebagai kado spesial dan oleh-oleh untuk orang-orang tersayang. Selain itu, manfaat baik dari membuat bingkai foto menggunakan kardus bekas, maka kamu berkontribusi dalam  mengolah sampah atau barang-barang bekas yang tidak terpakai.

Cara membuat bingkai foto dari kardus bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menghemat biaya pengeluaran. Kalau kamu pikir membuat bingkai foto akan menyulitkan, mungkin kamu salah. Karena masih banyak cara yang mudah untuk jadi lebih kreatif.

Berikut ini cara membuat bingkai foto dari kardus yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alat dan Bahan Membuat Bingkai Foto

Sebelum mencoba membuat bingkai foto dari kardus, maka yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah bahan-bahan yang akan digunakan:

- Kardus bekas, pilih kardus tebal yang kokoh dan kuat.

- Pisau pemotong dan gunting 

- Pensil dan penggaris

- LemKertas warna-warni

- Kertas putih atau hitam

- Kertas kado berbagai motif

- Serta hiasan apapun yang kamu miliki. 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

1. Memotong Kardus

- Cara membuat bingkai foto dari kardus yang dilakukan pertama kali adalah, dengan memotong kardus terlebih dahulu. 

- Untuk membuat bingkai foto, maka kamu memerlukan dua bagian kardus untuk sisi depan juga sisi belakang. Langkah selanjutnya  memotong lembar karton lebih besar dari foto yang akan dibingkai. Contohnya, jika kamu memiliki foto dengan ukuran 12 x 8 cm, maka ukuran kardus yang dibutuhkan bisa berkisar 14 x 8 cm.

- Setelah kedua bagian kardus sudah terpotong rapih, maka langkah berikutnya adalah memotong bagian tengah salah satu kardus, lalu lubang ini yang nantinya menjadi tempat fotomu ditampilkan. 

- Untuk ukuran lubangnya, kamu bisa menyesuaikan dengan ukuran foto yang akan kamu bingkai. Misalnya jika fotomu berukuran 12 x 8 cm maka kamu harus melubangi bagian tengah kardus ini sesuai dengan ukuran yang diperlukan. 

- Langkah selanjutnya  mulai membuat garis 2 cm dari tiap sisi kardus untuk membentuk lubang persegi panjang yang tepat. 

2. Memotong Bagian Tengah Kardus

- Cara membuat bingkai foto dari kardus selanjutnya dengan memotong bagian tengah, menggunakan penggaris dan pisau cutter agar garis potongan lebih rapi.

- Potong dengan hati-hati agar tidak merobek kardus.Setelah bagian depan selesai, kamu bisa membuat inner liner atau garis dalam bingkai.

- Inner liner ini sangat berguna untuk memperindah tampilan sekaligus memberi kesan rapi pada bingkai. Inner liner ini sebenarnya hanya opsional, kamu bisa membuatnya atau tidak dibuat.

- Untuk membuat inner liner, potong kertas putih atau hitam dengan ukuran yang sama seperti bingkai foto, pada contoh kali ini menggunakan ukuran 14 x 8 cm.

- Selanjutnya buat lubang yang lebih kecil dari ukuran foto yang akan dibingkai.  

 

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

3. Menghias Bingkai

- Setelah selesai membuat kerangka bingkai, maka cara membuat bingkai foto dari kardus selanjutnya adalah menghias bingkai sesuai kreativitas dan keinginanmu.

- Kamu juga bisa menghias bagian pinggir bingkai dengan hiasan yang akan kamu siapkan.

- Hiasan juga berupa benda yang sudah tidak terpakai atau barang sisa yang kamu miliki. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan kain perca untuk melapisi bingkai.

- Selain kain juga bisa memanfaatkan kertas bekas, misalnya kertas lipat, kertas kado, atau bahkan kertas koran. Kamu juga bisa menempelkan manik-manik atau bunga kering di bingkai sebagai hiasan. 

- Kamu bisa memanfaatkan lem glitter atau pita-pita yang kamu miliki.Untuk menempelkan semua ini gunakan jenis lem yang kuat seperti lem tembak atau lem putih agar hiasan dapat menempel sempurna pada bingkai.

4. Buat Bagian Belakang Bingkai

- Setelah semua bagian depan bingkai selesai, maka dapat beralih ke bagian belakang bingkai.

- Susun bagian depan bingkai dan inner liner yang telah dibuat tadi, lalu rekatkan keduanya dengan lem. 

- Tempelkan bagian belakang bingkai yang sudah disiapkan, dan rekatkan tiap ujung sisinya. Tetapi biarkan salah satu ujungnya terbuka untuk menggeser masuk dan keluar foto. 

- Setelah melekat, masukkan foto yang dibingkai melalui sisi yang tidak di lem tadi. Kamu bisa mengeluarkan dan mengganti foto sesukamu di kemudian hari.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

5. Buat Penyangga atau Gantungan Bingkai

- Cara membuat bingkai foto dari kardus ini, merupakan langkah terakhir di mana kamu perlu membuat penyangga atau gantung bingkai.

- Setelah bingkai dan foto menyatu, kamu perlu menambahkan penyangga agar bingkai dapat berdiri.

- Untuk penyangga, pilihlah kardus yang tebal, lalu potong menyerupai bentuk dasi seperti penyangga bingkai pada umumnya.

- Tempelkan pada bagian tengah belakang bingkai, dan untuk bingkai yang digantung, kamu bisa menempelkan tali pada kedua sisi atas bingkai dengan bantuan lem tembak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.