Sukses

Keep Artinya Menyimpan, Ketahui Perubahan Kata dan Contohnya

Keep artinya menyimpan, menjaga, berpegang, tetap, terus, dan memelihara.

Liputan6.com, Jakarta Belajar Bahasa Inggris memang diawali dengan menguasai kosakatanya terlebih dahulu. Kosakata tersebut akan membantu kita untuk mempermudah membuat kalimat dalam Bahasa Inggris. Salah satu kosakata yang sering digunakan adalah keep.

Secara Bahasa, keep artinya menyimpan bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Keep artinya menyimpan tersebut sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik secara lisan maupun tulisan.  

Selain itu, kata keep juga sering kali digunakan dalam bahasa gaul. Dalam bahasa gaul, keep artinya menjaga. Biasanya kata keep diterapkan sebagai kata kerja bahkan juga termasuk dalam kata imbauan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti keep dalam Bahasa Inggris beserta perubahan kata dan contoh kalimatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti Keep

Bila merujuka pada kamus Bahasa Inggris, keep artinya menyimpan atau menahan. Namun ternyata keep artinya memiliki banyak makna dalam Bahasa Indonesia. Makna tersebut dapat disesuaikan dengan topik yang sedang dibicarakan.

Dalam Bahasa Indonesia, keep artinya menjaga, berpegang, tetap, terus, dan memelihara. Karena mempunyai beberapa arti, maka pemaknaan dari kata keep dalam suatu ungkapan akan sangat bergantung pada konteks yang meliputi.

Kata keep artinya menyimpan, menahan, dan menjaga tersebut sering kali digunakan dalam kalimat imbauan. Maka dari itu, arti keep bisa diartikan dalam bentuk kata perintah dengan partikel -lah. Sehingga, untuk ungkapan "keep the earth clean" akan lebih tepat jika diartikan 'Jagalah kebersihan bumi' bukan sekadar 'Menjaga kebersihan bumi'.

3 dari 6 halaman

Bentuk Perubahan Kata Keep

Dalam kamus Bahasa Inggris, kata keep artinya merupakan termasuk salah satu kata kerja yang tidak beraturan atau irregular verb. Maksudnya adalah, kata keep artinya tersebut dapat mengalami perubahan kata. Dalam hal ini perubahan kata verb antara lain yaitu keep (verb bentuk 1), kept (verb bentuk 2), dan kept (verba bentuk 3). 

Perubahan kata tersebut dapat diaplikasikan sesuai tenses yang sedang digunakan. Kata keep merupakan bentuk verb 1, yang lazim digunakan untuk kalimat simple present, present continuous dan simple future. Sementara, Kept merupakan bentuk Verb 2 dan Verb 3 dari kata kerja keep, yang lazim digunakan untuk kalimat dengan simple past tense, present perfect tense, past perfect tense dan future perfect tense.

Meskipun begitu, perubahan bentuk kata keep artinya tersebut tidak akan merubah makna atau artinya. Sehingga, apapun bentuk tensesnya, kata keep tetap memiliki arti menyimpan, menjaga, berpegang, tetap, terus, dan memelihara.

4 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Keep

Supaya lebih memahami penjelasan keep artinya di atas, berikut ini terdapat beberapa contoh kalimatnya.

1. Contoh Penggunaan Kata Keep

a. She always keeps her uncle house (Dia selalu menjaga rumah pamannya)

b. They are keeping your office (Mereka sedang menjaga kantor anda)

c. He keeps pencil in his hand every day (Dia menyimpan pensil di tasnya setiap hari)

2. Contoh Penggunaan Kata Kept (Bentuk 2 dan 3)

a. We have kept this land last time (kami sudah menjaga tanah ini bulan lalu)

b. Ana will have kept your house when Andrea invited you to there (Ana akan sudah menjaga rumah anda ketika Andrea mengundang anda ke sana)

c. Rizal went to bank last month where as We had just kept money in there (izal pergi ke bank bulan lalu dimana kami baru saja menyimpan uang di sana)

5 dari 6 halaman

Sinonim Kata Keep

Berikut ini terdapat beberapa sinonim dari kata keep artinya menyimpan, menjaga, berpegang, tetap, terus, dan memelihara adalah:

1. Carry : Membawa

2. Conduct : Mengadakan

3. Control : Kontrol

4. Enjoy : Nikmati

5. Have : Memiliki

6. Manage : Mengelola

7. Preserve : Melestarikan

8. Retain : Mempertahankan

9. Save : Menyimpan

10. Conserve : Melestarikan

11. Detain : Menahan

12. Direct : Langsung

13. Garner : Mengumpulkan

14. Heap : Tumpukan

15. Own : Memiliki

16. Observe : Mengamati

17. Hold : Menahan

18. Withhold : Menahan

19. Reserve : Menyimpan

20. Comply (with) : Mematuhi

21. Ulfill (or fulfil) : Memenuhi

22. Stack : Tumpukan

23. Care for : Peduli

24. Hold back : Menahan

25. Put up : Menaikkan

6 dari 6 halaman

Antonim dari Kata Keep

Setelah mengetahui sinonim dari kata keep, anda juga perlu mengetahui antonym kata keep artinya menyimpan, menjaga, berpegang, tetap, terus, dan memelihara adalah:

1. Fail : Gagal

2. Hurt :Terluka

3. Lose : Kehilangan

4. Remove : Menghapus

5. Squander : Memboroskan

6. Want : Ingin

7. Dispossess : Mengusir

8. Dissipate : Menghilang

9. Divide : Membagi

10. Neglect : Menelantarkan

11. Release : Melepaskan

12. Scatter : Menyebarkan

13. Separate : Memisahkan

14. Spend : Membelanjakan

15. Abandon : Meninggalkan

16. Consume : Mengkonsumsi

17. Give : Memberi

18. Give up : Menyerah

19. Hand over : Serahkan

20. Ignore : Mengabaikan

21. Let happen : Biarkan Terjadi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.