Sukses

6 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong yang Wajib Diwaspadai, Perhatikan Informasi Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui ciri-ciri lowongan kerja bodong sangat penting bagi calon pelamar terutama yang fresh graduate. Hal ini untuk menghindari kerugian yang akan diderita oleh para pencari kerja, terutama fresh graduate.

Saat ini, persaingan dalam mencari pekerjaan sangatlah ketat. Untuk itu, banyak oknum yang memanfaatkan momen tersebut untuk mencari keuntungan dengan menipu para pencari kerja yang sudah putus asa.

Oknum tersebut akan mencari informasi dan data korban yang berupa nomor telepon hingga alamt email. Jadi, tak heran apabila anda sering mendapatkan SMS ataupun email masuk yang berupa iklan atau ajakan tertentu dari pengirim yang tidak jelas. Supaya tidak masuk ke dalam jerat penipuan, anda perlu mengetahui ciri-ciri lowongan kerja bodong.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai ciri-ciri lowongan kerja bodong yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/8/2022).

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong

Dikutip dari lama resmi Kementerian Ketenagakerjaan, ada beberapa ciri-ciri lowongan kerja bodong yang perlu anda waspadai, antara lain:

1. Menggunakan email dan website gratis

ciri-ciri lowongan kerja bodong yang pertama adalah email dan website perusahaan yang digunakan menggunakan gratisan yang memiliki kemiripan domain dengan perusahaan terkait. Apabila situs web menggunakan nama domain yang meniru website perusahaan, menggunakan tanda hubung, atau bahkan ada simbol-simbol yang tidak lazim, maka situs tersebut tidak kredibel.

2. Mengirim dengan SMS

Ciri-ciri lowongan kerja bodong yang berikutnya adalah mengirim informasi lowongan melalui SMS, dengan respon cepat dan buru-buru untuk mengajak interview. Hal ini sudah dianggap mengganjal karena perusahaan yang resmi akan melakukan proses penerimaan lowongan pekerjaan dengan tahap yang banyak dan waktu yang lama.

3. Melakukan telepon langsung

Ciri-ciri lowongan kerja bodong yang berikutnya adalah dengan melakukan telepon secara langsung dan menyampaikan jika telah mengirimkan balasan serta meminta untuk penerima kerja segera ditindaklanjuti tanpa prosedur penerimaan karyawan yang jelas.

4. Menawarkan gaji tinggi

Ciri-ciri lowongan kerja bodong yang berikutnya adalah menawarkan gaji tinggi. Padahal yang penerima kerja hanya sebagai staf biasa, namun gaji yang ditawarkan sangatlah fantastis. Bahkan juga ditawarkan fasilitas dan kebutuhan yang menjanjikan.

5. Mencantumkan foto karyawan

Ciri-ciri lowongan kerja bodong yang berikutnya adalah mencantumkan foto karyawan. Dalam hal ini biasanya oknum akan mencantumkan foto karyawan atau segala hal yang terkait dengan perusahaan untuk lebih meyakinkan korban.

6. Meminta bayaran

Ciri-ciri lowongan kerja bodong yang berikutnya adalah meminta bayaran. Oknum tersebut akan meminta untuk mengirimkan sejumlah uang untuk biaya administrasi atau keperluan lainnya. Tak jarang korban akan diancam bahwa pelamar tidak akan diproses bila tidak membayar dalam nominal tertentu.

3 dari 3 halaman

Situs Resmi Lowongan Kerja di Indonesia

1. Jobstreet

Situs resmi lowongan kerja yang terpercaya di Indonesia pertama adalah Jobstreet. Situs ini telah berdiri dari tahun 1997 dan sudah ada kurang lebih 80.000 perusahaan yang tergabung dan 11 juta pencari kerja yang terdaftar. Bagi para pencari kerja hanya perlu mendaftar dan masuk ke dalam situs untuk memperbarui profil diri, guna menarik atensi dari perusahaan yang dituju.

Jobstreet juga memberikan akses bagi penggunanya untuk memantau proses lamaran, mulai dari sudah diterima, panggilan wawancara, hingga proses lanjutan lainnya. Jika anda beruntung, maka pelamar akan langsung dihubungi oleh manajemen perusahaan melalui email atau nomor telepon.

2. LinkedIn

Situs resmi lowongan kerja yang terpercaya di Indonesia yang berikutnya adalah LinkedIn. LinkedIn adalah sebuah jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih 690 juta pengguna, pada lebih 200 negara. Sejak 2016 LinkedIn resmi diakuisisi oleh Microsoft. Dalam situs LinkedIn ini pelamar akan mendapatkan kelebihan yakni tampilan beranda yang mirip dengan media sosial dengan desian yang lebih profesional. Selain itu, pelamar kerja juga bisa memantau perkembangan perusahaan incarannya melalui LinkedIn.

3. Karir

Situs resmi lowongan kerja yang terpercaya di Indonesia yang berikutnya adalah karir. Karir.com didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tampilan laman dari karir.com ini lebih fresh karena langsung menampilkan lowongan kerja terpopuler versi mereka. Selain itu di sisi lain ada lowongan kerja yang sesuai dengan profil pengguna. Bahkan karir.com juga menyajikan lowongan terbaik berdasarkan domisili kota sang penggunanya.

Bagi pengguna pertama yang baru masuk ke situs karir.com, maka pencari kerja harus membuat akun dan memperbarui profil yang menarik sesuai dengan kualifikasi diri. Selain itu Karir.com memiliki fitur penyedia tes pengembangan diri yang meliputi tes bahasa inggris, tes minat dan tes gaya komunikasi.

4. Glints

Situs resmi lowongan kerja yang terpercaya di Indonesia yang berikutnya adalah glints. Situs lowongan kerja asal Singapura ini menjadi rekomendasi bagi pelamar yang baru lulus, ingin mencari pekerjaan baru, bahkan pengembangan karier para profesional muda yang lebih baik.

Tampilan dan branding platform-nya disajikan sangat milenial. Selain lowongan pekerjaan, Glints juga menyediakan informasi lowongan magang. Bahkan glints juga menyediakan jasa konsultasi dan rekomendasi pengembangan karir melalui live chat. Para pencari kerja, wajib banget untuk mencoba fitur tersebut.