Sukses

Kun Fayakun Artinya Jadilah, Pahami Makna dan Dalilnya dalam Al-Qur’an

Liputan6.com, Jakarta Arti kun fayakun sudah tidak asing lagi bagi sebagian umat Muslim. Sebab istilah ini banyak kita temui dalam Al-Qur’an. Kata tersebut sebagai bukti penggambaran kekuasaan Allah SWT, dan tidak ada yang tidak dapat dilakukan oleh-Nya.

Secara bahasa, kata kun fayakun artinya jadilah. Mengutip dari Ensiklopedia Alquran, kun fayakun menggambarkan bahwa Allah SWT sangat Maka Kuasa dalam menciptakan sesuatu. Apapun yang dikendaki-Nya pasti terjadi sesuai dengan kehendak-Nya tanpa memerlukan bantuan pihak lain dan tidak ada halangan atau keterlambatan.

Arti kun fayakun perlu kita pahami dan amalkan dalam diri. Mempercayai segala kekuasaan Allah merupakan salah satu bentuk ketakwaan kepada-Nya. Bukti mengenai bentuk kekuasaan Allah SWT tersebut juga tertuang dalam surat-surat Al-Qur’an.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti kun fayakun dan dalilnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022).

2 dari 5 halaman

Arti Kata Kun Fayakun

Secara istilah, kata kun fayakun artinya “Jadilah!” maka terjadilah ia. Kun fayakun menggambarkan suatu hal yang memang sudah dikehendaki oleh Allah maka akan benar-benar terjadi tanpa terkecuali. Kun fayakun artinya ini juga menjadi tanda setiap muslim memercayai bahwa Allah SWT Maha Esa, dan tiada tuhan selain Allah.

Mengutip dari buku Manusia Mengeluh, Al Quran Menjawab karya Agoes Noer Che, kun fayakun artinya kehendak Allah SWT. Maka segala sesuatu yang dikehendaki Allah SWT, apabila ingin diwujudkan oleh-Nya, maka Dia hanya cukup berkata kun fayakun. Itu berarti, Allah SWT tidak membutuhkan sesuatu yang lain kecuali zat-Nya sendiri. Kata kun fayakun merupakan tanda kebesaran Allah SWT.

3 dari 5 halaman

Dalil tentang Kun Fayakun

Bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT dapat kita temui dalam surat-surat Al-Qur’an, berikut penjelasannya:

1. Surah Ghafir ayat 68

Kata kun fayakun artinya dalam surah Ghafir ayat 68 menceritakan tentang Allah SWT memiliki kuasa dalam menghidupkan dan mematikan sesuatu. Berikut lafaz dan arti surah Ghafir ayat 68, yakni:

"Huwallazi yuhyi wa yumit, fa iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun."

Artinya: Dialah yang menghidupkan dan mematikan, maka apabila Dia menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya bekata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.

2. Surah Al-Baqarah ayat 117

Surah Al-Baqarah ayat 117 berisikan tentang kun fayakun artinya, di mana Allah SWT mencipatkan langit dan bumi dengan mengucapkan kalimat tersebut. Berikut lafaz dan arti surah Al-Baqarah ayat 117, yakni:

"Badi'us-samawati wal-ard, wa iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun."

Artinya: Allah Pencipta langit dan bumi. Apabila Dia hendak menciptakan sesuatu, Dia hanya berkata padanya, "Jadilah!" Maka jadilah sesuatu itu.

3. Surah Yasin ayat 82

Kata kun fayakun artinya dalam surah Yasin ayat 82 tidak berbeda dengan lainnya, yaitu jika Allah SWT menghendaki sesuatu, maka sesuatu itu akan benar terjadi. Berikut lafaz dan arti surah Yasin ayat 82, yaitu:

"Innama amruhu iza arada syai'an ay yaqula lahu kun fa yakun."

Artinya: Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah!" Maka jadilah sesuatu itu.

4 dari 5 halaman

Dalil tentang Kun Fayakun

4. Ali Imran ayat 47

Kun fayakun artinya juga bisa anda temui dalam surah Ali Imran ayat 47. Dalam surah ini Allah SWT mengucapkan kun fayakun untuk hal yang tidak mungkin sekalipun. Allah SWT yang menghendaki sesuatu hidup dan lahir dari Rahim seorang perempuan. Berikut lafaz dan arti surah Ali Imran ayat 47, yakni:

"Qalat rabbi anna yakunu li waladuw wa lam yamsasni basyar, qala kazalikillahu yakhluqu ma yasya, iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun."

Artinya: Dia (Maryam) berkata, "Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan mempunyai anak, padahal tidak seorang laki-laki pun yang menyentuhku?". Dia (Allah) berfirman, "Demikianlah Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah!", maka jadilah sesuatu itu.

5. Al-An'am ayat 73

Kun fayakun artinya berikutnya yaitu ada pada surah Al-An'am. Dalam ayat tersebut Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi, dan hanya Allah lah yang maha mengetahui segalanya. Berikut isi ayat dalam surah Al-Al-An'am ayat 73, yaitu:

"Wa huwallazi khalaqas-samawati wal-arda bil-haqq, wa yauma yaqulu kun fa yakun, qauluhul-haqq, wa lahul-mulku yauma yunfakhu fis-sur, 'alimul-gaibi wasy-syahadati wa huwal-hakimul-khabir."

Artinya: Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan hak (benar), ketika Dia berkata, "Jadilah!" Maka jadilah sesuatu itu. Firman-Nya adalah benar dan milik-Nyalah segala kekuasaan pada waktu sangkakala ditiupkan. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Bijaksana, Mahateliti.

6. Surah Maryam ayat 35

Seperti menjelaskan bahwa Allah SWT lah satu-satunya, dan hanya Allah SWT lah yang maha berkuasa. Saat Ia berkehendak akan sesuatu, maka terjadilah. Berikut lafaz dan arti surah Maryam ayat 35, yaitu:

"Ma kana lillahi ay yattakhiza miw waladin sub-hanah, iza qada amran fa innama yaqulu lahu kun fa yakun."

Artinya: Tidak patut bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", Maka jadilah sesuatu itu.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Kalimat Kun Fayakun

Ada beberapa keutamaan dari kalimat kun fayakun, yakni:

1. Menyadari bahwa Allah Sang Maha Pencipta

”Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “ Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia.” (Q. S. Ali Imran: 59)

2. Membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin

Bagi Allah SWT apapun perkara di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin dilakukan. Jika Allah SWT sudah berkehendak maka apapun dapat terjadi. Sehingga, sangat penting untuk terus berharap dan mengamalkannya jika ingin dikabulkan segala doa.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

3. Perkuat keimanan

Dengan yakin dan percaya atas segala kehendak Allah SWT, maka akan membuat keimanan kita semakin kuat.

“Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus. Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya.” (QS. An-Nisa: 25)

4. Menjadi Lebih Tenang

Ketika mengamalkan kun fayakun dalam kehidupan, maka jiwa akan terasa lebih tenang. Sebab kita selalu yakin dan percaya bahwa Allah yang Maha Menguasai segalanya. Dan Allah yang paling mengetahui apapun pilihan yang terbaik dalam hidup.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’ad: 28)