Sukses

Prepare Artinya Bersiap, Ketahui Sinonim dan Contohnya dalam Kalimat

Liputan6.com, Jakarta Prepare artinya adalah bersiap. Prepare merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris, yang artinya melakukan persiapan sebelum melakukan sesuatu. Dengan kata lain, hal ini adalah sesuatu yang penting dalam berbagai kepentingan, karena segala sesuatunya butuh bersiap.

Prepare artinya adalah sebuah kata yang hampir dapat digunakan dalam berbagai macam konteks, baik itu pekerjaan, liburan, sekolah, dan lain sebagainya. Bentuk kata benda prepare dalam bahasa Inggris adalah preparation, yang artinya adalah persiapan.

Sekarang, kata prepare sering kali dipakai bahkan dalam percakapan bahasa Indonesia. Tentu saja, meski digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia, prepare artinya tidak berubah sama sekali. Prepare artinya tetap bersiap, yakni kegiatan atau aktivitas mempersiapkan untuk suatu tujuan tertentu.

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa kata yang memiliki makna yang mirip atau memiliki relasi makna sinonimi dengan prepare, misalnya seperti fit, fix, groom, brace, dan lain-lain. Meski memiliki relasi makna sinonimi, kata-kata tersebut tidak memiliki makna yang sama persis dengan prepare. Kata-kata tersebut hanya terasa relevan saat digunakan pada konteks tertentu saja.

Artikel ini akan mengulas lebih dalam lagi mengenai kata prepare, mulai dari arti, relasi makna sinonimi, dan contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Prepare Artinya

Menurut Cambridge Dictionary, prepare memiliki dua arti. Yang pertama, prepare artinya untuk membuat atau menyiapkan sesuatu atau seseorang untuk sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Sedangkan makna yang kedua, prepare artinya untuk memperkirakan sesuatu akan terjadi dan bersiap untuk itu.

Sedangkan menurut Merriam-Webster, prepare artinya untuk mempersiapkan terlebih dahulu untuk beberapa tujuan, penggunaan, atau aktivitas.

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa prepare artinya adalah bersiap atau mempersiapkan. Kata prepare dapat dalam berbagai konteks, termasuk mempersiapkan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan maupun mempersiapkan diri dan mental.

3 dari 4 halaman

Sinonim Kata Prepare

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, prepare merupakan kata yang digunakan mengekspresikan suatu kegiatan persiapan secara umum. Dengan kata lain, prepare artinya bisa berbeda tergantung konteks. Bahkan dalam konteks tertentu, prepare memiliki sinonim.

a. Prepare artinya untuk mempersiapkan terlebih dahulu

Prepare artinya untuk mempersiapkan lebih dulu saja memiliki memiliki persamaan kata yang banyak sekali.

Contoh:

(1) I think I have prepared myself well for this challenge. "Saya pikir saya telah mempersiapkan diri dengan baik untuk tantangan ini."

Prepare dalam kalimat (2), menurut Merriam-Webster memiliki sinonim dengan kata-kata seperti fit, fix, groom, lay, prep, dan ready.

b. Prepare artinya untuk menjadi kompeten

Prepare artinya juga bisa jadi membentuk atau membuat seseorang menjadi kompeten. Ini biasanya berhubungan dengan kegiatan seperti kursus dan pelatihan.

Contoh:

(2) Basic training is intended to prepare raw recruits for active duty in the military. "Pelatihan dasar dimaksudkan untuk mempersiapkan rekrutan baru untuk menjalankan tugas aktif di militer."

Dalam kalimat (2), kata prepare memiliki persamaan dengan kata-kata seperti equip, fit, qualify, ready, season, dan train.

c. Prepare artinya untuk menempatkan ke dalam bentuk tertulis yang tepat

Prepare artinya juga bisa berkaitan dengan pekerjaan tulis menulis, termasuk membuat tulisan.

Contoh:

(3) The CEO asked his assistant to prepare a statement for the press. "CEO meminta asistennya untuk menyiapkan pernyataan untuk pers."

Dalam kalimat (3) kata prepare memiliki persamaan arti dengan kata-kata seperti cast, compose, craft, draft, draw up, formulate, frame.

d. Prepare artinya untuk mengerjakan detail terlebih dahulu

Prepare artinya juga bisa terkait dengan pekerjaan yang sedang dilakukan untuk upaya antisipasi tentang sesuatu yang terjadi di masa depan.

Contoh:

(4) Preparing an escape route in case of a fire. "Mempersiapkan rute pelarian jika terjadi kebakaran."

Dalam kalimat (4), kata prepare memiliki relasi sinonimi dengan kata-kata seperti arrange, blueprint, budget, calculate, chart, choreograph, design, frame, lay out, map (out), organize, plan, project, scheme (out), shape, strategize (about).

4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Kata Prepare dalam Percakapan Bahasa Indonesia

Prepare artinya bersiap atau mempersiapkan dalam bahasa Inggris. Meski demikian, kata prepare merupakan kata dalam bahasa asing yang cukup sering digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu, kata prepare juga sering muncul sebagai diksi dalam bahasa asing yang muncul dalam pola kalimat, atau tata bahasa bahasa Indonesia.

Contoh:

(5) Diajak pacar nonton pensi, prepare sebaik-baiknya, ya!

(6) Yang penting, kamu bisa melakukan preparation sebaik-baiknya untuk menikmati pengalaman unik.

Dalam kalimat (6) terdapat kata preparation yang merupakan bentuk kata benda dari prepare.

(7) Aku lagi prepare untuk liburan minggu depan.

(8) Jangan lupa untuk prepare untuk besok!

Demikian ulasan mengenai kata prepare, mulai dari artinya secara harfiah, kata-kata yang memiliki relasi sinonimi, serta contohnya dalam berbagai macam kalimat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS