Sukses

Cara Cek Samsung Asli atau Tidak, Cek Spesifikasi hingga Nomor IMEI

Liputan6.com, Jakarta Cara cek Samsung asli mungkin menjadi hal yang sangat diperlukan bagi kamu yang berencana membeli smartphone satu ini. Apalagi, sekarang ini ponsel pintar beredar dengan begitu luasnya, sehingga kamu perlu memahami ciri-ciri produk elektronik asli sebelum membelinya.

Smartphone kamu bisa saja memiliki tampilan luar yang sama dengan yang asli, namun hardware yang digunakan berbeda. Hal ini tentunya sangat meresahkan dan membuat kamu sangat berhati-hati dalam membeli ponsel pintar baru.

Cara cek Samsung asli bisa dilakukan dengan mengecek tampilan luar HP, mengecek nomor IMEI, hingga menggunakan aplikasi. Kamu bisa melakukan berbagai langkah tersebut untuk memastikan produk smartphone Samsung yang kamu beli adalah asli.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022) tentang cara cek Samsung asli.

2 dari 4 halaman

Cara Cek Samsung Asli

Lakukan LCD Test

Cara cek Samsung asli yang pertama adalah dengan melakukan LCD test. Cara cek Samsung asli ini cukup mudah, kamu tinggal menekan *#0*# pada layar panggilan di ponsel pintar kamu. Kemudian pada ponsel Samsung kamu pun akan muncul LCD test. Beberapa informasi bisa kamu ketahui dari LCD test ini, seperti layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada ponsel, dan lain sebagainya.

Perhatikan Spesifikasi Ponsel

Selain itu, cara cek Samsung asli juga bisa kamu lakukan dengan melihat spesifikasi yang tertera di ponsel. Bukan hanya dengan melihat pada kotak ponsel saja, tetapi kamu juga perlu melihat langsung pada ponsel mengenai detail spesifikasinya.

Untuk cara cek Samsung asli dari spesifikasinya, kamu hanya perlu mengetik *#*#4636#*#*. Nantinya layar LCD kamu akan menampilkan spesifikasi yang pada handphone kamu. Akan tetapi jika ponsel yang kamu miliki ternyata KW ataupun rekondisi maka spesifikasi ini tidak akan muncul.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek spesifikasi ponsel pintar dengan menggunakan aplikasi CPU-Z dan AIDA 64. Dua aplikasi ini akan membantu menampilkan spesifikasi Hp, mulai dari seri, model, hingga pengaturan lengkap. Sekarang ini kamu juga bisa mengecek spesifikasi di dalam ponsel saat menghidupakannya dengan mudah, karena spesifikasi sudah ada di bagian pengaturan.

3 dari 4 halaman

Cara Cek Samsung Asli

Cek Nomor IMEI

Cara cek Samsung asli berikutnya adalah dengan mengecek kesamaan nomor IMEI yang ada pada box dengan tampilan di layar ponsel. Kamu hanya perlu mengetik *#06# pada tombol telepon. Kemudian layar akan menampilkan kode unik IMEI pada ponsel kamu. Setelah itu, kamu bisa mencocokkan kode IMEI yang ada pada layar dan juga pada box. Jika kode tersebut tidak sama, maka ada kemungkinan bahwa hp kamu tidak asli.

Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI pada ponsel, kamu bisa mengecek info mengenai tipe ponsel dengan mengunjungi situs IMEI.info. Langkah ini tentu saja dilakukan untuk mengetahui apakah ponsel pintar kamu benar-benar asli atau tidak. Kamu hanya pelu mengetikkan nomor IMEI yang sebelumnya tertera pada layar ponsel di kolom nomor IMEI pada website tersebut. Kemudian centang pada tulisan I’m not a robot dan klik check.

Jika website tersebut menampilkan info mengenai ponsel kamu beserta nama brand yaitu Samsung, maka hp yang kamu miliki itu asli. Namun kamu harus bisa memastikan jika model yang tertera pada website tersebut sama seperti model pada hp Samsung kamu.

Cek Kualitas Kamera

Cara cek Samsung asli lainnya yaitu bisa kamu lakukan dengan memperhatikan kualitas kamera. Hp Samsung asli biasanya memiliki kualitas kamera yang tinggi, apalagi jika smartphone yang kamu beli termasuk jenis terbaru. Hasil jepretan kamera Samsung juga memiliki detail yang tajam dan jernih.

Sementara itu, pada hp Samsung palsu, kemungkinan hasil foto yang kamu dapatkan akan lebih buram dan tidak jernih. Selain itu, kamu juga bisa mengecek fitur zoom jauh. Biasanya produk palsu hanya bisa melakukan zoom jauh sebanyak satu atau dua kali saja dan hasilnya juga akan pecah dan beresolusi rendah.

4 dari 4 halaman

Cara Cek Samsung Asli

Menggunakan Samsung Kies

Kamu mungkin masih asing dengan istilah Samsung Kies ini. Namun kamu bisa mengecek keaslian hp Samsung yang kamu miliki di software resmi milik Samsung ini. Cara cek Samsung asli ini tentunya dengan menginstal aplikasi Samsung Kies ini di PC ataupun laptop. Langkah untuk mengecek keaslian hp Samsung yang kamu miliki dengan Samsung Kies ini pun cukup mudah.

Setelah software ini terinstal di PC ataupun laptop, kamu hanya perlu menghubungkan smartphone yang kamu miliki pada PC atau pun laptop dengan kabel data. Kemudian pada layar PC atau laptop nantinya akan menampilkan informasi bahwa ponsel kamu bisa terkoneksi dan terhubung. Itu artinya ponsel yang kamu miliki memang asli.

Akan tetapi bila pada layar tidak ada informasi tersebut ataupun software ini tidak bisa membaca informasi bahwa ponsel sudah terkoneksi, maka smartphone Samsung yang kamu punya saat ini bisa jadi palsu.