Sukses

6 Cara Memakai Softlens Untuk Pemula, Mudah dan Tidak Perih

Liputan6.com, Jakarta Softlens atau kontak lensa sudah menjadi tren dikalangan anak muda bahkan orang dewasa. Softlens bukan hanya sebagai pengganti kaca mata minus atau miopi namun sudah menjadi penunjang penampilan.

Cara memakai softlens sangat penting diketahui bagi anda yang baru mulai mencobanya. Penggunaan softlens biasa dipilih oleh seseorang yang memiliki gangguan penglihatan ketika enggan menggunakan kacamata. 

Cara memakai softlens tidak boleh sembarangan, terutama bagi para pemula. Pasalnya, penggunaan softlens yang salah bisa menyebabkan mata perih hingga iritasi. Untuk itu, sangat penting mengetahui cara memakai softlens yang  benar.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara memakai softlens untuk pemula yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/8/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Menakai Softlens Untuk Pemula yang Benar

1. Mencuci  Tangan

Cara memakai softlens untuk pemula yang pertama ialah mencuci tangan. Sebelum Anda memegang dan memasang softline dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Pasalnya, tangan yang kotor bisa memindahkan kuman atau bakteri ke softlens dan bisa menyebabkan infeksi pada mata. Gunakan sabun saat mencuci tangan, lalu bilas menggunakan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, keringkan seluruh bagian tangan sebelum melakukan cara memakai softlens berikutnya.

2. Membersihkan Softlens

Cara memakai softlens untuk pemula yang selanjutnya ialah membersihkan softlens terlebih dahulu. Meski sudah dalam kondisi terendam saat disimpan, sebaiknya tetap membersihkan softlens kembali sebelum menggunakannya. Hal ini untuk memastikan softlens benar-benar dalam keadaan bersih.

Cara membersihkan softlens yakni dengan mengambil softlens dari wadahnya menggunakan jari telunjuk, kemudian bersihkan lensa kontak memakai cairan pembersih khusus lensa kontak. Pastikan Anda membersihkannya dengan cairan pembersih khusus yang telah disediakan.

3. Gunakan Jari Telunjuk

Jika lensa kontak sudah bersih, gunakan jari telunjuk untuk mengambil lensa kontak. Anda juga bisa menyesuaikan dengan jari lainnya, yang penting nyaman dan mudah saat menempelkan lensa kontak ke dalam bola mata. Usahakan lensa kontak berbentuk U atau melengkung sempurna, dan jangan sampai lensa kontak terbalik.

3 dari 5 halaman

Cara Menakai Softlens Untuk Pemula yang Benar

4. Cek Lensa Kontak

Sebelum memasukkan ke dalam bola mata, pastikan lensa kontak benar-benar sudah bersih dan tidak ada yang rusak. Karena kalau ada debu yang menempel di lensa kontak, bisa membuat mata menjadi iritasi.

5. Membuka Kelopak Mata dengan Lebar

Cara memakai softlens untuk pemula yang selanjutnya ialah membuka kelopak mata dengan lebar. Tarik perlahan kelopak mata anda ke bawah menggunakan jari tengah dengan tangan yang berlawanan dari jari telunjuk softlens. Jika mata anda sangat sensitif terhadap sentuhan, anda mungkin juga perlu membuka kelopak mata bagian atas.

Gunakan tangan yang berlawanan untuk mengangkat dan menahan kelopak mata atas dengan lembut agar tidak berkedip. Ini akan membuka lebar mata anda, memungkinkan anda untuk lebih mudah menempatkan softlens. Anda  hanya perlu menahan kelopak mata atas terbuka jika mata anda terus berkedip.

6. Lepaskan Tangan dan Kedipkan Perlahan

Apabila anda sudah berhasil, cara memakai softlens untuk pemula yang selanjutnya ialah bisa mengedipkannya secara perlahan beberapa kali. Berhati-hatilah agar softlens anda tidak lepas dari bola mata. Lihat ke cermin untuk memeriksa apakah softlens sudah terpasang. Perhatikan jika anda merasakan iritasi atau sakit mata, bahkan terasa gatal atau nyeri, maka lepaskan dan bersihkan kembali dengan larutan softlens. Kemudian, coba masukkan kembali.

4 dari 5 halaman

Cara Melepas Softlens yang Benar

Mata merupakan salah satu indra yang paling rentan terkena iritasi. Oleh karena itu, saat melepas softlens tidak boleh sembarangan. Adapun cara melepas softlens yang benar untuk pemula ialah sebagai berikut:

1. Cuci kedua tangan sebelum melepas lensa kontak menggunakan sabun dan air mengalir. Setelah itu, keringkan kedua tangan menggunakan handuk bersih.

2. Gunakan jari tengah untuk menarik kelopak mata bawah dan arahkan bola mata Anda ke atas atau ke samping.

3. Setelah itu, ambil lensa kontak secara perlahan dan keluarkan lensa kontak dari mata Anda.

4. Jika sudah berhasil melepaskan softlens, letakkan pada telapak tangan dan basahi menggunakan cairan pembersih khusus lensa kontak. Kemudian gosok perlahan softlens sekitar 30 detik untuk membersihkan kotoran yang menempel.

5. Bilas lensa kontak, lalu letakkan softlens pada wadahnya. Lakukan hal yang sama pada sisi mata Anda yang lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara Menjaga Lensa Kontak Tetap Bersih dan Steril

Dikutip dari Mayoclinic, penggunaan softlens dapat menyebabkan masalah yang termasuk rasa tidak nyaman hingga infeksi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan kebiasaan higienis untuk mencegah kemungkinan komplikasi akibat pemakaian softlens. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lensa kontak tetap bersih dan steril, antara lain:

1. Selalu cuci tangan sebelum memegang softlens Anda.

2. Kemudian selesai cuci tangan, keringkan tangan Anda dengan handuk yang bersih.

3. Selalu gunakan cairan disinfektan, obat tetes mata, dan cleaners yang direkomendasikan oleh ahli mata Anda.

4. Jangan pernah secara langsung mencuci softlens Anda dengan air keran.

5. Bersihkan tempat softlens Anda setiap Anda menggunakannya.

6. Jangan biarkan bagian dalam botol cairan untuk softlens Anda menyentuh apapun, termasuk jari, mata, atau softlens Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.