Sukses

8 Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Indah dan Eksotis

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jabodetabek bukan melulu hanya pusat perbelanjaan atau taman bermain saja. Ada berbagai tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi di hari liburmu.

Jabodetabek merupakan sebuah akronim dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jabodetabek terkenal sebagai salah satu pusat perekonomian di Indonesia. Jutaan orang datang dan menetap di wilayah ini untuk bekerja di sini.

Sebagai pusat perekonomian, wilayah ini terkenal dengan gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, pabrik-pabrik industri, dan perumahan padat. Akan tetapi, ada berbagai tempat wisata alam di Jabodetabek yang indah. Kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar kota hanya untuk menikmati keindahan alam Indonesia.

Tempat wisata alam di Jabodetabek menawarkan pemandangan alam yang indah di tengah padatnya perkotaan. Tempat wisata alam di Jabodetabek cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga ataupun dengan teman-teman terdekatmu untuk sejenak melepaskan penat dari hiruk pikuk suasana perkotaan yang padat dan sesak.

Berikut ini adalah berbagai tempat wisata alam di Jabodetabek yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022), yang dapat kamu kunjungi untuk berlibur dan melepas penat bersama dengan orang-orang terkasihmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Indah dan Eksotis

1. Pulau Tidung

Untuk kamu yang mencari tempat wisata alam di Jabodetabek yang menawarkan indahnya panorama pantai dan laut, kamu bisa datang ke Pulau Tidung. Pulau Tidung sendiri adalah salah satu pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu, Jakarta. Kamu bisa datang berkunjung ke pulau ini dengan menggunakan kapal penumpang yang berangkat dari Muara Angke. Perjalanan menuju ke Pulau Tidung kurang lebih selama 3 jam.

Pulau Tidung terdiri dari 2 pulau, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar merupakan tempat pemukiman warga, sementara Pulau Tidung Kecil merupakan pusat konservasi dan pengembangbiakan mangrove. Kedua pulau tersebut dihubungkan dengan sebuah jembatan yang juga dikenal sebagai Jembatan Cinta.

Kamu bisa jalan-jalan berkeliling sambil menikmati indahnya pemandangan mangrove yang indah dan asri menggunakan sepeda. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya pantai dengan pasirnya yang berwarna putih dan lembut. Di pulau ini juga tersedia berbagai permainan air yang bisa dicicipi oleh para wisatawan yang mengunjungi Pulau Tidung.

2. Pulau Harapan

Tempat wisata alam di Jabodetabek lainnya yang menawarkan keindahan alam laut di sekitar ibu kota ialah Pulau Harapan. Pulau ini merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Kamu bisa mengunjungi Pulau Harapan dengan menggunakan kapal yang akan memakan kurang lebih 2 higga 3 jam perjalanan.

Kelurahan Pulau Harapan terdiri dari 30 pulau. Akan tetapi, hanya 2 pulau saja yang dihuni oleh penduduk. Sisanya adalah pulau-pulau yang tidak dihuni yang memiliki berbagai fungsi, mulai dari pulau wisata, tempat perlindungan, dan cagar alam.

Salah satu daya tarik wisata utama di Pulau Harapan ialah penangkaran penyu yang terdapat di Pulau Kelapa Dua dan penangkaran elang yang terdapat di di Pulau Kotok. Kamu juga bisa untuk turut berkontribusi dalam kegiatan penangkaran penyu dengan menyumbangkan dana untuk kegiatan tersebut. Selain itu, Pulau Harapan juga terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang menggoda banyak orang sehingga menjadi tempat yang cocok untuk kegiatan snorkeling.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Indah dan Eksotis

3. Pulau Pari

Wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta memang terkenal akan panorama lautnya yang indah. Pulau lain yang terletak di Kepulauan Seribu yang merupakan tempat wisata alam di Jabotabek yang populer dan terfavorit ialah Pulau Pari. Pulau Pari adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu yang membawahi 4 pulau lain yang ada di sekitarnya. Pulau ini dapat kamu kunjungi dengan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 1 hingga 2 jam.

Pulau Pari terkenal dengan pantainya yang cantik. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan pasir putihnya yang menggoda. Ada berbagai pantai yang bisa kamu kunjungi ketika datang ke Pulau Pari, seperti Pantai Pasir Putih Perawan dan Pantai Kresek. Di samping itu, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang disuguhkan oleh perairan di sekitar Pulau Pari. Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan malam di Pulau Pari bisa menggunakan fasilitas homestay yang ditawarkan oleh penduduk sekitar.

4. Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk

Ibu Kota Jakarta terkenal sebagai kota metropolitan yang dipenuhi oleh banyak gedung pencakar langit dan juga padatnya kendaraan bermotor di jalanan. Akan tetapi, di pinggiran Ibu Kota juga terdapat daerah hijau yang masih alami dan saat ini menjadi salah satu tempat wisata alam di Jabodetabek yang populer, yakni Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

TWA Angke Kapuk adalah salah satu tempat konservasi alam Jakarta yang bertujuan untuk menjaga ekosistem mangrove di provinsi ini. Di sini, para pengunjung bisa menikmati hijau dan asrinya hutan mangrove yang menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis tanaman mangrove dan juga burung.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke TWA Angke Kapuk. Kamu bisa berkeliling tempat ini dengan berjalan kaki untuk menikmati keindahan pemandangan hutan mangrove. Selain itu, terdapat pula jalur sepeda yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang ingin menikmati panorama cantik dan udara segar di tempat wisata alam di Jabodetabek ini. Selain itu, para pengunjung juga bisa turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam mangrove dengan menanam bibit mangrove.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Indah dan Eksotis

5. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu ialah Kebun Raya Bogor. Kebun yang pertama kali dikembangkan oleh Thomas Stamford Raffles ini memiliki luas sebesar 87 hektar yang menjadi tempat tinggal bagi 15.000 koleksi tanaman yang berasal dari berbagai spesies.

Daya tarik utama dari Kebun Raya Bogor ialah rindangnya pepohonan yang hijau. Rindangnya tanaman dan juga segarnya udara khas pegunungan di Kota Bogor menambah nikmat dan sejuknya suasana di taman ini, membuat para pengunjung bisa betah berlama-lama. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi berbagai spot wisata menarik yang terdapat di dalam area Kebun Raya Bogor, mulai dari Monumen Lady Raffles, Danau Gunting, Patung The Littel Mermaid, Pemakaman Belanda Kuno, Taman dan Tugu Teijsman, Museum Zoologi hingga Grya Anggrek.

6. Taman Safari Indonesia Bogor

Taman Safari Indonesia Bogor adalah salah satu tempat wisata alam di Jabodetabek yang sangat populer dan menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak orang. Tak heran, banyak sekali wisatawan yang datang ke Taman Safari, khususnya pada hari libur.

Di Taman Safari Indonesia, para pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi ataupun bus yang disediakan oleh pihak pengelola untuk menikmati koleksi satwa yang dimiliki dari jarak dekat. Para pengunjung juga bisa memberi makan berbagai jenis satwa yang ada di Taman Safari ini. Selain itu, ada berbagai fasilitas lain yang ditawarkan oleh pihak pengelola untuk para pengunjung, mulai dari danau, restoran, hingga waterpark.

Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata alam di Jabodetabek yang cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga dan orang-orang terdekatmu. Taman Safari terletak di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Indah dan Eksotis

7. Curug Balong Endah

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang berikutnya ialah Curug Balong Endah. Curug Balong Endah adalah air terjun yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Bogor.

Bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Curug Balong Endah dapat menikmati keindahan pemandangan alam terjun yang masih asri. Air yang mengalir di sini masih sangat bersih dan jernih membuat panorama di tempat ini menjadi sangat cantik. Para pengunjung juga bisa menikmati aliran air yang segar ini dengan berenang di kolam-kolam yang tersedia.

Kondisi alam sekitar Curug Balong Endah yang masih asri dan alami menambah keindahan pemandangan di tempat ini. Sejuk dan segarnya hawa pegunungan dan air terjun membuat para pengunjung bisa merasa betah untuk bersantai dan berlama-lama di sini.

8. Curug Love atau Curug Cinta

Curug Love atau Curug Cinta adalah salah satu tempat wisata alam di Jabodetabek yang sedang hits dan cukup populer di kalangan pengunjung. Di sini para pengunjung ditawarkan pemandangan indah aliran air yang berkelok-kelok di antara dua tebing bebatuan yang mengapitnya. Airnya yang masih jernih dan udaranya yang sejuk membuat banyak wisatawan yang berkunjung tergoda untuk mencicipi segarnya air di Curug Love.

Jernih dan indahnya aliran air di Curug Love di tambah dengan udara yang segar dan sejuk menarik minat para wisatawan untuk berkunjung dan bersantai di sini. Curug Love sendiri terletak di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Para pengunjung bisa mencapai tempat wisata alam di Jabodetabek ini dengan menempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bogor.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS