Sukses

10 Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami, Efektif Dicoba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Ambeien adalah salah satu penyakit masalah perncernaan yang umum dan sering terjadi. Ambeien adalah sebuah kondisi ketika terjadi pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum. Ambeien biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi ambeien tetap bisa mengganggu aktivitas sehari-hari yang kita jalani. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi ambeien.

Ambeien dibagi menjadi dua menurut lokasi terjadinya pembengkakan, yakni eksternal dan internal. Ambeien bisa menyerang siapa saja, akan tetapi usia bisa mempengaruhi risiko terserang ambeien. Selain itu, ibu hamil juga rentan terkena masalah kesehatan yang satu ini.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan penyakit ini. Terlalu lama duduk di toilet, diare kronis, obesitas, kehamilan, kurangnya asupan serat, dan terlalu sering mengangkat beban berat adalah beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab ambeien.

Ambeien bisa menyebabkan rasa panas dan gatal di anus atau dubur dan munculnya benjolan di anus. Akan tetapi, ambeien juga bisa menyebabkan rasa sakit ketika buang air besar dan bahkan ambeien yang parah terkadang juga menyebabkan pendarahan ketika BAB. Mengetahui cara mengatasi ambeien akan membantu kita untuk mengatasi berbagai gejala ambeien yang mengganggu.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi abeien yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022).

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Ambeien - Bawang Putih dan Kangkung

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu yang sangat umum digunakan di dapur. Bawang putih sendiri memang kaya akan berbagai kandungan dan nutrisi yang telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Di dalam bawang putih terdapat kandungan nutrisi seperti vitamin C, kalsium, besi, karbohidrat, serat, allicin, dan sulfida alili. Kandungan-kandungan tersebut memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan allicin pada bawang putih bisa membantu kita sebagai salah satu cara mengatasi ambeien. Kandungan ini memiliki sifat anti-oksidan dan anti-bakteri yang membuat bawang putih efektif digunakan untuk mengobati ambeien.

Cara mengatasi ambeien dengan menggunakan bawang putih juga cukup mudah. Kamu cukup menumbuk 2 siung putih sampai halus lalu mengoleskannya pada benjolan yang terdapat di sekitar anus. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi jus bawang putih secara rutin untuk melawan bakteri dari dalam tubuh.

2. Akar Kangkung

Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang sering diolah dan dihidangkan meja makan. Sayuran ini memang terkenal kaya akan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Zat-zat tersebut memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita.

Kamu juga bisa menggunakan kangkung untuk mengatasi ambeien. Untuk mengatasi ambeien menggunakan kangkung, kamu membutuhkan akar dan batangnya, bukan daunnya. Cara mengatasi ambeien mengunakan akar dan batang kangkung adalah dengan mencucinya terlebih dahulu sampai bersih lalu merebusnya dengan 2 gelas air. Setelah itu, minumlah air rebusan batang dan akar kangkung. Lakukan ini secara rutin setiap hari supaya efektif.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Ambeien - Kulit Manggis dan Daun Sirsat

3. Kulit Manggis

Cara mengatasi ambeien yang berikutnya ialah dengan menggunakan kulit manggis. Tidak hanya daging buah manggis yang kaya akan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh, tetapi kulit manggis juga memiliki banyak manfaat yang bisa kamu gunakan. Kulit Manggis kaya akan kandungan xanthone yang tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan saja, tetapi juga anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, serta anti-plasmodial.

Pada kulit manggis, terdapat dua senyawa turunan xanthone, yaitu alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Kedua kandungan tersebut dapat membantumu untuk mengatasi ambeien secara efektif. Pasalnya, menurut penelitian senyawa alfa-mangistin dan gamma-mangostin yang terkandung dalam kulit manggis dapat membantu untuk menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Cara mengatasi ambeien menggunakan kulit manggis juga cukup mudah. Pertama, kamu perlu mengeringkan kulit manggis terlebih dahulu. Setelah itu, rebuslah kulit manggis tersebut. Minumlah air rebusan kulit manggis setiap hari supaya bisa efektif mengatasi ambeien.

4. Daun Sirsat

Selain kulit manggis, kamu juga bisa memanfaatkan daun sirsat sebagai cara mengatasi ambeien secara alami. Daun sirsat dapat membantumu untuk mengatasi ambeien berkan kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya yang memiliki sifat anti-bakteri.

Cara mengatasi ambeien menggunakan daun sirsat adalah dengan merebus 5 lembar daun sirsat dengan 2 gelas air mineral. Rebuslah daun tersebut hingga airnya menyusut menjadi 1 gelas saja. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut. Kamu perlu meminumnya setiap pagi dan malam secara rutin supaya efektif untuk mengatasi ambeien yang kamu alami.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Ambeien - Daun Ungu dan Urang Aring

5. Daun Ungu

Cara mengatasi ambeien yang berikutnya adalah dengan menggunakan daun ungu. Daun ungu atau yang juga dikenal sebagai daun handeuleum ini dapat membantumu untuk mengatasi ambeien dengan efektif berkan kandungan alkaloid yang ada di dalamnya. Kandungan alkalioid pada daun ungu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantumu untuk meredakan peradangan dan mengatasi ambeien.

