Sukses

12 Cara Membuat Es Krim Sendiri Simpel dan Lezat, Cobalah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat es krim sendiri di rumah cukup mudah dan simpel. Es krim adalah salah satu camilan favorit banyak orang. Baik anak-anak maupun orang dewasa menyukai hidangan yang lezat ini. Rasanya yang manis dan creamy membuat banyak orang tergila-gila dengan hidangan ini.

Rasa dingin es krim juga menjadikan makanan ini sebagai salah satu makanan favorit masyarakat untuk menyegarkan badan di hari yang panas. Selain sebagai camilan, kamu juga bisa menghidangkankannya sebagai dessert untuk menyuci mulutmu sehabis makan.

Banyak orang yang menyukai es krim lebih memilih untuk menyantap es krim yang mereka beli di luar, mulai dari warung, supermarket, hingga restoran. Padahal, cara membuat es krim sendiri di rumah juga cukup mudah dan sederhana. Tahap-tahap cara membuat es krim sendiri yang cukup mudah membuatmu bisa mencoba mempraktikkannya di rumah.

Cara membuat es krim sendiri pun juga cukup beragam. Kamu bisa membuatnya menggunakan susu ataupun santan bila kamu tidak suka atau tidak mengonsumsi susu. Selain itu, kamu juga bisa membuat berbagai macam rasa es krim sesuai dengan selera dan rasa favoritmu di rumah.

Berikut ini adalah berbagai cara membuat es krim sendiri yang simpel, mudah, namun tetap enak dan lezat yang bisa kamu coba sendiri di rumah yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Krim Sendiri Sederhana

1. Es Krim Rumahan Sederhana

Bahan:

90 gram susu putih bubuk

80 ml kental manis putih

2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 100 ml air hangat

9 sdm gula pasir

1/2 sdt garam halus

1 sdm SP

500 ml air

Cara membuat es krim sendiri sederhana:

1. Tuanglah air, gula, susu, dan garam ke dalam panci lalu aduklah sampai tercampur rata. Setelah itu, masaklah adonan hingga mendidih menggunakan api kecil sambil terus diaduk perlahan. Setelah mendidih, matikanlah api dan angkat panci dari kompor.

2. Tambahkan larutan maizena ke dalam panci dan aduklah sampai semuanya benar-benar tercampur rata. Diamkanlah adonan sejenak sampai dingin, lalu pindahkan adonan ke dalam wadah tertutup yang bersih dan bekukan adonan di freezer.

3. Setelah adonan telah menjadi beku, keluarkanlah dari freezer dan tuanglah adonan di baskom. Hancurkan adonan di baskom lalu masukkan SP ke dalamnya. Setelah itu, gunakan mixer dengan kecepatan tinggi untuk mengocok adonan hingga adonan tersebut mengembang 3 kali lipat. Setelah itu, tuanglah es krim ke wadah yang baru dan simpan kembali es krim di freezer hingga beku lalu sajikan saat masih dingin.

 

2. Es Krim Oreo

Bahan:

8 keping oreo, hancurkan

250 ml susu cair full cream

100 ml kental manis

120 ml air matang

4 sdm gula pasir

2 sdm tepung maizena

1/2 sdt essence vanila cair

1 sdt emulsifier (pakai SP)

Cara membuat es krim sendiri:

1. Tuanglah susu cair, susu kental manis, dan gula ke dalam panci lalu aduklah hingga semuanya tercampur dengan rata.

2. Larutkanlah tepung maizena dengan air secukupnya lalu tambahkanlah ke dalam panci. Setelah itu, nyalakan api dan aduklah terus adonan secara perlahan supaya semuanya tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Tambahkan essence vanila dan teruslah aduk sampai rata. Matikan api dan angkatlah adonan saat adonan sudah panas.

3. Dinginkan adonan sejenak terlebih dahulu lalu pindahkan ke wadah tertutup. Simpanlah adonan di dalam freezer selama kurang lebih semalaman atau sampai adonan membeku.

4. Hangatkan SP di wadah mangkuk seperti melelehkan cokelat di atas air mendidih. Keluarkanlah adonan dari freezer lalu hancurkan dan blender atau mixer adonan bersama dengan SP yang sudah dicairkan sampai benarpbenar halus dan lembut.

5. Tuanglah adonan ke dalam wadah lalu tambahkan dengan oreo yang sudah di hancurkan. Ratakan adonan lalu tutuplah wadah dan simpan kembali di freezer sampai beku. Es krim siap untuk disajikan.

 

3. Es Krim Cokelat

Bahan:

1 L susu segar

200 gr gula pasir

4 butir kuning telur ayam, kocok

15 gram tepung maizena

1 sdm vanili 

3 sdm coklat bubuk

Cara membuat es krim sendiri:

1. Masukkan susu dan gula ke dalam panci lalu masak hingga mendidih sambil diaduk hingga keduanya tercampur dengan rata.

2. Tambahkan bubuk cokelat secara sedikit demi sedikit sambil terus diaduk supaya rata.

3. Ambilah 1 sdm susu lalu campurlah dengan teung maizena dan aduklah hungga rata.

4. Tambahkan campuran tempung maizena ke dalam rebusan susu lalu aduklah hingga rata. Setelah itu, tambahkan vanili dan aduk kembali hingga rata.

5. Tuanglah susu ke wadah lain sambil disaring menggunakan kain tipis.

6. Tambahkan kuning telur ke dalam adonan yang sudah disaring lalu aduk hingga rata. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 10 menit lalu simpanlah di freezer selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan es krim lalu aduklah sebentar dan simpan lagi di freezer. Ulangilah langkah ini sebanyak 3 kali supaya es krim halus dan lembut.

7. Simpan dan bekukan es krim di freezer selama kurang lebih 8 jam. Es krim siap untuk disantap.

 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Krim Sendiri Sederhana

4. Es Krim Susu UHT

Bahan:

1 lt susu UHT

3 sdm tepung maizena

1 sdm susu bubuk coklat

6 sdm gula pasir

Cara membuat es krim sendiri:

1. Tuanglah susu UHT, tepung maizena, susu coklat, dan gula ke dalam panci dan masaklah dengan api sedang sambil diaduk secara perlahan sampai adonan tersebut tercampur rata dan mengental.

2. Saat adonan sudah matang, angkat dan dinginkan sampai tidak lagi beruap lalu pindahkan adonan ke dalam wadah dan simpanlah di freezer hingga beku.

3. Setelah beku, keluarkan dan hancurkan es krim lalu kocoklah es menggunakan mixer sampai halus. Setelah itu, masukkan kembali es ke dalam wadah dan simpan kembali di freezer. Es krim siap untuk dihidangkan.

 

5. Es Krim Vanila

Bahan:

1/2 cangkir madu

2 1/2 cangkir whipping cream cair (35% lemak)

Ekstrak vanila/ perasa lainnya secukupnya

Cara membuat es krim sendiri:

1. Tuanglah 1,5 cangkir whipping cream ke dalam wadah lalu aduklah sampai mengembang. Setelah itu, tambahkan perasa vanilla lalu aduk hingga tercampur rata dan simpan di kulkas.

2. Panaskan madu menggunakan api kecil lalu tambahkan sisa whipping cream ke dalamnya. Aduklah supaya semuanya tercampur rata.

3. Ambillah adonan dari kulkas lalu tambahkan campuran madu dan cream ke dalamnya. Campurlah adonan menggunakan mixer sampai semuanya tercampur rata.

4. Pindahkan adonan ke dalam wadah tertutup baru yang bersih lalu simpanlah di freezer selama kurang lebih 6 jam sampai es krim beku. Es krim siap untuk disajikan.

 

6. Es Krim Regal

Bahan:

1 bungkus biskuit regal

250 ml susu full cream (bisa coklat bisa vanilla)

3 sdm kental manis

Cara membuat es krim sendiri:

1. Hancurkanlah biskuit hingga halus lalu blenderlah bersama dengan bahan lainnya hingga halus dan tercampur dengan rata.

2. Tuanglah adonan ke dalam wadah tertutup yang bersih lalu masukkan dan simpanlah adonan di freezer selama kurang lebih 2 jam.

3. Keluarkan adonan dari dalam freezer lalu blender lagi adonan sampai halus. Tuang kembali adonan ke dalam wadah baru yang bersih dan simpanlah kembali di freezer sampai beku selama kurang lebih 4 jam. Es krim siap di hidangkan. Anda bisa menambahkan topping sessuai selera anda.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Krim Sendiri Sederhana

7. Es Krim Mangga

Bahan:

1 buah mangga, kupas dan potong kecil-kecil

500 ml susu UHT

5 sdm tepung maizena

120 gram gula pasir

air secukupnya

Cara membuat es krim sendiri:

1. Tuanglah susu, gula, dan tepung maizena ke dalam panci lalu campurlah adonan tersebut hingga rata dan tidak menggumpal. Setelah itu, nyalakan api dan masaklah adonan sambil terus diaduk sampai adonan tersebut menjadi kental.

2. Angkatlah adonan dari atas kompor lalu pindahkan ke dalam wadah yang bersih. Dinginkan adonan sejenak, setelah itu simpanlah adonan di dalam freezer selama kurang lebih 4 jam.

3. Blenderlah mangga yang sudah dikupas dan dipotong dengan air secukupnya sampai lembut.

4. Ambillah adonan dari kulkas lalu tambahkan smoothie mangga ke dalamnya. Kocoklah dengan mixer sampai adonan menjadi halus dan mengembang selama kurang lebih 10 menit.

5. Pindahkan adonan ke dalam wadah tertutup lalu simpanlah di freezer sampai es krim beku selama kurang lebih tujuh jam. Es krim mangga siap untuk kamu sajikan dan santap.

