Sukses

Pertamax adalah Bahan Bakar Minyak, Kenali Perbedaannya dengan Pertalite

Liputan6.com, Jakarta Pertamax adalah salah satu Bahan Bakar Minyak (BBM) produksi Pertamina. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan BBM jenis ini. Kamu mungkin juga mengenal Bahan Bakar Minyak lainnya seperti Pertalite, Pertamax Turbo, hingga Pertamina Dex.

Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan kebutuhan utama bagi pengendara motor maupun mobil. Apalagi, hal ini bisa memengaruhi performa dan ketahanan kendaraan bermotor kamu. Mengenali bahan bakar yang paling cocok untuk kendaraan tentunya sangan penting bagi setiap pengendara.

Pertamax adalah Bahan Bakar Minyak sehari-hari yang memberikan performa dan perlindungan terbaik untuk mesin. Kamu perlu mengenali perbedaannya dengan Pertalite, sebagai dua jenis BBM yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022) tentang Pertamax adalah.

2 dari 4 halaman

Pertamax adalah

Pertamax adalah Bahan Bakar Minyak (BBM) yang angka oktannya tinggi. Melansir laman mypertamina.id, pertamax adalah bahan bakar minyak produksi Pertamina yang memiliki angka oktan minimal 92. Dengan angka oktan yang tinggi ini, pembakaran menjadi lebih sempurna dan tidak meninggalkan residu.

Tidak heran Pertamax adalah BBM yang sangat direkomendasikan untuk kendaraan sehari-hari saat ini. Selain menghasilkan pembakaran yang sempurna, Pertamax adalah BBM yang juga memiliki kelebihan lainnya berkat formula PERTATEC (Pertamina Technology), formula zat aditif yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga mesin jadi lebih awet, menjaga mesin dari karat, serta pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.

Pertamax adalah BBM yang direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1, atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Pertamax adalah bahan bakar yang diklaim dapat membersihkan bagian dalam mesin, dilengkapi dengan pelindung anti karat pada dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin, serta mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna.

Pertamax Turbo

Selain Pertamax, kamu mungkin juga mengenal Pertamax Turbo sebagai salah satu jenis Bahan Bakar Minyak. Pertamax Turbo adalah BBM  yang memiliki RON 98 dan kandungan sulfur dibawah 50 ppm memenuhi standar EURO 4. BBM ini juga dilengkapi dengan formula PERTATEC (Pertamina Technology) dan Ignition Boost Formula. Sebuah formula yang dirancang untuk menjaga mesin dari karat, membuat mesin lebih tahan lama, pemakaian bahan bakar yang lebih efisien, juga meningkatkan akselerasi kendaraan.

3 dari 4 halaman

Kelebihan Pertamax

Setelah mengenali apa itu Pertamax, kamu tentunya juga perlu memahami kelebiha Pertamax ini. Melansir mypertamina.id, kelebihan Pertamax adalah sebagai berikut:

- Pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.

- Dengan Pertatec Technology, Pertamax dirancang khusus untuk melindungi mesin

- Menjaga mesin tetap bersih dari penumpukan karbon yang mengganggu kinerja mesin kendaraan

4 dari 4 halaman

Perbedaan Pertamax dengan Pertalite

Perbedaan Pertalite dan Pertamax adalah sebagai berikut:

Nilai Oktan

Pertama-tama, perbedaan Pertalite dan Pertamax adalah nilai oktan. Dari sisi oktan, Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) 90 dan Pertamax 92. Hal ini menunjukkan besar tekanan yang bisa diberikan sebelum pembakaran bensin secara spontan. Semakin tinggi nilai oktan suatu bahan bakar, maka BBM akan lebih lama untuk terbakar.

Biasanya, setiap perusahaan yang memproduksi kendaraan mengeluarkan nilai minimum RON untuk setiap kendaraannya. Kendaraan yang memiliki kompresi tinggi lebih cocok menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Jadi, kamu tinggal mencocokkan bahan bakar mana yang paling tepat untuk kendaraan yang kamu gunakan.

Kompresi Mesin

Kompresi mesin juga bisa dijadikan patokan perbedaan Pertalite dan Pertamax. Pertamax adalah BBM yang dibuat untuk mesin dengan kompresi di atas 10:1 sampai 10,9:1. Sementara itu, Pertalite ditujukan untuk kompresi di bawah Pertamax, yaitu 9:1 hingga 10:1. Walaupun begitu, Pertamax memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan Pertalite. Mengandung zat aditif seperti pembersih, anti karat, dan zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air atau demulsifier.

Warna Cairan

Perbedaan Pertalite dan Pertamax juga terdapat pada warna cairan masing-masing bahan bakar tersebut. Biasanya Pertalite berwarna hijau, Pertamax berwarna biru, serta Pertamax Turbo berwarna merah. Tak hanya sebagai penanda, warna tersebut juga berpengaruh pada kinerja mesin, karena bahan bakar tanpa bahan pewarna dapat menghasilkan pembakaran lebih sempurna.

Tingkat Polusi

Setiap bahan bakar memiliki tingkat polusi yang berbeda berdasar kualitas dari bahan bakar tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik kendaraan juga memperhatikan hal ini untuk menjaga lingkungan lebih sehat. Perbedaan Pertalite dan Pertamax adalah suatu hal yang bisa dilihat dari tingkat polusi ini. Semakin tinggi nilai oktan dari BBM maka polusi yang dihasilkan semakin kecil.

Harga

Perbedaan Pertalite dan Pertamax selanjutnya juga bisa kamu lihat dari harganya. Tentunya banyak juga orang yang mempertimbangkan harga dari BBM untuk menyesuaikan dengan kemampuan ekonominya. Semakin tinggi nilai oktan suatu BBM, akan semakin tinggi pula harga jualnya. Maka dari itu, harga Pertamax lebih mahal daripada harga Pertalite.