Sukses

10 Cara Cepat Hamil Setelah Haid, Efektif untuk Pasangan yang Baru Menikah

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat hamil setelah haid penting diketahui oleh pasangan suami sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan bersama yaitu segera memiliki momongan. Memiliki momongan merupakan salah satu harapan besar bagi setiap pasangan suami istri.

Besarnya keinginan ini membuat cara cepat hamil setelah haid menjadi salah satu upaya yang perlu diketahui dan ditempuh. Hal ini dapat dilakukan dengan melalui beberapa langkah yang bisa dilakukan baik oleh pihak wanita maupun pria.

Mengetahui cara cepat hamil setelah haid menjadi salah satu yang banyak dicari karena masa sesudah haid adalah masa subur dimana sel telur sudah matang dan siap untuk dibuahi. Biasanya masa subur terjadi selama 12 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya.

Terdapat beberapa cara cepat hamil setelah haid yang bisa diikuti, lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022). Cara cepat hamil setelah haid yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Persiapan Cara Cepat Hamil Setelah Haid

1. Kenali Siklus Haid

Cara cepat hamil setelah haid yang pertama adalah dengan mengenali siklus haid. Siklus haid adalah jumlah hari pertama darah haid keluar hingga hari pertama darah haid berikutnya keluar. Dengan mengetahui siklus haid, akan memperbesar peluang untuk hamil. Hal ini dapat diketahui dari masa subur, yaitu saat wanita mengalami ovulasi atau keluarnya sel telur dari ovarium.

 

2. Menghitung Masa Subur

Cara cepat hamil setelah haid selanjutnya adalah dengan menghitung masa subur. Seperti yang diketahui, menghitung masa subur merupakan salah satu untuk meningkatkan kemungkinan hamil setelah berhubungan badan.

Setelah mengetahui masa subur, pasangan suami istri bisa melakukan aktivitas seksual secara teratur yaitu 2-3 kali per minggu. Selain itu, untuk meningkatkan kemungkinan hamil setelah haid adalah melakukan hubungan seksual satu kali setiap hari menjelang masa subur.

 

3. Periksakan Kesehatan Reproduksi

Memeriksakan diri ke dokter dilakukan untuk memastikan apakah kedua belah pihak pasangan tidak mempunyai masalah kesuburan atau kesehatan yang dapat mengganggu proses pembuahan. Selain itu pasangan suami istri juga bisa memahami lebih jelas mengenai perencanaan kehamilan serta mengetahui obat-obatan yang sebaiknya dihindari atau baik dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Proses Cara Cepat Hamil Setelah Haid

4. Mengamati Lendir Serviks

Cara cepat hamil setelah haid berikutnya adalah mengamati keluarnya lendir servik. Cairan pada serviks (rahim) setelah haid dapat menjadi penanda masa subur sebagai salah satu cara cepat hamil setelah haid. Lendir serviks akan mengalami perubahan tekstur dan warna.

Kuantitas cairan yang muncul juga tergantung kepada tingkat hormon. Untuk mengetahui kemunculan lendir serviks, kamu bisa melakukan dengan beberapa cara, yakni menggunakan tisu ataupun jari untuk mencapai posisi serviks (rahim).

  

5. Menerapkan Posisi Seks yang Tepat

Cara selanjutnya agar cepat hamil setelah haid yaitu menerapkan posisi seks yang tepat. Sebenarnya, semua posisi seks dapat dilakukan oleh pasangan dan berpeluang untuk berhasil dalam proses pembuahan. Namun, dengan melakukan posisi tertentu diharapkan akan mempermudah sperma masuk menuju sel telur. Sebagai contoh adalah posisi misionaris dimana peluang sperma masuk menuju sel telur lebih besar dari posisi lainnya.

 

6. Hindari Pelumas Vagina

Cara cepat hamil setelah haid selanjutnya adalah menghindari penggunaan pelumas selama berhubungan suami istri. Hal ini karena pelumas yang tidak tepat justru dapat menurunkan kesuburan lantaran mempengaruhi keseimbangan pH pada vagina.

4 dari 4 halaman

Cara Cepat Hamil Setelah Haid Dengan Gaya Hidup Sehat

7. Jangan Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat membahayakan kesuburan dan calon bayi anda. Mengonsumsi alkohol juga menjadi penyebab berkurangnya kesuburan pada pria dan membahayakan calon janin pada wanita. Jadi sebaiknya anda dan pasangan menghindari alkohol segera setelah anda mulai merencanakan untuk memiliki bayi.

 

8. Konsumsi Makanan Sehat Kaya Asam Folat

Asam folat sangat diperlukan pada tahap awal kehamilan. Semakin dini mengonsumsi makanan kaya akan asam folat, tumbuh kembang janin akan semakin baik dan optimal. Manfaat utama protein sehat dan vitamin E yang menyasar tubuh adalah menjaga kestabilan hormon yang mengatur kesuburan.

Cara cepat hamil setelah haid ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai sayuran, buah-buahan, protein, produk susu khusus persiapan kehamilan, dan sumber omega-3 seperti salmon hingga sayuran hijau.

 

9. Olahraga Rutin

Menjadi bugar adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesuburan. Jika anda tidak terbiasa berolahraga, mulailah dengan membangun lebih banyak gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Namun, jangan berlebihan karena wanita yang berolahraga berat (seperti atlet profesional) terkadang mendapati bahwa hal itu mengganggu siklus menstruasi mereka, yang dapat berdampak buruk bagi kesuburan.

 

10. Hindari Stress

Cara cepat hamil setelah haid selanjutnya adalah dengan tidak Stress, karena stres tidak hanya mengganggu kesehatan namun juga dapat mengganggu ovulasi. Jadi semakin santai Anda, semakin baik untuk proses perencanaan kehamilan

Apa pun yang dapat membantu anda menghilangkan stres tidak masalah untuk dilakukan selama hal tersebut sehat dan bukannya konsumsi alkohol ataupun merokok. Beberapa penelitian juga menganjurkan akupuntur yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan peluang untuk hamil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS