Sukses

75 Kata-Kata Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya, Tamparan untuk Sadar

Liputan6.com, Jakarta Memahami bahasa Sunda dan artinya tentu sangat penting untuk melestarikan budaya. Apalagi jika mengingat penutur bahasa Sunda sangat banyak.

Memahami bahasa Sunda dan artinya tidak hanya penting bagi orang Sunda saja, tapi juga penting bagi pendatang yang merantau di bumi Pasundan, baik untuk menuntut ilmu maupun bekerja. Sebab, mereka yang merantau di sana akan banyak berinteraksi dengan para penduduk lokal yang kebanyakan merupakan penutur bahasa Sunda.

Memahami bahasa Sunda dan artinya juga penting bagi pendatang terutama untuk menjaga sopan santun. Sebab, bahasa bisa menjadi alat untuk menunjukkan sopan santu. Selain itu bahasa juga bisa menjadi alat menyampaikan pesan-pesan penuh makna.

Pesan-pesan penuh makna bisa hadir dalam berbagai bentuk, baik itu sebagai lelucon, atau sebagai sindiran. Beberapa orang mungkin akan merasa tersinggung lantas marah jika disindir, tanpa tahu maksud dan artinya.

Meski sindiran bisa terasa sangat menyakitkan, namun jika kita bisa memahaminya, ada pesan terselubung yang sengaja untuk menampar kita untuk sadar. Berikut ini adalah kalimat sindiran bahasa Sunda dan artinya yang penuh makna, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

2 dari 5 halaman

Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya yang Halus

1. "Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah."

(Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.)

2. "Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit."

(Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.)

3. "Semoga kamu cepet putus sama kabogoh kamu yang mukanya ledug kaya keresek gehu yang sararoek itu."

(Semoga kamu cepet putus sama pacar kamu yang mukanya belepotan kaya kantong kresek buat tahu isi yang sobek-sobek itu.)

4. "Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan."

(Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri.)

5. "Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan."

(Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.)

6. "Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah."

(Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah.)

7. "Masalah mah tong diperpanjang, da lain STNK."

(Masalah itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK.)

8. "Lur, inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instan ninyuh sarimi weh."

(Sob, ingat hidup itu tidak bisa instan. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

9. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

(Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

10. "Lalaki sajati mah tara ngomongkeun tukangeun atawa ngadukeun batur."

(Lelaki sejati itu nggak pernah ngomongin atau mengadu domba orang.)

11. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

(Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.)

12. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh."

(Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

13. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

(Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

14. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh."

(Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

15. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun."

(Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.)

16. "Lamun ngobrol sing ngareunaheun atuh lah bisi di tamasak ku oli gera."

(Kalau ngobrol yang bagus dong, aku cuci muka kamu pake oli nanti.)

17. "Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna."

(Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung)

18. "Jangan suka ngomongin batur euy lamun maneh nggak bisa ngelakuin sesuatu yang leuwih alus mah."

(Jangan suka ngomongin orang kalau kamu nggak bisa ngelakuin sesuatu yang lebih baik.)

19. "Ai maneh, ngapload foto sakitu lobana tapi beungeutna kitu-kitu keneh. Biar apa?"

(Kamu tuh, nge-upload foto segitu banyaknya tapi mukanya gitu-gitu aja. Biar apa?)

20. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar."

(Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.)

3 dari 5 halaman

Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya Bijak

21. "Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir."

(Terus gue harus gitu, terus gue harus gini. Terus aja terus-terus, emang gue tukang parkir.)

22. "Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro."

(Susah kalo suka sama orang yang gak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, gak di gubris.)

23. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah."

(Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang.)

24. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu."

(Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.)

25. "Bro, ari sia ngomong teh baleg, bisi ditamasan ku coca-cola geura ku aing."

(Bro, kalau kamu ngomong yang bener, nanti mukamu dicuci pakai coca-cola sama saya.)

26. "Urang bageur ayeuna mah langka siga gas 3 Kg."

(Orang baik sekarang langka, seperti gas LPG 3 Kg.)

27. "Jangjina mah meni kareueut kawas peueut ari buktina pait alabatan batrawali."

(Janjinya saja dulu sangat manis, tapi buktinya pahit seperti bratawali.)

28. "Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok."

(Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.)

29. "Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan."

(Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.)

30. "Urang sabar kusabab boga hate. Coba lamun urang boga batu. Geus dibalangkeun batuna kana beungeut sia."

(Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu. Udah ku tabokin batu itu ke mukamu.)

31. "Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar."

(Sahabat adalah dia yang suka meminjamkan uang namun tidak pernah mau dibayar.)

32. "Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet."

(Pacaran sama kamu itu bikin rusak dompet.)

