Sukses

12 Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami, Aman dan Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan asam lambung secara alami perlu diketahui oleh penderita penyakit GERD. Asam lambung atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD) dipicu oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar di area dada.

Asam lambung naik merupakan penaykit gangguan system pencernaan yang cukup umum. Kondisi ini membuat asam lambung yang sudah berada di perut Kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan beberapa gejala penyakit.

Mengutip dari Medical News Today, naiknya asam lambung membuat rasa tidak nyaman sampai terasa panas di bagian dada. Kondisi ini apabila tidak segera diatasi akan menyebabkan timbulnya penyakit kronis. Untuk itu, perlu mengetahui cara menurunkan asam lambung secara alami.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara menurunkan asam lambung secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022).

2 dari 5 halaman

Gejala Asam Lambung Naik

Sebelum mengetahui cara menurunkan asam lambung, penting juga untuk memahami gejalanya. Berikut ini gejala dari asam lambung yang dapat dikenali, yakni:

1. Rasa pahit di mulut

Gejala asam lambung yang pertama adalah rasa pahit di mulut. Kondisi ini terjadi ketika otot atau sfingter di bagian atas perut menjadi lemah dan memungkinkan asam atau empedu naik ke saluran makanan.

2. Sakit di ulu hati

Gejala asam lambung naik yang berikutnya adalah sakit di ulu hati. Rasa sakit ini muncul di perut bagian atas dan dada. Gejala ini mungkin bertambah buruk setelah makan atau saat berbaring. Gejala-gejala ini dapat mencakup mulas, kembung, dan gas.

3. Suara serak

Asam lambung yang naik dapat masuk ke pita suara, menyebabkan peradangan kronis. Kondisi ini bisa menyebabkan suara serak. Refluks laringitis, sebagaimana diketahui dapat menyebabkan suara serak kronis dan memengaruhi bicara.

4. Kesulitan menelan

Gejala asam lambung naik yang lainnya adalah disfagia atau kesulitan menelan. GERD kronis dapat menyebabkan penyempitan kerongkongan, membuat seseorang sulit menelan cairan dan makanan padat. Ini karena refluks asam kronis menciptakan sensasi bahwa ada sesuatu yang menghalangi tenggorokan.

5. Tenggorokan terasa sakit

Gejala asam lambung selanjutnya adalah sakit tenggorokan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa mengiritasi tenggorokan. Sulit menelan, batuk, sering bersendawa yang juga disebabkan oleh GERD juga bisa memperparah kondisi ini.

6. Sakit kepala

Asam lambung yang naik bisa menyebabkan gangguan sinus yang memicu sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan GERD biasanya disertai dengan gejala GERD lainnya.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

1. Kendurkan pakaian

Cara menurunkan asam lambung secara alami yakni dengan mengendurkan pakaian. Gejala asam lambung naik bisa memburuk ketika menggunakan pakaian ketat. Jika itu masalahnya, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengendurkan pakaian atau berganti pakaian yang longgar.

2. Berdiri tegak

Cara menurunkan asam lambung secara alami yang berikutnya adalah beriri dengan tegak. Postur tubuh juga dapat menyebabkan gejala asam lambung muncul. Jika sedang duduk atau berbaring, cobalah berdiri. Jika sudah berdiri, cobalah berdiri lebih tegak. Postur tegak mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah (LES).

3. Tidur miring ke kiri

Dikutip dari Healthline, menurut sebuah ulasan, berbaring miring ke kiri dapat mengurangi paparan asam lambung yang berada di kerongkongan hingga 71 persen. Ini karena lambung berada di bawah kerongkongan. Ketika asam naik, gravitasi dapat mengembalikan asam ke lambung lebih cepat saat berbaring ke sisi kanan.

4. Mengunyah permen karet

Beberapa penelitian, telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu menurunkan keasaman di kerongkongan. Permen karet yang mengandung bikarbonat tampaknya efektif membantu menetralkan asam untuk mencegah asam lambung naik. Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan kerongkongan dari asam.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

5. Meninggikan posisi kepala saat tidur

Cara menurunkan asam lambung secara alami yang berikutnya adalah meninggikan posisi kepala Ketika tidur. Beberapa orang mengalami gejala asam lambung pada malam hari, yang dapat memengaruhi kualitas tidur dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur. Mengubah posisi tidur dengan meninggikan kepala dari tempat tidur dapat membantu mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan kualitas tidur.

6. Berhenti konsumsi makanan pemicu

Ketika asam lambung naik, maka berhentilah untuk mengonsumsi makanan pemicu. Makanan pemicu tersebut seperti makanan pedas, asam, bersoda, kafein, dan berlemak. Makanan ini hanya akan membuat asam lambung bertambah buruk.

7. Minum air jahe

Cara menurunkan asam lambung secara alami yang berikutnya adalah minum air jahe. Jahe telah digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit maag sejak lama. Jahe dapat membantu meringankan mual dan rasa nyeri saat asam lambung naik. Cara mengonsumsi air jahe yaitu rebus jahe, dan meminumnya dengan madu.

8. Konsumsi licorice atau akar manis

Licorice atau disebut juga akar manis diduga dapat meredakan gejala nyeri ulu hati atau heartburn akibat GERD. Hal ini terjadi berkat kemampuan licorice untuk meningkatkan produksi mukus yang dapat melindungi lambung dan esofagus dari asam lambung.

Selain itu, kandungan zat di dalam licorice yang bersifat antioksidan dan antiradang juga diketahui bisa mengurangi pembengkakan, peradangan, serta luka di lambung dan kerongkongan akibat peningkatan asam lambung.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami

9. Mengonsumsi akar marshmallow

Cara menurunkan asam lambung secara alami yang berikutnya adalah mengonsumsi akar marshmallow. Akar marshmallow mengandung berbagai zat yang dapat meredakan batuk, menyembuhkan luka pada lambung dan kerongkongan, serta mengatasi infeksi bakteri. Tanaman ini juga dipercaya dapat melindungi dinding lambung, sehingga tidak mudah luka saat terkena asam lambung.

Tidak hanya asam lambung, daun dan akar marshmallow juga diduga dapat digunakan untuk mengobati diare, konstipasi, peradangan lapisan lambung, serta nyeri dan pembengkakan di saluran pernapasan.

10. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel mentah adalah cairan fermentasi yang terbuat dari apel, bakteri, dan ragi yang dihancurkan. Cuka sari apel ini kaya akan protein dan enzim yang dapat membantu memecah bakteri dalam makanan. Cuka sari apel mentah dapat meningkatkan kadar asam lambung karena sifat asamnya memasukkan lebih banyak asam ke saluran pencernaan.

Selain meningkatkan kadar asam lambung, cuka sari apel mentah telah dikaitkan dengan pengurangan gejala dari refluks asam, diabetes, dan gula darah tinggi. Untuk menggunakan cuka sari apel, encerkan sedikit dengan air dan minum sebelum makan. Tanpa air atau pelarut lain, cuka sari apel dapat merusak enamel pada gigi Anda.

11. Tahan keinginan untuk makan dengan cepat

Cara menurunkan asam lambung secara alami yang berikutnya adalah menahan keinginan untuk makan dengan cepat. Ketika Anda lapar, sangat wajar jika Anda ingin makan sesuatu sesegera mungkin, tapi makan terburu-buru justru bisa memicu asam lambung. Orang-orang yang makan dengan cepat lebih mungkin mengalami gejala refluks asam. Jadi, lebih baik memberi dirimu cukup waktu untuk mengunyah dan menelan makanan dengan benar.

12. Konsumsi pisang matang

Selain meningkatkan kadar gula darah dan membantu anda menjaga berat badan terkendali, pisang bisa juga menurunkan asam lambung yang menyakitkan. Karena tinggi potassium, pisang bisa melapisi lapisan perut dan membantu menurunkan gejala asam lambung.  Namun, pastikan untuk memakan pisang yang sudah matang, karena jika belum matang justru bisa memicu sakit di bagian perut.