Sukses

Paket Wisata Belitung, Rekomendasi Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Belitung identik dengan pemandangan pantai dan lautnya yang indah. Pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatra ini memang menyajikan beragam pemandangan laut yang indah dan menggoda minat para pengunjungnya.

Rasanya tidak lengkap kalau kita membicarakan Belitung tanpa membicarakan film Laskar Pelangi. Pasalnya, film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini telah berhasil meningkatkan popularitas pulau yang terkenal sebagai penghasil lada putih dan timah putih tersebut. Film ini berhasil menunjukkan berbagai tempat yang indah yang disajikan oleh Belitung yang membuat para penonton film tersebut tertarik untuk mencari paket wisata Belitung dan mengunjungi berbagai tempat wisata di pulau tersebut.

Paket wisata Belitung memang terkenal dengan pantainya yang indah. Akan tetapi, tahukah kamu kalau ada beragam tempat wisata lainnya di Belitung yang juga dapat kamu kunjungi dan nikmati? Belitung juga menyajjikan berbagai destinasi wisata lainnya yang dapat menarik minat pengunjung, seperti bukit dan danau yang indah, dan bahkan juga wisata budaya dan sejarah.

Berikut ini adalah berbagai paket wisata Belitung berdasarkan dengan jenis destinasinya yang bisa kamu kunjungi ketika pergi berlibur ke pulau ini yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022).

2 dari 5 halaman

Paket Wisata Belitung - Pantai

1. Pantai Tanjung Tinggi

Bagi para fans novel dan film Laskar Pelangi, pastinya tidak asing dengan Pantai Tanjung Tinggi. Destinasi wisata Belitung yang satu ini memang menjadi semakin terkenal karena menjadi lokasi syuting film tersebut. Bagi para penonton film Laskar Pelangi, kalian pasti telah menyaksikan betapa indahnya pantai yang satu ini.

Asal nama Tanjung Tinggi dari kata tanjung yang punya arti semenanjung dan tinggi artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Di pantai ini, para pengunjung dapat menikmati indahnya jajaran batu granit yang berukuran besar yang tersebar di sekeliling pantai tersebut. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan indahnya panorama pantai dan laut dengan airnya yang masih bersih dan alami sambil menikmati segarnya angin laut yang bertiup sepoi-sepoi.

Pantai ini memang salah satu pantai yang paling terkenal di Belitung dan menjadi ikon wisata di pulau ini. Lokasinya terletak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Banyak biro wisata yang menawarkan kunjungan ke pantai ini di dalam paket wisata Belitung yang mereka tawarkan.

2. Pantai Punai

Pantai berikutnya yang bisa kamu kunjungi ketika datang ke Pulau berikut ialah Pantai Punai. Tidak jauh dari pantai, terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Punai. Pulau ini merupakan salah satu habitat burung Punai yang menjadi asal-usul dari nama pulau dan pantai ini. Saat air laut sedang surut, kamu bisa berjalan kaki menyeberangi laut untuk mencapai pulau ini.

Di pantai ini para pengunjung akan disuguhi indahnya pantai berpasir putih dengan laut yang masih jernih dan berwarna biru yang menggoda. Di samping itu, di pantai ini juga terdapat batu granit berukuran kecil hingga sedang yang tersebar di sekeliling Pantai Punai. Waktu yang cocok untuk mengunjungi pantai ini adalah di sore hari. Saat itu, kamu bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam yang mempesona dan eksotis.

Pantai ini sendiri terletak di Selatan Pulau Belitung. Tepatnya adalah di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

3. Pantai Tanjung Kalayang

Pantai lain yang dapat kamu kunjungi ketika berlibur di Beitung ialah Pantai Tanjung Kalayang. Sama dengan Pantai Tanjung Tinggi, pantai ini terkenal karena digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Pantai ini juga terkenal dengan puuhan batu granit berukuran raksasa yang bentuknya disebut-sebut mirip deengan kepala burung garuda. Selain pemandangan batu granit yang menarik yang tersebar di sekeliling pantai tersebut, pantai ini juga menyuguhkan panorama alam laut yang sangat indah untuk dinikmati oleh para pengunjung yang datang.

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk, jaraknya sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan. Semenjak tahun 2016, pantai ini telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Indahnya pantai ini membuatnya menjadi salah satu destinasi unggulan dalam paket wisata Belitung.

4. Pantai Penyabong

Kalau kamu masih tidak puas menikmati indahnya pemandangan laut di Belitung, kamu bisa mampir ke Pantai Penyabong. Pantai ini terletak di Padang Kandis, Membalong, Kabupaten Belitung.

Di pantai ini kamu dapat menikmati indahnya panorama pantai dan laut Belitung yang juga dikelilingi oleh batu-batu granit yang berukuran besar. Di pantai ini terdapat dua batu granit berukuran besar yang Batu Baginde. Kamu bisa mencoba naik ke atas batu granit yang ada di pantai tersebut dan menikmati indahnya pemandangan pantai dan laut yang masih bersih dan alami sambil menyaksikan jajaran pulau yang indah di tengah lautan.

3 dari 5 halaman

Paket Wisata Belitung - Pulau

1. Pulau Leebong

Untuk menikmati keindahan laut Belitung, kamu juga bisa mengunjungi berbagai pulau yang terdapat di sekitarnya. Salah satu pulau yang terkenal untuk destinasi wisata di Belitung adalah pulau Leebong. Pulau yang berukuran 37 hektar ini terletak hanya 3 km di Barat Daya Pulau Belitung.

Di sini para pengunjung bisa menikmati liburan di villa yang terdapat di tepi pantai dengan pasir putihnya yang indah dan lautnya yang bersih dan alami. Vila-vila tersebut memiliki desain dengan atap daun khas Indonesia. Selain itu, para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga air seperti snorkeling, kayak, jet ski, banana boat, dan lainnya.

Pulau Leebong sendiri sudah sangat terkenal akan keindahannya dan banyak menarik minat pengunjung. Tidak heran kalau banyak biro wisata yang memasukkan pulau ini sebagai salah satu destinasi yang dapat dikunjungi di dalam paket wisata Belitung yang mereka tawarkan.

2. Pulau Lengkuas

Pulau lain di sekitar Belitung yang terkenal untuk dikunjungi para wisatawan ialah Pulau Lengkuas. Pulau ini terkenal akan pantainya yang indah. Pantai dengan pasirnya yang putih ditambah dengan hamparan batu granit yang eksotis telah menggoda minat banyak wisatawan yang mengunjunginya. Selain pantainya yang indah, di pulau ini juga terdapat bangunan mercusuar peningalan Belanda yang berumur lebih dari satu abad. Pengunjung bisa naik ke atas mercusuar ini untuk menikmati indahnya pemandangan laut Belitung dari ketinggian. Kamu juga bisa mengunjungi pulau ini dengan berjalan kaki ketika air sedang surut.

3. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang adalah sebuah pulau dengan luas kurang lebih 12 hektar yang indah untuk kamu kunjungi. Di sini, para pengunjung akan disuguhi pesona pantai dengan pasir putihnya yang cantik, hamparan batu granitnya yang eksotis, dan indahnya pemandangan laut yang biru dan alami. Tidak hanya itu, Pulau Kepayang juga menyajikan pemandangan alam bawah laut yang indah untuk kamu nikmati ketika berwisata mengunjungi pulau ini. Ombak laut yang tenang ditambah dengan angin laut yang semilir akan membuatmu betah berlama-lama di pulau ini.

4. Pulau Lutong

Kalau kamu ingin mencari destinasi wisata di Belitung yang masih sepi dan jarang dikunjungi orang, kamu bisa mengunjungi Pulau Lutong. Di sini kamu akan disuguhi indahnya pantai dengan pasir putihnya yang halus berserta indahnya air lautnya yang masih bersih dan alami dengan warnanya yang kehijauan. Kamu juga bisa berjalan-jalan santai mengelilingi pulau ini sambil menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan. Tempat ini cocok untuk kamu kunjungi bila ingin terlepas dari hiruk pikuk perkotaan sambil bersantai menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dan teman-teman terdekat.

4 dari 5 halaman

Paket Wisata Belitung - Bukit dan Danau

1. Danau Kaolin

Belitung tidak hanya memiliki pemandangan laut yang indah. Pulau ini juga memiliki danau dengan panorama eksotis yang akan menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Danau tersebut adalah Danau Kaolin.

Danau yang terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan ini dulunya adalah bekas pertambangan Kaolin yang kini telah ditinggalkan. Airnya yang berwarna biru menyala membuat pemandangan di danau ini sangat cantik dan indah untuk dinikmati. Selain untuk dinikmati, indahnya panorama Danau Kaolin cocok untuk tempat befoto-foto.

2. Bukit Peramun

Kalau kamu ingin menyakskan indahnya alam Belitung dari ketinggian, kamu bisa datang ke Bukit Peramun. Di bukit ini kamu akan disuguhi indahnya alam pebukitan yang hijau dengan keanekaragaman flora dan fauna yang hidup di bukit tersebut. Di sini kamu juga bisa menemukan salah satu satwa langka, yakni Tarsius.

Bukit Peramun cocok untuk kamu singgahi apa bila kamu ingin mencari spot-spot foto yang menarik dan instagramable untuk kamu unggah di media sosialmu. Selain bisa berfoto-foto di atas bukit yang indah, kamu juga akan menemukan berbagai spot foto yang cantik dan menarik seperti jembatan gantung yang berwarna merah ataupun batu kembar.

Bukit Peramun terletak di Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk. Jaraknya dari pusat kota kurang lebih sekitar 20 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota membuatnya cocok untuk kamu masukkan sebagai salah satu destinasi dalam paket wisata Belitung.

5 dari 5 halaman

Paket Wisata Belitung - Budaya

1. Museum Andrea Hirata

Selain alamnya yang indah, kamu juga bisa menikmati destinasi wisata lain yang ditawarkan dalam paket wisata Belitung. Setelah kamu kenyang menikmati indahnya panorama pantai dan laut di pulau timah putih ini, kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah dan menarik yang terdapat di sini.

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata ke Belitung ialah Museum Andrea Hirata. Museum Andrea Hirata merupakan museum sastra pertama yang ada di Indonesia yang didirikan oleh Andrea Hirata. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk mengenalkan sastra sastra, perkembangan sastra di Indonesia, dan pentingnya dunia sastra bagi kehidupan manusia kepada masyarakat luas.

Bagi para penggemar novel dan film Laskar Pelangi kamu wajib untuk singgah ke museum ini. Pasalnya, di museum ini kamu bisa mengetahui proses penerbitan novel Laskar Pelangi hingga proses pembuatan filmnya. Di sini, kamu juga dapat menikmati berbagai koleksi yang terkait dengan novel dan film yang sangat terkenal itu.

2. SD Muhammadiyah Gantong

Bagi para penggemar film Laskar Pelangi, nampaknya tidak lengkap kalau mengunjungi Belitung sebelum singgah ke SD Muhammadiyah Gantong. Bangunan sekolah ini adalah replika bangunan sekolah dari novel Laskar Pelangi yang dibangun untuk kebutuhan syuting film tersebut. Pasalnya, bangunan sekolah yang asli yang terletak tepat di pinggir Pantai Timur Belitung itu sudah tidak ada lagi.

Di sini, kamu bisa berkeliling dan menikmati sekolah yang kamu saksikan di dalam film Laskar Pelangi. Sambil berjalan-jalan, kamu bisa sambil mengabadikan setiap sudut sekolah yang punya cerita sejarah yang telah diceritakan lewat film Laskar Pelangi.

Sekolah ini terletak cukup jauh dari bandara Belitung. Kamu butuh sekitar 2 jam dari bandara tersebut untuk sampai ke sekolah ini. Akan tetapi, jarak yang jauh tersebut nampaknya tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang ke sini. Saking populernya bangunan sekolah ini, banyak paket wisata Belitung yang menawarkan untuk mengunjunginya.