Sukses

8 Tempat Wisata di Jakarta Timur Selain TMII, Cocok untuk Healing Hemat

Liputan6.com, Jakarta Jika berbicara tentang tempat wisata di Jakarta Timur, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII biasanya akan muncul pertama kali di kepala banyak orang. Memang tidak diragukan lagi jika TMII telah menjadi salah satu ikon tempat wisata di Jakarta Timur.

Akan tetapi, tempat wisata di Jakarta Timur sebenarnya banyak. Bahkan Jakarta Timur memiliki banyak alternatif, mulai dari tempat wisata keluarga sampai tempat nongkrong.

Bahkan, bagi anda yang sedang tidak ingin mengeluarkan banyak uang, tempat wisata di Jakarta Timur memiliki banyak alternatif yang bisa Anda kunjungi tanpa perlu khawatir kantong jebol.

Bagi Anda yang berminat menghabiskan akhir pekan bersama teman atau keluarga, berikut adalah sejumlah rekomendasi tempat wisata di Jakarta Timur, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Timur dengan Akses Masuk Gratis

1. Taman Bambu

Rekomendasi tempat wisata di Jakarta Timur adalah Taman Bambu. Taman Bambu terletak di Jalan Rawa Binong, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung. Daya tarik Taman Bambu tidak perlu diragukan lagi, jika dilihat dari banyaknya wisatawan yang datang, baik dari Jakarta maupun luar Jakarta.

Taman Bambu memiliki daya tarik berupa keindahan alamnya yang hijau yang berada di tengah kota. Di Taman Bambu, pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari bersantai, duduk sambil mengobrol, berolahraga, dan sebagainya.

Taman Bambu juga memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung, antara lain seperti area parkir kendaraan yang luas, wahana permainan anak, mushola, serta ada beberapa Gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat.

Taman Bambu merupakan sebuah taman yang dikelola oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati taman ini. Meski begitu, tetap siapkan uang untuk membayar parkir, jika Anda datang dengan membawa kendaraan pribadi.

2. Hutan Kota Cijantung

Hutan Kota Cijantung berlokasi di Jalan RA. Fadillah Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Tempat wisata di Jakarta Timur ini dulunya difungsikan sebagai tempat latihan bagi prajurit Kopassus. Kemudian beralih fungsi berdasarkan surat persetujuan dari pengelola Komplek Kopassus Cijantung tahun 1989.

Hutan Kota Cijantung memiliki daya tarik berupa udaranya yang sejuk, serta pepohonan yang rindang. Selain itu terdapat berbagai macam satwa liar yang bisa ditemukan di tempat wisata di Jakarta Timur ini. Satwa liar yang sering dijumpai di Hutan Kota Cijantung adalah jenis burung seperti Emprit, Prenjak, Bondol, dan Kutilang. Sedangkan jenis-jenis satwa liar lain yang ada antara lain, Kadal, Tikus , dan beberapa jenis serangga meliputi Kupu kuning, Belalang, Kalajengking dan berbagai jenis lainnya.

Di Hutan Kota Cijantung ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai, jalan-jalan, bahkan olahraga jogging. Hutan Kota Cijantung sendiri dibuka untuk umum setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sementara itu, pada hari Sabtu dan Minggu, Hutan Kota Cijantung sudah dibuka sejak pukul 06.00 WIB. Tidak ada tarif atau tiket masuk untuk berjalan-jalan ke area hutan ini.

3. Taman BKT

Taman BKT terletak di Jl. Kolonel Sugiono No.107, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur. Di tempat wisata di Jakarta Timur ini terdapat jalan setapak yang diaspal. Di sekitarnya juga ditanami pepohonan yang membuat tempat ini terasa lebih sejuk.

Maka tidak mengherankan jika setiap sore, tepian BKT ini hampir selalu penuh dengan pengunjung. Ada banyak aneka lapak yang bisa Anda kunjungi, mulai dari lapak pakaian, aksesoris, hingga makanan. Sambil menyantap jajanan, para pengunjung bisa duduk lesehan menghadap ke kanal.

4. Picnic Park

Piknik Park terletak di Jl. Manunggal II, Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur. Tempat wisata di Jakarta Timur ini dilengkapi dengan dua kolam dan parit buatan yang membelah taman. Taman ini juga dilengkapi dengan jogging track, sehingga pengunjung bisa melakukan aktivitas olahraga jogging di tempat ini.

Picnic Park juga menyediakan arena bermain anak, yang terdapat 2 buah perosotan, 2 buah unit wahana kuda-kudaan dan 1 halang rintang. Untuk berkunjung di taman ini, Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk, karena gratis.

3 dari 3 halaman

Wisata Keluarga Hemat di Jakarta Timur

5. Taman Apun Ciracas

Taman Apun Ciracas berada di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur. Taman Apung ini merupakan salah satu "Ruang Terbuka Hijau (RTH)" yang sedang digagas oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tempat wisata di Jakarta Timur yang satu ini suasana yang asri. Taman Apun Ciracas merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun sekadar jalan-jalan sore. Selain itu, pengunjung juga bisa memberi makan ikan-ikan yang ada di kolam Taman Apung Ciracas.

Dengan adanya beberapa fasilitas publik, security dan pemandangan danau kecil di Taman Apung ini nyaman untuk dikunjungi saat pagi atau sore hari. Selain itu, Taman Apung Ciraca juga dibuka untuk umum secara gratis.

6. Taman Kembang Sepatu

Taman Kembang Sepatu merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang layak untuk Anda pertimbangkan. Berlokasi di Jl. Pagelarang, Lubang Buaya, Jakarta Timur⁣, Taman Kembang Sepatu menjadi taman yang ramai pada sore hari.

Taman kembang sepatu dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain taman bermain tangga-tanggaan, perosotan, mainan pasir, jogging track, dll. Di taman kembang sepatu juga sudah tersedia beberapa gazebo untuk beristirahat bagi para pengunjung.

7. Kampung China

Kebudayaan China memang telah menjadi bagian dari sejarah dari Indonesia. Maka tidak ada salahnya untuk menambah wawasan tentang kebudayaan China. Salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa kita kunjungi untuk mempelajari budaya China adalah Kampung China.

Berada di kawasan Cibubur membuat suasana yang menenangkan bisa anda dapatkan ketika berlibur di Kampung Cina Jakarta. Spot foto yang instagramable jelas menjadi daya tarik tempat wisata ini. Lebih dari itu, Kampung China juga memberikan sejumlah fasilitas seperti restoran chinese dan wahana permainan.

Untuk dapat masuk ke Kampung China, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp.15.000/orang.

8. Taman Rekreasi Wiladatika Warna

Wisata Taman Rekreasi Wiladatika Warna merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang berlokasi di Cibubur, Kecamatan Ciracas. Di dalam taman ini terdapat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatnas), olahraga dan gedung pertemuan. Selain itu, di Taman Rekreasi Wiladatika Warna juga terdapat fasilitas outbond, kolam renang, tenis, dan penginapan yang menampung 500 orang.