 

8. Es Krim Santan

Bahan:

3 butir kuning telur

100 gram gula caster

250 ml Santan kental

250 ml whipping cream

Keju cedar, diparut untuk taburan

Cara membuat es krim sendiri:

1. Tuanglah kuning telur dan gula caster ke dalam mangkok stainless yang berukuran cukup besar lalu kocoklah hingga adonan menjadi creamy dan berwarna pucat.

2. Taruhlah mangkok ini ke dalam panci yang telah diisi air secukupnya lalu masaklah dengan api kecil. Masaklah adonan sambil terus mengaduknya secara perlahan sampai adonan tersebut mengental dan agak panas.

3. Setelah adonan agak panas, anda bisa menambahkan santan kental ke dalamnya. Terus masak adonan sambil diaduk hingga panas.

4. Setelah adonan panas, angkatl dan letakkan mangkok yang berisi adonan tersebut ke dalam baskon yang berisi es batu dan diamkan sejenak supaya dingin.

5. Sambil menunggu adonan dingin, kocoklah whip cream hingga mengembang.

6. Anda bisa memasukkan whip cream setelah adonan sudah dingin lalu aduklah hingga semuanya tercampur dengan rata dan sempurna. Sambil mengaduk, jangan lupa untuk menaburi parutan keju ke dalam adonan tersebut.

7. Pindahkan adonan tersebut ke dalam wadah tertutup lalu simpanlah di kulkas selama kurang lebih 6 jam sampai adonan membeku. Es krim siap untuk dihidangkan.

 

9. Es Krim Kelapa

Bahan:

1 bungkus es kelapa muda

1 sachet susu kental manis putih

1 sdm sirup cocopandan untuk topping (bisa skip kalau tak suka)

Cara membuat es krim sendiri:

1. Simpanlah es kelapa di dalam freezer hingga beku lalu keluarkan dan hancurkan. Blenderlah es kelapa tersebut supaya menjadi halus kemudian simpan kembali ke dalam freezer hingga beku.

2. Setelah es kelapa beku, keluarkan kembali es kelapa lalu blender lagi sampai halus. Tambahkan susu kental manis ke dalamnya lalu blender kembali sampai semuanya tercampur dengan rata dan sempurna.

3. Pindahkan adonan es krim tersebut ke dalam wadah lalu simpan dan bekukan kembali di freezer. Es siap untuk disajikan. Kamu bisa menambahkan sirup favoritmu sebagai topping es krim tersebut saat menyantapnya.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Krim Sendiri Sederhana

10. Es Krim Milo

Bahan:

250 ml susu uht coklat

2 sachet milo 3 in 1

2 sdm coklat bubuk

1 sdm SP

Cara membuat es krim sendiri:

1. Tuanglah semua bahan ke dalam wadah lalu kocoklah menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai adonan es krim tersebut tercampur rata.

2. Diamkan adonan sejenak hingga adonan tersebut mengembang sebelum memindahkannya ke dalam wadah dan menyimpannya di freezer sampai beku. Es krim siap untuk disajikan dan disantap.

 

11. Es Krim Kopi

Bahan:

1 L Susu segar

200 gr gula pasir

4 butir kuning telur ayam, kocok

15 gr tepung maizena

1 sdm vanili

3 sdm espresso 

Cara membuat es krim sendiri

1. Masukkan susu dan gula ke dalam panci lalu masaklah hingga mendidih sambil terus diaduk hingga keduanya tercampur dengan rata.

2. Larutkan bubuk kopi dengan 1 sdm air panas

3. Ambilah 1 sdm susu lalu campurlah dengan teung maizena dan aduklah hungga rata.

4. Tambahkan campuran tempung maizena dan kopi ke dalam rebusan susu lalu aduklah hingga rata. Setelah itu, tambahkan vanili dan aduklah kembali adonan hingga rata.

5. Tuanglah susu ke wadah lain sambil disaring menggunakan kain tipis.

6. Tambahkan kuning telur ke dalam adonan yang sudah disaring lalu aduk hingga rata. Setelah itu, biarkan selama kurang lebih 10 menit lalu simpanlah di freezer selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan es krim lalu aduklah sebentar dan simpan lagi di freezer. Ulangilah langkah ini sebanyak 3 kali supaya es krim halus dan lembut.

7. Simpan dan bekukan es krim di freezer selama kurang lebih 8 jam. Es krim siap untuk disantap.

 

12. Es Krim Stroberi

Bahan:

500 gram stroberi beku, bersihkan dari tangkainya

75 gram gula halus

125 ml krim kental

Cara membuat es krim sendiri:

1. Campurlah semua bahan dengan menggunakan food processor dengan kecepatan rendah hingga buah stroberi hancur. Setelah itu, tambahlah kecepatan food processor dan terus lakukan hingga adonan tersebut tercampur rata dengan sempurna dan benar-benar halus.

2. Kamu bisa langsung menyajikannya selagi masih dingin atau bisa juga memindahkannya ke wadah dan menyimpannya di freezer. Kamu bisa menyimpan es krim ini hingga kurang lebih satu bulan. Sebelum menyajikannya, lebih baik untuk mendiamkan es krim pada suhu ruangan sejenak.