Sukses

TikTok Affiliate adalah Cara Menambah Cuan dari TikTok

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin lebih mengenal TikTok sebagai media sosial, tempat di mana orang-orang berbagi video singkat. Lebih dari itu TikTok sekarang menjadi media sosial yang sangat menjanjikan dari segi ekonomi.

Dengan kata lain, TikTok sekarang tidak hanya media sosial di mana orang-orang berbagai video saja, melainkan pengguna TikTok bisa mendapatkan manfaat finansial dari bermain media sosial yang berasal dari Tiongkok tersebut.

Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan cuan dari TikTok. Yang pertama adalah TikTok shop, dan yang kedua adalah TikTok Affiliate.

TikTok Shop merupakan fitur yang memungkinkan pengguna TikTok untuk menjual atau membeli produk melalui media sosial tersebut. Jadi, jika ada seseorang yang tertarik dengan suatu produk yang tampil dalam video TikTok, baik penjual atau pembeli tidak perlu lagi membuka aplikasi lain lagi untuk melakukan transaksi. Semuanya bisa dilakukan di TikTok.

Fitur lainnya yang bisa mendatangkan keuntungan secara ekonomi adalah TikTok Affiliate. Apakah itu? Berikut adalah ulasan lengkapnya seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/8/2022).

2 dari 4 halaman

Apa itu TikTok Affiliate?

Secara sederhana, TikTok Affiliate akan memberikan komisi pada kreator yang berhasil memasarkan produk melalui contentnya. Komisi tersebut diberikan berdasarkan angka penjualan.

Setidaknya terdapat 4 pihak yang terlibat dalam Tiktok Affiliate, yaitu:

1. Merchant, yaitu pihak yang menyediakan produk untuk dijual.

2. Affiliate network, pihak yang menjembatani antara merchant dan affiliate marketer. Biasanya, beberapa merchant bekerja sama dengan pihak yang mau mengumpulkan katalog produk mereka untuk selanjutnya diberikan kepada kreator.

3. Affiliate marketer atau kreator, seseorang yang mempromosikan produk merchant melalui video Tiktoknya.

4. Consumer, pengguna yang membeli produk merchant dari kode atau link yang disediakan oleh affiliate marketer.Merchant atau affiliate network akan memberikan kode unik kepada setiap affiliate marketer. Setelah itu, barulah mereka dapat mempromosikan kode tersebut melalui video TikTok-nya.

Umumnya, mereka langsung mencantumkan link produk terkait ke dalam video atau bio profil mereka. Setelah itu, merchant dapat melacak transaksi masing-masing affiliate marketer lalu memberikan komisi yang sesuai.

3 dari 4 halaman

Cara Mendaftar TikTok Affiliate

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftarkan diri sebagai TikTok Affiliate adalah KTP atau Paspor, rekening bank, alamat pengiriman, dan akun TikTok Shop yang aktif.

Untuk dapat membuat akun TikTok Shop masih ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, yaitu memiliki lebih dari 2.000 pengikut, minimal berusia 18 tahun, Posting video di Tiktok setidaknya dalam 28 hari terakhir.

Jika telah memenuhi syarat tersebut, baru bisa membuat akun TikTok Shop dengan cara sebagai berikut:

1. Sign In ke akun TikTok kamu yang aktif

2. Klik “Profil”, lalu temukan menu “Creator Tools”

3. Pilih Tiktok Shop

4. Klik Apply

5. Ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai

4 dari 4 halaman

Cara Daftar Tiktok Affiliate

Langkah berikutnya adalah mendaftar TikTok Affiliate. Sebenarnya ada dua tipe akun TikTok Affiliate. Yang pertama adalah akun seller, dan yang kedua akun kreator.

Aku seller memungkinkan seseorang untuk menjual produknya dan dipasarkan dengan metode afiliasi. Namun jika Anda hanya ingin menjadi affiliate saja, cukup daftar TikTok Affiliate sebagai kreator saja. Caranya sebagai berikut:

1. Log in ke akun TikTok

2. Klik Profil kamu

3. Klik ikon keranjang atau menu Shop

4. Pilih E-commerce Creator Center

5. Pilih menu Commissions

6. Jika ini pertama kalinya kamu menambahkan produk, klik Add Products

7. Lengkapi dan verifikasi informasi nama lengkap

8. Pilih Add Affiliate Products

9. Tunggu permintaan disetujui oleh seller atau merchant

10. Jika sudah disetujui, kamu bisa mulai mempromosikan produk dan menambahkan link produk pada video TikTok yang kamu upload

Keberhasilanmu dalam menambah pundi-pundi cuan dari TikTok Affiliate tentu tergantung dari caramu memasarkan suatu produk. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan target audiens, buat kontek yang menarik, lalu sematkan hashtag yang sedang trending. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan tautan di video dan di bio profil.