Sukses

Moodbooster Artinya Penyemangat, Ketahui Sumbernya

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti moodbooster itu? Memahami moodbooster artinya penyemangat atau perubah suasana hati menjadi lebih baik. Istilah moodbooster artinya sama dengan sumber motivasi seseorang. Moodbooster sangat memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Melansir dari Pustaka Digital Indonesia, pada Senin (8/8/2022), dijelaskan istilah moodbooster artinya mereka atau sesuatu yang dapat membuat orang lain kembali senang atau kembali bersemangat. Apabila disederhanakan, moodbooster artinya penyemangat.

Sumber moodbooster berasal dari mana saja? Memahami sumber moodbooster artinya sumber perbaikan suasana hati atau penyemangat itu sendiri. Bisa berasal dari diri sendiri dan sesuatu di luar diri sendiri. Misalnya makan, tidur, mendengarkan musik, meditasi, dan lainnya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang moodbooster artinya penyemangat dan sumbernya, Senin (8/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Moodbooster Artinya Penyemangat

Memahami moodbooster artinya penyemangat berasal dari terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Moodbooster artinya sesuatu yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Moodbooster artinya sama dengan perbaikan suasana hati.

Pustaka Digital Indonesia menjelaskan istilah moodbooster artinya mereka atau sesuatu yang dapat membuat orang lain kembali senang atau kembali bersemangat. Apabila disederhanakan, sebagaimana sudah dijelaskan moodbooster artinya penyemangat.

Mengapa moodbooster artinya bisa penyemangat atau perubah suasana hati? Secara bahasa, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber moodbooster artinya berasal dari kata “mood” yang artinya dalam bahasa Inggris suasana hati, dan “booster” artinya dalam bahasa Inggris pendorong atau pendongkrak.

Pada pemahaman yang lain, moodbooster artinya sama dengan motivasi diri. Sumber moodbooster artinya bisa berasal dari dalam diri sendiri dan orang lain. Setiap orang penting sekali memahami sumber moodbooster-nya sendiri. Mengatahui sumber moodbooster artinya masalah kesehatan mental tidak lagi menjadi kekhawatiran.

3 dari 4 halaman

Sumber Moodbooster Secara Umum dan Penjelasannya

Apa saja yang bisa menjadi sumber moodbooster itu? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, sumber moodbooster adalah sebagai berikut:

1. Makan Makanan yang Disukai

Makan makanan yang disukai sebagai sumber moodbooster artinya mereka bisa memperbaiki suasana hati atau pikiran yang buruk menjadi lebih baik dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Meski demikian, hati-hati untuk tidak mengonsumsi makanan berlebihan. Banyak kasus terjadi, dalih menciptakan moodbooster menjadi biang obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Meditasi dengan Benar

Melakukan meditasi dengan benar sebagai sumber moodbooster artinya mereka bisa memperbaiki suasana hati atau pikiran yang buruk menjadi lebih baik dengan memusatkan pikiran sejenak pada ketenangan. Meditasi sebagai sumber moodbooster bisa dilakukan 10-20 menit sehari sekali. Ahli psikologi mengungkap meditasi bisa mengurangi kecemasan dan stres.

3. Melakukan Tidur Siang

Melakukan tidur siang dengan waktu yang cukup dan tidak berlebihan sebagai sumber moodbooster artinya mereka bisa memperbaiki suasana hati atau pikiran yang buruk menjadi lebih baik dengan tidur selama 20-30 menit dalam sehari. Melansir dari The National Sleep Foundation (NSF), tidur siang sebagai sumber moodbooster artinya dapat membuat suasana hati mereka akan terjaga dan semangat untuk bekerja muncul kembali.

4. Berolahraga Rutin

Melakukan olahraga rutin sebagai sumber moodbooster artinya mereka bisa memperbaiki suasana hati atau pikiran yang buruk menjadi lebih baik dengan menciptakan hormon endorfin dari 30-60 menit olahraga setiap harinya. Hormon endorfin adalah peningkat suasana hati.

5. Bercerita dengan Orang Kepercayaan

Bercerita dengan orang yang dipercaya sebagai sumber moodbooster artinya mereka bisa memperbaiki suasana hati atau pikiran yang buruk menjadi lebih baik dengan meluapkan segala pikiran buruk dan emosi buruk atau negatif dengan orang-orang yang dipercaya. Misalnya saja mengungkap perasaan marah, menangis, dan kecewa dengan benar serta tidak selalu berusaha baik-baik saja karena ini justru bisa membuat mereka semakin terpuruk.

6. Memeluk Orang yang Dicinta

Memeluk orang yang dicintai atau disayangi sebagai sumber moodbooster artinya mereka bisa memperbaiki suasana hati atau pikiran yang buruk menjadi lebih baik dengan memeluk 3-8 kali dalam sehari.

Ini diungkap dalam hasil penelitian tentang memeluk orang yang dicintai bisa menjadi sumber moodbooster yang melibatkan 60.000 orang. Diungkap, memeluk dan menemui orang tersayang bisa membuat diri sendiri merasa dicintai dan lebih yakin bahwa semua hal akan baik-baik saja.

7. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik yang disukai sebagai sumber moodbooster artinya mereka bisa memperbaiki suasana hati atau pikiran yang buruk menjadi lebih baik dengan terapi musik. Hal ini diungkap dalam penelitian British Journal of Psychiatry, orang yang Depresi dan melakukan pengobatan dengan terapi musik, berhasil sembuh lebih cepat daripada orang yang melakukan terapi biasa.

4 dari 4 halaman

Sumber Moodbooster dengan Kata Motivasi

Sumber moodbooster adalah bukan hanya dari hal-hal yang bisa dilakukan, tetapi motivasi atau kata-kata motivasi. Simak penjelasan kata motivasi sebagai sumber moodbooster sesuai dengan zodiak, melansir dari Your Tango berikut ini:

1. Aries

“Once you become fearless, life becomes limitless."

Aries biasanya independen dalam berbagai situasi. Hal ini merupakan sesuatu yang cukup positif. Cobalah untuk lebih menyadari sifat diri ini ketika menghadapi masalah. Lawan kekhawatiran dan percayalah dengan kemampuan yang dimiliki saat berhadapan dengan sebuah problem.

2. Taurus

“Right now, everything may seem overwhelming and impossible, but take a deep breath and know that you will get through this."

Taurus terkenal suka dengan kestabilan. Namun tentu saja jalan hidup tak selalu mulus. Di saat kesulitan inilah, mereka bahkan akhirnya mempertanyakan keteguhan yang selama ini ada di dalam diri. Ingatlah bahwa meragukan diri sendiri tak cukup untuk membawa ke luar dari permasalahan. Seorang Taurus tentu tahu bahwa hanya nasihat dari dirinya sendiri yang mempan untuk memberi semangat.

3. Gemini

“Nothing great was ever achieved without enthusiasm.”

Orang-orang Gemini cenderung memiliki energi kebahagiaan yang tinggi. Akan tetapi, pepatah mengatakan bahwa tupai yang pandai meloncat pun pernah terjatuh. Kala berada di situasi terpuruk, mungkin perlu rehat sejenak dan melakukan berbagai hal yang berbeda dari kehidupan sehari-hari, misalnya berlibur. Ini bisa mengembalikan antusiasme tinggi yang selama ini dipunya.

4. Cancer

“You carry so much love in your heart. Give some. To your self.”

Individu cancer memiliki cinta yang cukup besar untuk dibagi-bagikan kepada orang-orang yang ia kasihi. Satu hal yang luput dari perhatian adalah membagikan porsi potongan cinta yang cukup untuk diri sendiri. Ketahuilah bahwa me-time punya manfaat signifikan. Jadi, kenapa tak dilakukan?

5. Leo

“Nothing can dim the light which shines from within.”