33. "Hareupeun sumuhun dawuh, tukangeun ngomongkeun."

(Kalau di depan iya-iya saja, tapi di belakang suka membicarakan.)

34. "Keur butuh mah lumah lameh, geus jadi mah poho."

(Kalau lagi butuh berperangi baik, kalau sudah tercapai lupa.)

35. "Manuk hiber ku jangjangna jalma hirup ku akalna."

(Gunakan akal dalam melangkah, buat apa Yang Maha Kuasa menciptakan akal kalau tidak digunakan sebagai mestinya.)

36. "Jangan suka ngulinkeun. Da aku teh jelema, lain kaulinan budak."

(Jangan suka mainin. Aku ini manusia, bukan mainan anak-anak.)

37. "Ari gaya jiga nu sumuhun, tapi kana hutang melid."

(Kalo gaya kayak yang sok iya, tapi giliran bayar utang males.)

38. "Kenapa mantan-mantan aing teh masih aja pada hidup, ya? Padahal dulu bilangnya nggak bisa hidup tanpa urang."

(Kenapa mantan-mantanku masih pada hidup, ya? Padahal dulu bilang nggak bisa hidup tanpa aku.)

39. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor."

(Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda)

40. "Teu aya istilah cinta buta, aya ge jalma eta sorangan nu ngabutakeun diri."

(Tidak ada istilah cinta buta, yang ada orang itu sendiri yang membutakan dirinya)

4 dari 5 halaman

Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya untuk Menyadarkan

41. "Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng."

(Nafsu adalah suatu hal yang bersifat sementara yang lebih dulu disukai daripada hal-hal yang abadi)

42. "Kalakuan ngukur baju sasereg awak."

(Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja)

43. "Paradaban sareng elmu sami pentingna pikeun ngudag kahirupan dunya."

(Adab maupun ilmu sama pentingnya untuk mengejar kehidupan dunia)

44. "Asih henteu dumasar kana penampilan alus, kaéndahan raray anjeun, kabeungharan anjeun sareng karya anjeun."

(Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu)

45. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor."

(Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda)

46. "Bobot pangayun timbang taraju."

(Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu)

47. "Tong eureun-eureun usaha sabab usaha tara ngabohongan hasil."(Jangan berhenti berusaha karena usaha tidak akan membohongi hasil.)

48. "Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan."

(Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan)

49. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan."

(Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan)

50. "Hirup itu harus loba seuri, iar keliatannya teh bagja alias senang. Gitu, meskipun mah hate keur notog titajong boleksek."

(Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat senang dan bahagia, meski hati sedang dalam keadaan gundah)

51. "Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana."

(Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya)

52. "Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna oge sorangan nanging anggeur katembong masihan cahyana."

(Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya)

53. "Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh."

(Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih)

54. "Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du'a sarta ditutup ku rasa sukur."

(Hidup haruslah dimulai dengan doa serta diakhiri dengan rasa syukur)

55. "Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh."

(Harus saling mencintai, memberi nasihat, dan mengayomi.)

56. 25. "Mun geus johnamah moal kamana ieuh."

(Kalau sudah jodoh tidak bakal lari ke mana)

57. "Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina."

(Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa)

58. "Jalmi tiasa sukses, margi gaduh seueur cara. Sedengkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seueur teuing alesan."

(Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan.)

59. "Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira."

(Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu)

60. "Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi."

(Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga)

61. "Kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh."

(Kita harus saling mengasihi, mengasah, dan juga saling mengasuh antarsesama manusia)

62. "Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun."

(Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu)

63. "Kudu bageur pikeun diri anjeun, kulawarga, sareng sadaya mahluk sasama anjeun."

(Bersikap baiklah untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup)

64. "Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih."

(Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut)

65. "Se'acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang."

(Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak memmpunyai makanan sama sekali)

5 dari 5 halaman

Sindiran Bahasa Sunda dan Artinya yang Menyentuh Hati

66. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

(Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.)

67. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh."

(Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

68. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

(Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

69. "Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh."

(Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.)

70. "Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun."

(Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.)

71. "Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah."

(Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe gak boleh salah.)

72. "Masalah mah tong diperpanjang, da lain STNK."

(Masalah itu jangan diperpanjang, karena bukan STNK.)

73. "Lur, inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instan ninyuh sarimi weh."

(Sob, ingat hidup itu tidak bisa instan. Kalau mau serba instant seduh mie saja.)

74. "Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor."

(Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.)

75. "Lalaki sajati mah tara ngomongkeun tukangeun atawa ngadukeun batur."

Demikian sejumlah kata-kata sindiran dari bahasa sunda yang bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Semoga penutur bahasa Sunda, baik yang dari suku Sunda maupun bukan, tetap bangga dengan bahasa Sunda.