Sukses

9 Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak, Mudah dan Tanpa Tukang

Liputan6.com, Jakarta Cara memperbaiki kipas angin yang rusak merupakan hal yang terdengar sulit untuk dilakukan, hal ini karena banyak orang yang tidak memahami penyebab kerusakan yang terjadi dan lebih memilih untuk memanggil tukang untuk memperbaiki kipas angin yang rusak.

Padahal kenyataannya, cara memperbaiki kipas angin tidaklah sesulit yang dipikirkan, yang perlu dilakukan adalah memahami tata cara mengecek penyebab kerusakan dan melakukan perbaikan sesuai dengan kerusakan yang terjadi.

Selain menghemat waktu, mengetahui cara memperbaiki kipas angin sendiri juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk menyewa tukang atau untuk membeli kipas angin baru. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara memperbaiki kipas angin rusak.

Cara memperbaiki kipas angin sendiri bisa dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah Liputan6.com rangkum dalam ulasan di bawah ini. Jumat (5/8/2022). Berikut cara untuk memeriksa dan memperbaiki kipas angin rusak.

2 dari 4 halaman

Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

1. Periksa Kabel Kipas Angin

Langkah pertama untuk cara memperbaiki kipas angin rusak adalah memastikan kabel terpasang dengan benar. Seiring waktu, getaran dari mesin kipas dapat melonggarkan steker dari stopkontak, jadi periksalah kabel kipas terlebih dahulu.

Jika steker terus jatuh, anda mungkin perlu mengganti stop kontak agar pas. Namun jika terdengar suara dengungan tetapi kipas tidak berfungsi, itu pertanda kipas mengalami mendapat putus aliran listrik.

 

2. Periksa Pemutus Sirkuit

Jika kabel kipas angin dicolokkan tetapi tidak terjadi apa-apa saat anda menyalakan kipas angin, periksa apakah ada aliran listrik ke stopkontak. Untuk melakukan ini, buka panel pemutus dan lihat apakah pemutus sirkuit telah tersandung. Pastikan saklar tidak dalam posisi mati. Jika terlihat bahwa pemutus telah tersandung, hidupkan kembali, lalu coba nyalakan kembali kipas.

 

3. Periksa Daya Di Stop Kontak Anda

Jika anda sudah mencoba kedua langkah ini tetapi kipas angin masih tidak berfungsi, coba colokkan kipas ke stopkontak yang berbeda. Jika berhasil, ini tandanya anda mengalami masalah kelistrikan. Anda dapat menguji aliran daya ke stopkontak dengan membeli tester wadah yang murah. Jika anda menemukan bahwa stopkontak tidak memiliki daya bahkan setelah menyetel ulang pemutus sirkuit, hubungi teknisi listrik untuk meminta bantuan.

3 dari 4 halaman

Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

4. Periksa Sekring Kipas

Banyak kipas terutama yang berukuran besar dilengkapi dengan sekering termal untuk keselamatan. Seperti pemutus sirkuit di rumah, sekering ini dirancang untuk memutuskan sambungan listrik ketika terlalu banyak listrik yang digunakan dan menyebabkan kipas menjadi terlalu panas.

Ketika sekring meleleh, mesin kipas akan memutuskan sambungan dan memutus aliran listrik ke kipas. Periksa kabel dan bagian dalam kipas untuk dapat mengecek sekring. Jika ditemukan bahwa sekring putus, anda harus memesan pengganti agar kipas dapat berfungsi kembali.

 

5. Ganti Kabel Kipas Angin

Jika kipas masih tidak berfungsi setelah anda mencobanya di stopkontak yang berbeda dan memeriksa sekring, periksa kabelnya dengan hati-hati. Apakah kabel dalam keadaan robek, atau ada bekas dikunyah oleh hewan, atau bentuknya yang bengkok. Anda dapat menggantinya dengan cukup mudah.

Beli kabel yang cocok dengan jenis steker yang sama dan kabel pengukur yang sama di toko perangkat elektronik dekat rumah, bawalah kipas untuk meminta bantuan pemilik toko untuk menemukan kabel yang cocok dengan kipas anda.

Anda dapat melepaskan penutup stopkontak kabel dengan obeng atau tang, kemudian lepaskan kabel dengan membuka lilitan kabel penghubung untuk mengambil kabel yang terpasang ke alat sehingga anda dapat memasang kabel baru.

 

6. Bersihkan Kipas Angin

Terkadang kipas angin dapat rusak atau tidak bekerja karena ada kotoran yang menumpuk dan tersangkut di kipas. Gunakan kompresor udara atau alat pembersih seperti vakum untuk membersihkan kotoran berlebih dari semua bagian kipas dengan hati-hati.

 Setelah Anda membersihkan debu dari luar, lepaskan penutup bilah kipas logam atau plastik dan bersihkan debu dengan alat pembersih yang sama, berikan perhatian khusus pada tempat yang dimana terdapat mesin yang terhubung dengan kipas .

4 dari 4 halaman

Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

7. Lumasi Mesin Kipas Angin

Jika saat anda menyalakan kipas dan terdengar suara mesin kipas yang berdengung meskipun bilah kipas tidak bergerak, maka kerusakan mungkin disebabkan karena roda gigi penggerak pada mesin macet.

Gunakan pelumas seperti oli untuk melumasi roda gigi dan knop kopling atau bagian tengah tempat bilah dipasang dan berputar. Untuk melakukan ini, lepaskan penutup tengah kipas dan arahkan ujung alat pelumas ke dalam.

Putar bilah dengan tangan seperti yang anda lakukan untuk menyebarkan pelumas secara merata. Ini diperlukan untuk memungkinkan bagian yang bergerak berhenti saling bergesekan sehingga kipas bisa bergerak lagi.

 

8. Hubungi Dukungan Pelanggan

Jika anda telah mencoba semua tips ini tetapi tetap tidak dapat membuat kipas anda berfungsi kembali, inilah saatnya untuk menghubungi produsen kipas untuk meminta bantuan. Sebagian besar perusahaan berkualitas tinggi menawarkan dukungan pelanggan untuk berbicara dengan anda untuk membantu memperbaiki kipas secara mandiri.

Mereka juga bisa membantu anda memesan suku cadang atau menghubungkan anda dengan toko servis lokal untuk memeriksa masalah yang lebih rumit dengan suku cadang seperti kapasitor run atau poros motor yang rusak dan patah.

 

9. Pilih Kipas Angin Berikutnya dengan Bijak

Jika anda akhirnya perlu mengganti kipas angin dengan yang baru, pertimbangkan untuk membeli atau memilih model terbaru, agar kipas angin bisa lebih tahan lama daripada kipas angin sebelumnya.

Sebaiknya cari model dengan bilah logam dan mesin kipas yang tertutup sepenuhnya untuk mencegah kotoran dan serpihan masuk dan menumpuk di dalam kipas. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mencari kipas yang dirancang dengan motor bantalan bola yang tahan lama untuk menghindari kerusakan di masa mendatang