Cara mengatasi ambeien menggunakan daun ungu adalah dengan merebus daun ungu secukupnya hingga mendidih atau matang. Setelah itu, minumlah air rebusan daun ungu tersebut secara rutin setiap harnya supaya bisa efektif membantumu untuk mengempiskan bengkak atau benjolan yang ada di sekitar anusmu.

6. Urang Aring

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan urang-aring sebagai salah satu cara mengatasi ambeien yang kamu alami. Urang aring sendiri sudah sering digunakan sebagai salah satu cara merawat kesehatan rambut. Ia dipercaya dapat digunakan untuk membantu menyuburkan rambut dan membantu membuat rambut menjadi hitam berkilau.

Akan tetapi, manfaat urang aring tidak hanya baik untuk kesehatan rambut saja. Urang aring kaya akan berbagai kandungan nutrisi ataupun senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh seperti ecliptine, alfa terthienylmethanol, wedelolactone, dan lainnya. Kandungan berbagai senyawa yang terdapat di dalam urang aring ini dapat membantu kta untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Ada 2 cara mengatasi ambeien menggunakan urang aring. Pertaa adalah dengan cara meminumnya. Untuk cara ini, kamu cukup merebus urang aring hingga matang lalu meminum air rebusannya dengan rutin dan teratur setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa menumbuk urang aring hingga halus dan mengoleskannya pada benjolan yang terdapat di anusmu.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Ambeien - Cocor Bebek dan Bunga Pagoda

7. Cocor Bebek

Tumbuhan selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi ambeien adalah cocor bebek. Tumbuhan ini mungkin dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu tanaman hias favorit. Akan tetapi, cocor bebek sebenarnya kaya akan berbagai kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Di dalam cocor bebek terdapat kandungan seperti glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin. Salah satu sfat dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam cocor bebek ialah anti-inflamasi. Dengan demikian, cocor bebek bisa membantumu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk ambeien.

Cara mengatasi ambeien menggunakan cocor bebek adalah dengan menjemur daun cocor bebek terlebih dahulu hingga kering. Setelah itu, tumbuklah daun yang sudah kering hingga halus lalu seduhlah menggunakan air hangat. Minumlah air seduhan tersebut dengan rutin setiap harinya.

8. Bunga Pagoda

Cara mengatasi ambeien yang berikutnya ialah dengan menggunakan bunga pagoda. Bunga yang memiliki rasa yang sedikit manis ini bisa digunakan untuk mengatasi ambeien berkan kandungan saponindan polifenol, alkaloid, dan flavonoida. Ketiga kandungan yang terdapat pada bunga pagoda memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu tubuh untuk melawan dan meredakan peradangan.

Cara mengatasi ambeien menggunakan bunga pagoda ialah dengan memetik bunga pagoda kemudian merebusnya dengan air secukupnya hingga mendidih dan matang. Setelah itu, minumlah air rebusan pagoda tersebut untuk membantumu mengatasi ambeien.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Ambeien

9. Lidah Buaya

Lidah Buaya adalah salah satu tumbuhan yang kaya akan kandungan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan ini banyak digunakan, khususnya untuk menjaga produk perawatan kecantikan dan juga rambut. Akan tetapi, beragam kandungan yang terdapat di dalah lidah buaya tidak hanya baik bagi kecantikan dan rambut saja, tetapi juga untuk kesehatan tubuh.

Beragam kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya memiliki sifat anti-oksidan dan mampu digunakan untuk detoksifikasi tubuh secara alami. Hal ini membuat lidah buaya dapat digunakan untuk mencegah, mengatasi, dan mengobati berbagai masalah kesehatan, salah satunya ialah ambeien.

Cara mengatasi ambeien menggunakan daun lidah buaya juga cukup mudah. Pertama, ambillah beberapa potong daun lidah buaya lalu cucilah hingga bersih. Setelah itu, kupaslah kulit daun lidah buaya dan ambillah gel yang terdapat di dalamnya. Gunakan gel tersebut untuk membuat jus dengan cara memblendernya bersama dengan air secukupnya. Minumlah jus tersebut secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan gel lidah buaya tersebut secara langsung ke benjolan yang terdapat di anus.

10. Kompres Dingin

Cara mengatasi ambeien yang terakhir ialah dengan menggunakan kompres dingin. Kompres dingin ini cukup efektf kamu gunakan untuk mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan ketika mengalami ambeien. Caranya adalah dengan membungkus es menggunakan kain bersih lalu menempelkannya ke anus selama kurang lebih 15 menit setiap kalinya. Mengompres dingin anus bisa membantumu meredakan pembengkakan yang terjadi akibat ambeien.