Sukses

10 Cara Merawat Rambut Kering yang Mudah dan Efektif, Cobalah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Rambut kering adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada banyak orang. Rambut yang kering dan terlihat kusam menandakan bahwa rambutmu tidak sehat Oleh sebab itu, penting bagimu untuk mengetahui cara merawat rambut kering yang benar dan efektif.

Permasalahan rambut kering bisa terjadi karena kurangnya minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala. Produksi minyak yang tidak mencukupi untuk melembabkan rambut membuat rambutmu menjadi kering dan terlihat kusam. Selain itu, rusaknya lapisan kutikula, yakni lapisan rambut terluar yang bertugas untuk melindungi lapisan rambut lain yang terdapat di dalamnya. Rusaknya kultikula bisa menyebabkan rambut kehilangan kelembaban dan membuatnya menjadi kering.

Rambut kering bisa disebabkan karena cara perawatan rambut yang kurang tepat dan juga karena faktor iklim atau cuaca. Masalah rambut kering dapat menyerang siapa saja. Rambut yang kering dan kusam dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri dengan penampilannya. Akan tetapi, janganlah khawatir karena ada berbaga cara merawat rambut kering yang efektif dan mudah untuk kamu lakukan di rumah.

Berikut ini Liputan6.com rangkum tentang cara merawat rambut kering yang mudah dan efektif dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Penyebab Rambut Kering

Sebelum membahas tentang cara merawat rambut kering, ada baiknya kita sedikit membahas penyebab rambut kering. Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, rambut kering disebabkan karena produksi minyak alami oleh kulit kepala yang tidak mencukupi untuk menjaga kelembaban rambut. Selain itu, rambut kering juga bisa disebabkan karena rusaknya lapisan terluar rambut, yakni kutikula, yang menyebabkan rambut tidak bisa menjaga kelembabannya dan membuatnya menjadi kering dan terlihat kusam.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut. Faktor pertama ialah cara perawatan rambut yang salah, salah satunya ialah terlalu sering mencuci rambut menggunakan shampoo. Menyuci rambutmu dengan menggunakan shampoo secara rutin memang merupakan hal yang penting dan baik bagi kesehatan rambutmu. Tetapi, terlalu sering mencuci rambutmu juga tidak baik bagi kesehatan rambut dan dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan kering. Hal ini disebabkan karena saat kita mencuci rambut dengan shampoo, kita tidak hanya mencuci kotoran yang menempel di rambut saja, tetapi juga bisa menyebabkan minyak alami yang ada di rambut turut tercuci bersih. Padahal, minyak alami tersebut penting untuk mencegah supaya rambut tidak kering dan membuat rambutmu terlihat berkilau.

Selain itu, berbagai kebiasaan dalam merawat dan menata rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi rusak, kering, dan terlihat kusam. Berbagai ebiasaan seperti mengecat rambut, mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, dan menggunakan pelurus ataupun pengeriting rambut elektrik ketika menata rambut tidak baik untuk kesehatan rambutmu. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa membuat rambutmu menjadi rusak dan kering.

Faktor lingkungan juga bisa menyebabkan rambutmu menjadi kering. Berbagai faktor seperti tinggal di daerah dengan iklim yang panas, teralu banyak terpapar sinar matahari dan juga angin bisa menyebabkan rambutmu menjadi rusak dan kering. Di samping itu, rambut kering dan rusak bisa disebabkan oleh beberapa penyakit atau masalah kesehatan yang lain, di antaranya adalah hipotiroidisme dan sindrom Menkes.

3 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Jangan Mencuci Rambut Terlalu Sering

Salah satu cara merawat rambut kering yang mudah dan efektif adalah dengan tidak mencucinya terlalu sering. Seperti yang sudah dibahas di atas, mencuci rambut terlalu sering bisa menyebabkan rambutmu menjadi kering karena kehilangan minyak alami yang seharusnya menjaga kelembaban rambut dan membuatnya tetap sehat, cantik, dan berkilau. Oleh sebab itu, batasilah waktu untuk mencuci rambutmu. Kamu bisa menyuci rambutmu sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Selain itu, kamu juga bisa menyuci rambutmu ketika rambutmu sudah terasa berkotor atau terlalu berminyak. Apabila kondisi rambutmu masih normal, tidak terlalu berminyak, maka kamu tidak perlu mencucinya.

Menggunakan Shampoo yang Ringan

Selain tidak menyuci rambutmu terlalu sering, kamu juga bisa mengganti dan menggunakan shampoo yang memiliki kandungan yang lebih ringan sebagai cara merawat rambut kering. Pasalnya, kandungan bahan kimia yang terlalu keras yang terkandung pada shampoo bisa merusak rambutmu dan membuatnya menjadi kering. Saat ini sudah banyak produsen shampoo yang menawarkan produk shampoo khusus bagi orang-orang yang memiliki rambut kering. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan shampoo bayi untuk merawat rambut kering, karena kandungan bahan kimianya yang lebih ringan membuatnya bisa membantumu untuk membersihkan kotoran rambut tanpa menghilangkan minyak alami yang melindungi rambut.

4 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Gunakan Kondisioner

Cara merawat rambut kering yang berikutnya ialah dengan menggunakan kondisioner. Selain menggunakan shampoo yang ringan, kamu juga perlu menggunakan kondisioner untuk mengatasi rambut kering dan kusam. Menggunakan kondisioner setelah mencuci rambutmu menggunakan shampoo bisa membantumu untuk menjaga kesehatan rambutmu. Kalau rambutmu kering, kamu bisa memilih jenis Moisturizing Conditioner yang dapat membantumu untuk menjaga lapisan kultikula dan membuat rambutmu tetap lembab.

Mencuci Rambut Menggunakan Air Dingin

Mencuci rambutmu menggunakan air dingin dapat membantumu sebagai salah satu cara merawat rambut kering. Kebiasaan mandi dan mencuci rambut menggunakan air panas dapat membuat rambutmu menjadi rusak, kering, dan terlihat kusam. Mengutip dari situs Healthline, membilas dan mencuci rambutmu menggunakan air dingin dapat membantumu untuk menjaga kesehatan rambut dan juga bisa membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh sebab itu, bilaslah rambutmu dengan air yang dingin ketitka mandi selama satu atau dua menit untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepalamu.

5 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Memotong Rambut

Cara merawat rambut kering yang lain adalah dengan memotong rambut. Rambut yang rusak dan kering biasanya memilikiujung yang bercabang. Hal ini membuat rambut terlihat kurang cantik dan merusak penampilan. Oleh sebab itu, memotong rambutmu yang rusak dan bercabang bisa membantumu terlihat lebih baik. Selain itu, memotong rambut juga bisa membantumu untuk menjaga tumbuhnya rambut baru yang sehat.

Menggunakan Topi

Permasalahan rambut kering bisa disebabkan oleh faktor alam, di antaranya ialah sinar matahari dan anging. Rambut yang terlalu banyak terpapar oleh sinar matahari dapat menjadi kering. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar ultra violet dalam sinar matahari yang bisa menyebabkan rambut menjadi rusak dan kehilangan kelembabannya. Di samping itu, terlalu banyak terkena tiupan angin juga bisa membuat rambutmu menjadi rusak dan kering. Oleh sebab itu, salah satu cara merawat rambut kering adalah dengan menggunakan topi. Menggunakan topi bisa membantumu untuk mencegah rambut terlalu lama terpapar sinar matahari dan angin yang dapat merusak rambut. Di samping itu, kamu juga perlu menggunakan topi khusus ketika berenang di laut ataupun di kolam renang untuk mencegah rambutmu terlalu banyak terkena kandungan garam di air laut ataupun klorin di kolam renang yang bisa menyebabkan rambutmu menjadi rusak dan kering.

6 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Mengoleskan Minyak Alami

Cara merawat rambut kering yang selanjutnya ialah dengan mengoleskan minyak alami ke rambutmu. Mengoles minyak alami ke rambutmu bisa membantumu untuk menjaga kesehatan rambut dan mecegah kerusakan rambut yang bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Ada berbagai minyak alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambut keringmu. Salah satu minyak alami yang baik untuk rambutmu ialah minyak zaitun. Minyak ini bisa membantumu untuk menjaga kesehatan rambut, melembabkan rambut, memperkuat rambut hingga ke akarnya, dan juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambutmu yang kering. Minyak kelapa adalah emolien alami yang dapat mengisi celah-celah di rambut yang rusak karena panas atau terkena paparan sinar matahari.

Mengonsumsi Makanan Mengandung Omega-3 dan Antioksidan

Sebagai cara merawat rambut kering, kamu juga harus memastikan asupan nutrisi yang diperlukan untuk membuat rambutmu menjadi kembali sehat. Salah satu nutrisi yang bisa membantumu untuk menyehatkan rambutmu dan merawat rambut yang kering ialah Omega-3. Nutrisi yang banyak ditemukan di hasil laut seperti salmon dan tuna ini dapat membantumu untuk menjaga kesehatan rambut, memperkuat rambut, dan juga bisa membantu mreangsang pertumbuhan rambut baru. Selain omega-3, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan untuk merawat rambut kering. Antioksidan dapat membantu melawan stres oksidatif yang dapat membuat rambut terlihat tua. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan antioksidan adalah brokoli dan tomat.

7 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Mengonsumsi Vitamin

Cara lain untuk memastikan supaya rambutmu mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan ialah dengan mengkonsumsi vitamin. Ada berbagai vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, seperti vitamin A, C, dan H. Memastikan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh rambutmu supaya tetap sehat adalah salah satu cara merawat rambut kering yang efektif. SElain itu, mengkonsumsi vitamin yang cukup dapat membantumu untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit serta masalah kesehatan lainnya.

Tidak menggunakan alat styling rambut

Cara merawat rambut kering yang berikutnya ialah dengan tidak menggunakan alat styling rambut. Kebiasaan menggunakan berbagai macam alat styling rambut dapat seperti pelurus rambut dan pengeriting elektrik dapat merusak rambutmu dan membuatnya menjadi kering dan terlihat kusam. Salah satu alat styling rambut yang sering digunakan adalah hair dryer. Banyak orang yang memilih untuk menggunakan hair dryer untuk membantu mereka mengeringkan rambut setelah mencucinya. Padahal, penggunaan hair dryer yang terlalu sering bisa merusak rambutmu dan membuatnya menjadi kering. Kamu mungkin bisa mengeringkan rambutmu dengan menggunakan handuk untuk mencegah rambutmu menjadi rusak dan kering.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS