Sukses

24 Cara Dapat Uang Cepat dan Halal, Anak Milenial Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Cara dapat uang cepat dan halal menjadi hal yang banyak dibicarakan oleh anak milenial. Cara dapat uang cepat dan halal tidak perlu membutuhkan banyak modal. Anda hanya perlu mengasah bakat yang sudah anda miliki.

Cara dapat uang cepat dan halal juga tidak bisa langsung instan, Anda perlu usaha dan keahlian. Kini, dengan teknologi yang semakin canggih, cara dapat uang cepat dan halal dapat dilakukan dengan mudah.

Cara dapat uang cepat dan halal tanpa modal dapat dilakukan, misalnya saja seperti cara dapat uang cepat dan halal sebagai dropshipper, menjual desain, foto, video, hingga tulisan. Bahkan, anak muda jaman sekarng mulai berinvestasi, seperti salah satunya mencoba investasi reksadana.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara dapat uang cepat dan halal yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022).

2 dari 7 halaman

Cara Dapat Uang Cepat dan Halal

1. Influencer di Media Sosial

Cara dapat uang cepat dan halal yang pertama adalah dengan menjadi influencer di sosial media.  Modal yang dikeluarkan hanya handphone dan akun sosial media seperti Instagram. Secara sederhana, seorang influencer di media sosial cukup mempromosikan produk orang lain di profil media sosial yang ia miliki. Setiap promosi tersebut memungkinkan dirinya mendapatkan uang dari pemilik produk tersebut.

2. Jasa titip

Cara dapat uang cepat dan halal yang berikutnya adalah membuka jasa titip. Saat ini, beberapa orang yang tertarik membeli barang di marketplace atau toko online dari negara lain seperti Amazon, eBay, IndieGogo, dan lain-lain. Namun, banyak calon konsumen yang gagal atau bahkan kesusahan untuk membeli karena tidak mempunyai kartu kredit atau account PayPal.

Nah, untuk Anda yang mempunyai kartu kredit atau account PayPal, ini bisa menjadi kesempatan emas untuk mengantongi untung. Anda dapat menawarkan layanan jasa titip pembelian barang dari situs-situs tersebut dengan menempatkan biaya layanan pembelian sejumlah 5-15 persen dari harga barang sebagai cara dapat uang cepat dan halal.

3. Dropshipper

Cara dapat uang cepat dan halal yang lainnya yaitu usaha dropship. Melalui usaha ini Anda bahkan tidak membutuhkan modal yang besar, cocok dijadikan cara dapat uang dengan cepat dan aman. Pengiriman barang bisa dilakukan secara langsung dari produsen atau vendor ke pelanggan langsung tanpa perantara. Artinya, Anda tidak perlu susah payah untuk menyediakan stok atau mengirimkannya ke pelanggan.

4. Survei Online Berbayar

Mengisi survei kemungkinan sudah tidak asing untuk Anda. Cara dapat uang cepat ini terbilang yang paling mudah untuk bisa mendapatkan uang dari internet karena tugasnya hanya menjawab beberapa pertanyaan survei yang diberikan.

Biasanya, perusahaan survei akan memberikan komisi berupa poin rewards untuk setiap survei yang berhasil Anda selesaikan. Apabila poin sudah terkumpul pada batas yang ditentukan maka bisa ditukar dengan uang asli, voucher, pulsa atau saldo e-wallet.

3 dari 7 halaman

Cara Dapat Uang Cepat dan Halal

5. Menulis Artikel SEO

Cara dapat uang cepat dan halal yang lainnya yaitu menulis artikel SEO. Bagi Anda yang hobi menulis dan memiliki kekuatan menulis yang bagus. Biaya layanan penulisan artikel bervariasi, tergantung beberapa faktor, seperti jumlah kata dan tingkat kesusahan topik.

Tingkatan biaya layanan penulisan sebuah artikel SEO dimulai dari Rp 20 per kata sampai Rp 150.000 per artikel untuk penulis pemula. Pengalaman dan portofolio yang Anda miliki juga dapat menaikkan harga jual jasa ini.

6. Menjual Foto atau Video Online

Anda bisa menjual karya foto Anda sebagai cara dapat uang cepat ketimbang hasil bidikan Anda hanya tersimpan di ponsel atau laptop. Anda dapat memajang dan jual karya Anda pada bermacam basis penyuplai foto, seperti Fotolia, Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto, FreeDigitalPhotos, dan lain-lain.

Biasanya, keuntungan cara dapat uang cepat dan halal dari internet yang akan Anda peroleh berbentuk komisi dari tiap foto yang diunduh atau dibeli orang. Besar komisi bervariatif, dimulai dari 20-45 persen dari harga jual.

7. Desain

Cara dapat uang cepat dan halal yang berikutnya adalah mendesain. Anda dapat menawarkan jasa atau hasil karya di situs jual beli desain semacam Freepic dan Shutterstock. Jika Anda ahli di bidang ini, ada baiknya bergabung ke grup-grup desain yang ada di Facebook, Channel Telegram atau di platform lain supaya sasaran pasar Anda makin luas dan lebih maksimal.

8. Gabung di Tim Wedding Organizer

Gabung di tim wedding organizer merupakan cara dapat uang cepat yang hanya modal kreativitas. Untuk menjalankan wedding organizer, Anda tidak perlu susah payah mencari sponsor agar mendapatkan uang yang digunakan menyewa vendor.

Sumber keuangan utama acara pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri. Bisa dikatakan, Anda sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang dan hanya bermodal pengetahuan dalam menjalankan sebuah acara pernikahan.

4 dari 7 halaman

Cara Dapat Uang Cepat dan Halal

9. Cuci Sepatu

Cara dapat uang cepat dan halal yang selanjutnya adalah dengan cuci sepatu. Anak muda sekarang lebih menyukai mencucikan sepatu daripada mencucinya sendiri. Sebab, tempat khusus mencuci sepatu bisa lebih jeli merawatkan sepatunya. Namun, terkadang ada juga yang merasa tidak sempat mencuci sepatu sendiri apalagi saat musim hujan tiba.

10. Warung Kopi Malam Hari

Membuka warung kopi di malam hari termasuk cara dapat uang cepat dengan usaha modal kecil untung besar dalam bidang kuliner. Warung kopi yang buka di malam hari akan lebih banyak diminati anak muda. Apalagi jika desain ruang nyaman, tersedia koneksi internet, dan bisa untuk nongkrong berlama-lama. Tempat seperti ini lebih banyak diminati mahasiswa yang hendak mengerjakan tugasnya.

11. Jual Pulsa dan Paket Data

Menjual pulsa dan paket data adalah cara dapat uang cepat dengan usaha modal kecil untung besar. Pulsa dan paket data sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan kebutuhan telepon serta internet.

Menjual pulsa dan paket data hanya perlu menggunakan modal satu juta rupiah.  Waktu yang diperlukan untuk menjual pulsa dan paket data juga cukup fleksibel. Hanya perlu melakukan deposito pulsa sesuai nominal modal. Untuknya lagi, pulsa dan paket data juga tidak akan kadaluwarsa. Meski harus terjual lebih lama, penjual tidak akan mengalami kerugian.

12. Potong Rambut Delivery

Jika anda memiliki keterampilan memotong rambut, maka harus mencoba untuk membuat bisnis potong rambut delivery ini. Potong rambut delivery ini cukup menyiapkan alat cukur lengkap, lalu anda bisa membuat iklan di sosial media. Selanjutnya, jika ada konsumen yang ingin potong rambut, anda hanya perlu menuju ke tempat tinggalnya.

5 dari 7 halaman

Cara Dapat Uang Cepat dan Halal

13. Membuat dan Mengelola Website atau Blog

Cara dapat uang cepat dan halal yang selanjutnya adalah membuat dan mengelola website atau blog. Mengelola blog hingga berhasil mengembangkannya dan mendapatkan trafik yang tinggi ternyata bisa dijadikan sebagai ternak uang online. Memang tidak semua blogger bisa sukses di internet, namun jika Anda mengetahui triknya, pasti blog Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

14. Trading Saham

Cara dapat uang cepat dan halal yang berikutnya adalah trading saham. Cara ini mungkin adalah cara yang paling wajar dilakukan sebagai cara dapat uang cepat dan halal. Untuk melakukan trading saham ini, Anda wajib belajar dan memiliki pengetahuan dasar yang mendalam terlebih dahulu agar tidak merugi nantinya. Bila anda tidak mengerti, trading saham tidak akan bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang selama ini anda impikan.

15. Membuka Toko Online

Cara dapat uang cepat dan halal yang berikutnya adalah membuka toko online. Sebuah tokoh virtual di mana pembeli bisa membeli produk yang dijual di toko online menjadi pilihan bagi banyak orang. Sudah mulai banyak pebisnis yang memiliki toko online-nya sendiri, baik itu menjual produk sendiri ataupun menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship. Dalam hal ini, anda harus mencari penyedia barang yang kompeten, dan bisa dipercaya.

16. Investasi Reksadana

Cara dapat uang cepat dan halal selanjutnya adalah dengan investasi reksadana. Bila anda masih ragu dan masih belum percaya diri dengan pengetahuan anda tentang saham atau forex, anda juga bisa berinvestasi di reksadana.

Reksadana merupakan investasi online yang paling cepat memunculkan returns bagi anda. Anda bisa balik modal dengan cepat, namun bila ada kerugian pada perusahaan, maka uang anda pun juga bisa berkurang.

6 dari 7 halaman

Cara Dapat Uang Cepat dan Halal

17. Jasa Pembuatan Bucket Bunga

Bisnis ini cukup unik namun menguntungkan, cocok dijadikan cara dapat uang cepat dan halal. Anda bisa membuka jasa pembuatan bucket bunga yang biasa digunakan ketika wisuda. Selain momen wisuda, bucket bunga ini bisa dijadikan kado ketika momen lain seperti ulang tahun.

18. Bisnis Kaos Pre-Order

Cara dapat uang cepat dan halal yang selanjutnya adalah bisnis kaos pre order. Bisnis kaos pre order ini dapat membuat pengeluaran menjadi lebih kecil. Selain itu, anda juga bisa mendapat kepastian mengenai siapa yang akan membeli produk kaos milik anda. Apalagi jika anda memiliki ketrampilan dalam bidang desain, maka anda tidak perlu menyewa tukang desain untuk produk kaos milikmu.

19. Jasa Penitipan Binatang

Cara dapat uang cepat dan halal yang selanjutnya adalah membuka penitipan binatang. Biasanya, cara dapat uang cepat dengan penitipan binatang akan ramai di saat libur sekolah dan saat libur panjang di hari besar.

20. Jual Makanan dan Minuman Online

Saat ini menjual makanan atau minuman tidak harus dengan memiliki warung. Sudah banyak pebisnis makanan dan minuman yang menjajakan berbagai produknya secara online. Konsumen cukup memesan makanan atau minuman yang diingkan, lalu akan diantar oleh ojek online.

7 dari 7 halaman

Cara Dapat Uang Cepat dan Halal

21. Buka Usaha Frozen Food

Cara dapat uang cepat dan halal yang selanjutnya adalah membuka usaha frozen food. Usaha makanan adalah salah satu sektor yang masih sangat banyak peminatnya. Sudah banyak sekali orang-orang yang membuka usaha makanan juga menyediakan versi frozen food agar makanan bisa dikirim dan awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Anda bisa memikirkan makanan-makanan yang sekiranya orang suka dan bisa dijadikan sebagai bisnis frozen food.

22. Aksesori Handmade

Masih usaha yang berasal dari hobi, cara dapat uang cepat dengan usaha modal kecil untung besar ini cocok jika anda memiliki hobi untuk membuat aksesori seperti kalung, gelang, dan lain sebagainya. Usaha ini cenderung menggunakan modal yang murah dan hanya membutuhkan modal utama yaitu untuk membeli bahan baku pembuatan aksesori.

23. Jasa Fotografi

Semua orang pasti ingin mengabadikan momen-momen spesialnya dengan melalui foto. Anda bisa menjual jasa foto profesional untuk momen-momen tertentu seperti momen wisuda, lamaran, pre-wedding hingga foto pernikahan. Meskipun modal yang dibutuhkan cukup besar untuk melengkapi alat seperti kamera, namun keuntungan yang didapatkan juga akan sangat besar.

24. Menjadi Youtuber

Cara dapat uang cepat dan halal yang selanjutnya adalah menjadi outuber. Untuk menjadi youtuber memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Anda harus tekun dan memiliki ciri khas tersendiri agar konten yang Anda jual di YouTube bisa laku dan mengundang banyak viewers. Tapi, jika Anda berhasil melakukannya, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar sebagai kreator konten YouTube.