Sukses

12 Cara Cepat Tinggi Secara Alami, Tanpa Operasi Atau Obat-Obatan

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat tinggi sering menjadi hal yang dicari oleh banyak orang, hal ini karena banyak orang yang ingin memiliki tubuh ideal dengan tinggi yang semampai. Terdapat banyak metode untuk bisa mendapatkan tinggi badan yang diinginkan seperti melalui operasi atau dengan konsumsi obat-obatan.

Namun cara cepat tinggi ini dapat beresiko bagi kesehatan dan mungkin memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Padahal dalam proses menambah tinggi badan kita perlu untuk memperhatikan hormon yang ada dalam tubuh seperti hormon pertumbuhan dan hormone tiroid.

Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan cara cepat tinggi yang dilakukan secara alami dengan konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk membantu proses pertumbuhan dan juga latihan atau olahraga yang terbukti dapat membantu menambah tinggi badan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022). Cara cepat tinggi dengan metode alami tanpa menggunakan obat-obatan ataupun melakukan operasi.

2 dari 5 halaman

Cara Cepat Tinggi Secara Alami

1. Diet Seimbang

Cara cepat tinggi yang pertama adalah memperhatikan diet yang seimbang. Konsumsilah makanan sehat yang kaya nutrisi dan vitamin guna menyehatkan tubuh dengan nutrisi untuk tumbuh lebih tinggi. Diet kaya kalsium, protein dan lemak, menghindari garam dan lemak, dapat meningkatkan pertumbuhan. Sertakan sayuran hijau, kecambah, dan banyak sayuran jika anda ingin tumbuh lebih tinggi.

 

2. Tidur Yang Cukup dan Berkualitas

Tidur malam yang baik tidak hanya menyegarkan tubuh dan mengembalikan semangat, tetapi juga merupakan kontributor penting untuk pertumbuhan. Saat anda tidur nyenyak, otak melepaskan hormon pertumbuhan yang pada gilirannya membuat anda lebih tinggi. Dokter menyarankan agar tidur setelah 3 jam setelah makan malam, dan tidurlah selama 8 jam untuk memenuhi kebutuhan istirahat anda.

 

3. Bersepeda

Latihan aerobik yang membantu mengencangkan otot gluteal untuk membantu menambah tinggi badan adalah bersepeda. bersepeda juga membantu tubuh membakar kalori, meningkatkan metabolisme dan bertindak sebagai latihan peregangan yang baik serta efektif.

Penelitian menunjukan bersepeda mendorong pertumbuhan tubuh secara vertikal. Kendarai sepeda dengan kaki rata di pedal, punggung lurus dan tegak, serta kursi yang dinaikkan ke posisi yang membuat kedua kaki anda terentang sepenuhnya. Durasi bersepeda yang disarankan adalah selama 45-60 menit sehari.

3 dari 5 halaman

Cara Cepat Tinggi Secara Alami

4. Latihan Yoga

Yoga telah dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit tubuh manusia. Tidak hanya menyembuhkan penyakit, yoga juga dapat membantu menambah tinggi badan. Ada berbagai gerakan yoga yang dapat membantu seseorang untuk menambah tinggi badan.

Beberapa gerakan yang berguna untuk menambah tinggi badan diantaranya adalah peregangan kobra (bhujangasana), pose segitiga (trikonasana), dan pose gunung (tadasana). Anda juga dapat memasukkan lebih banyak gerakan untuk meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

 

5. Berenang

Berenang dapat membantu anda menambah tinggi badan, menurunkan berat badan, membuat tubuh fleksibel, menjaga kesehatan jantung, membantu mengatur sistem pernapasan dan juga menghilangkan stres. Otot anda akan meregang dan memanjang saat berenang. Anak-anak yang mulai belajar berenang di usia dini biasanya bisa mendapat manfaat yang lebih banyak.

 

6. Bola Basket

Basket adalah olahraga yang sangat menarik karena dapat membantu anda menambah tinggi badan. Saat anda dalam posisi yang bertujuan untuk melempar bola ke dalam keranjang, seluruh tubuh anda akan meregang. Hal ini membantu tubuh anda untuk bertambah tinggi dengan peregangan yang dilakukan saat bermain bola basket.

4 dari 5 halaman

Cara Cepat Tinggi Secara Alami

7. Latihan Gantung

Latihan menggantung adalah latihan yang sangat sederhana yang bisa dilakukan saat di rumah. Cukup pasang tongkat di pintu masuk kamar pada ketinggian yang nyaman dan bisa dijangkau dengan melompat. Sekarang lompat dan ambil tongkatnya. Pertahankan selama mungkin posisi menggantung ini. Ini mungkin tampak sangat mudah tetapi hal sederhana ini dapat meregangkan seluruh tubuh anda dan dengan demikian membantu untuk tumbuh lebih tinggi.

 

8. Skipping

Cara cepat tinggi berikutnya adalah dengan Skipping. Skipping adalah latihan yang bagus untuk tumbuh lebih tinggi dan menambah tinggi badan. Anda dapat melakukannya sendiri atau bersama dengan teman. Olahraga ini juga menyenangkan untuk dilakukan karena anda harus melompat dan menggerakan seluruh badan.

 

9. Latihan Menyentuh Jari Kaki

Latihan ini mungkin adalah latihan yang paling efektif dan juga latihan termudah untuk menambah tinggi badan. Tidak hanya membantu menambah tinggi badan, tetapi juga meningkatkan fleksibilitas tubuh. Anda cukup duduk di lantai dan menyentuh jari-jari kaki tanpa menekuk lutut. Sebagai alternatif, anda dapat berdiri dengan kaki terpisah dan kemudian menekuk tulang belakang untuk menyentuh jari-jari kaki.

5 dari 5 halaman

Cara Cepat Tinggi Secara Alami

10. Jauhi Alkohol dan Kafein

Cara cepat tinggi yang selanjutnya adalah menghindari alkohol dan juga kafein. Produk tembakau dan alkohol dapat menekan pertumbuhan dan perkembangan. Oleh karena itu, perlu untuk menghindarinya secara ketat. Kafein juga merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan pada beberapa orang. Jadi, jika anda terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein, cobalah untuk membatasinya.

 

11. Joging

Jogging adalah salah satu latihan terbaik untuk menambah tinggi badan yang tidak boleh anda lewatkan untuk membuat kaki lebih panjang. Jogging akan membantu menumbuhkan tulang kaki secara alami dan membuatnya lebih kuat. Selain itu, jogging juga baik untuk menambah tinggi badan secara cepat jika dilakukan secara rutin walau setelah pubertas.

 

12. Pergeseran Panggul

Perubahan bentuk tulang belakang dan ketidakseimbangan otot yang membuat anda terlihat pendek biasanya disebabkan oleh waktu duduk yang lama yang mempengaruhi pertumbuhan tubuh anda.

Pergeseran panggul adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan tinggi badan agar tidak terpengaruh dengan kebiasaan duduk terlalu lama. Latihan peningkatan tinggi badan ini bisa dilakukan di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

- Berbaring di matras dengan bahu rata di lantai.

- Jaga agar lenganterentang di samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

- Tekuk lutut dan dekatkan kaki ke bokong.

- Lengkungkan punggungsehingga panggul terangkat.

- Selipkan bokong dan biarkan kaki serta bahu menopang berat badan.

- Tahan posisi setidaknya selama 30 detik dan ulangi.‍‍