Kaum Leo punya kharisma besar dan cenderung mempertahankan citra suksesnya dengan sekuat tenaga. Ini berbahaya sebab hal inilah yang justru membuat mereka kerap menjadi terlalu keras pada diri sendiri dan selalu merasa kurang maksimal, meski sesungguhnya sudah mencapai hasil yang baik. Bersyukurlah dari hati dan akhirnya akan lebih bercahaya.

6. Virgo

“She was a savage, a brute unafraid to fight for what she wanted. Brave enough to go to war for what she deserved.”

Kegigihan dan semangat juang seorang Virgo sangat tinggi. Tapi tentu saja semua butuh keseimbangan, terutama di saat-saat menghadapi masalah. Berjuang memang penting, tapi memberi kesenangan pada diri sendiri juga diperlukan. Ketika hanya fokus berjuang, justru berisiko menjadi terlalu kelelahan dan malah mempertanyakan kekuatan diri yang sesungguhnya sangat hebat.

7. Libra

“Do the universe a favor, don’t hide your magic.”

Kehadiran seorang Libra pada suatu pertemanan biasanya memiliki pengaruh positif. Mereka perlu menyadari hal ini agar tak berlarut-larut dalam kesedihan dan kegalauan ketika menghadapi sebuah masalah. Tenangkan diri dan pikirlah secara bijak apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Ketika berhasil melewatinya, banyak teman yang akan menyambut kembali diri yang mengagumkan.

8. Scorpio

“Sometimes you have to give yourself pep talks. Like ‘hello. You’re a badass woman, don’t be sad, you got this and I love you."

Selalu ada banyak hal yang dipikirkan seorang Scorpio dalam hidupnya. Ini membuat orang-orang Scorpio kerap melewatkan hal-hal indah. Coba untuk sedikit relaks menjalani hari dan hayati diri sendiri. Mengapresiasi diri adalah salah satu cara terbaik untuk mendapat support dalam menyelsaikan masalah.

9. Sagittarius

“The best is yet to come! Believe it!”

Sesungguhnya Saggitarian sangat menyadari bahwa tak semua yang kita inginkan bisa didapat. Tapi jelas tak ada yang kebal dengan kondisi emosional yang buruk, termasuk diri sendiri. Pada dasarnya, diri sendiri adalah orang yang sangat realistis, maka tak butuh banyak “suntikan” dukungan untuk bisa kembali berdiri tegak. Satu hal yang perlu ditambahkan dalam diri adalah mimpi. Jangan pernah berhenti bermimpi.

10. Capricorn

“Success doesn’t come from what you do occasionally. It comes from what you do consistently.”

Mereka akan sangat percaya dengan kesuksesan dan memang punya banyak strategi jitu untuk mencapainya, termasuk segala upaya untuk membuat mereka tak terpuruk saat berhadapan dengan sebuah problem.

Namun, jangan lupa bahwa tak semua hal akan berjalan sesuai rencana. Bahkan, antisipasi yang kita buat pun bisa tak berguna. Ketika berada di titik terendah, janganlah berputus asa. Lihat apa yang sudah diraih selama ini, dan mereka pun bisa kembali bersemangat.

11. Aquarius

“Just be yourself. Let people see the real, imperfect, flawed, quirky, weird, beautiful, magical person that you are.”

Aquarius adalah golongan yang tak begitu membutuhkan kata-kata motivasi untuk membuatnya bangkit dalam menghadapi persoalan. Mereka hanya perlu bercermin dan meyakinkan diri bahwa di tengah segala kekurangan, Anda akan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah. Akan tetapi, ingatlah bahwa mempersiapkan berbagai antisipasi seperti kutipan motivasi atau mendengar nasihat orang lain juga bukan sebuah kesalahan.

12. Pisces

“Life will only change when you become more committed to your dreams than you are to your comfort zone.”

Terkadang individu berzodiak Pisces membiarkan emosinya yang memegang kontrol, sehingga terpuruk cukup dalam ketika menghadapi problem. Jangan lupa bahwa mereka adalah seorang dengan segudang mimpi indah, perjuangkan lah hal ini. Menggunakan cara ini, mereka akan lebih dapat melihat kesempatan dalam tiap ujian.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS