Sukses

Cara Membuat Denah Sederhana Menggunakan Word dan Excel, Mudah untuk Pemula

Inilah cara membuat denah rumah dan lokasi sederhana menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Excel yang mudah untuk pemula.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai cara membuat denah yang mudah untuk kamu coba praktikkan sendiri. Denah sendiri memiliki berbagai manfaat yang penting yang bisa digunakan untuk menunjukan suatu lokasi ataupun letak suatu ruangan pada suatu bangunan.

Denah lokasi biasanya dapat kamu temukan di tempat-tempat publik seperti pusat perbelanjaan. Denah yang tersedia di pusat perbelanjaan dapat membantu para pengunjung untuk mengetahui letak suatu toko ataupun fasilitas yang terdapat di sana.

Denah juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lain seperti saat membangun rumah. Dalam proses membangun rumah, membuat denah rumah dapat membantu kita untuk menentukan desain rumah, serta pembagian ruangan rumah yang ingin kita bangun.

Saat ini, cara membuat denah dapat menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia secara luas. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi desain seperti photoshop, corel draw, ataupun aplikasi desain lainnya untuk membuat denah yang kamu butuhkan. Akan tetapi, menggunakan aplikasi desain cukup rumit untuk digunakan oleh para pemula.

Bagi para pemula ada berbagai aplikasi yang dapat kamu gunakan sebagai cara membuat denah yang mudah, sederhana, namun tetap menarik. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi sederhana yang banyak digunakan sehari-hari, seperti Microsoft Word dan Excel, untuk membuat denah yang kamu butuhkan.

Berikut ini adalah cara membuat denah menggunakan Microsoft Word dan Excel yang mudah dan sederhana untuk para pemula yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Denah Ruangan Dengan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang terkenal dan banyak digunakan, khususnya untuk menghitung dan mengolah data. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan Microsoft Excel sebagai salah satu cara membuat denah, khususnya denah ruangan atau rumah yang mudah dan sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat denah rumah sederhana menggunakan Microsoft Excel:

1. Pilihlah seluruh sel pada aplikasi Microsoft Excel dengan menekan CTRL + A

2. Setelah itu, klik kanan pada huruf kolom lalu pilihlah "Column Width".

3. Ubahlah nilai pada Coloumn Width menjadi 1 lalu tekan "Ok".

4. Setelah itu, saat seluruh sel masih dipilih, klik kanan pada nomor baris dan pilihlah "Row Height".

5. Ubahlah nilainya menjadi 9 lalu klik "Ok".

6. Sekarang saatnya kamu menggambar denah ruanganmu. Kamu bisa mulai menggambar dinding dan partisi ruangan dengan cara memblok kolom ataupun baris dan memberinya warna. Gambarlah sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

7. Langkah terakhir adalah dengan menambahkan dekorasi. Kamu bisa memasukkan ikon dan dekorasi yang kamu butuhkan dengan mengakses menu "Insert" yang terdapat pada aplikasi Microsoft Excel. Janganlah lupa untuk menambahkan ikon dan dekorasi seperti tempat tidur, sofa, lampu, dan lainnya karena ini tidak hanya mempercantik denah rumah yang kamu buat, tetapi juga bisa membantumu untuk memperjelas rancangan ruangan yang sedang kamu buat.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Denah Lokasi Dengan Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi sejuta umat yang sering sekali digunakan banyak orang sehari-hari. Umumnya, orang akan menggunakan aplikasi ini untuk membuat berbagai dokumen tertulis. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat denah lokasi. Cara membuat denah lokasi menggunakan Microsoft Word-pun juga cukup mudah untuk dicoba bahkan oleh para pemula. Berikut ini adalah cara membuat denah lokasi menggunakan Mcrosoft Word:

1. Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu peta lokasi yang ingin kamu gambar sebagai acuan dari denahmu. Pastikan peta yang kamu gunakan sebagai acuan akurat.

2. Bukalah aplikasi Microsoft Word pada laptop ataupun komputermu.

3. Selanjutnya, cara membuat denah yang efektif adalah memulainya dengan menggambar rute atau citra jalan menuju lokasi yang sesuai dengan peta acuan yang ingin kamu gambar. Caranya adalah dengan mengklik menu "Insert" lalu pilihlah dan masuk ke menu "Shapes".

4. Pada menus Shapes, pilihlah bentuk persegi panjang pada menu "Shapes" lalu menggunakannya untuk menggambar citra jalan menuju lokasi.

5. Cara untuk menggambar jalan tersebut adalah dengan cara mengklik tombol kiri pada mouse dan menyeretnya sambil menahan klikan pada mouse untuk membetuk persegi panjang yang akan mewakili bentuk jalan.

6. Untuk memperjelas, warnailah jalan yang kamu buat dengan cara mengklik kanan pada garis jalan yang kamu buat lalu pilihlah menu "Format Shapes". Pilihlah menu "Text Fill" dan ubah warnanya menjadi hitam.

7. Untuk membuat denah, kamu perlu menggambar jalan yang sesuai dengan peta acuan yang kamu punya. Buatlah sesuai dengan peta acuan tersebut secara teliti dan pastikan bahwa gambar yang kamu buat seakurat mungkin seperti dengan peta acuan yang kamu punya.

8. Langkah selanjutnya dalam cara membuat denah lokasi menggunakan Microsoft Word adalah dengan menambahkan ikon pada denah yang kamu buat. Ikon ini menunjukkan lokasi dan juga bangunan-bangunan lain yang bisa menjadi ancar-ancar bagi para pembaca denah. Kamu bisa mencari ikon yang kamu butuhkan dari internet lalu mengunduhnya.

9. Setelah mengunduh ikon yang kamu butuhkan, kamu bisa memasukkannya ke denah yang kamu buat di Microsoft Word dengan cara mengklik menu "Insert" dan memilih ikon yang telak kamu unduh.

10. Setelah itu, kamu bisa menempatkan ikon tersebut ke lokasi yang sesuai di dalam denah dengan cara mengklik "Wrap Text" lalu pilihlah "In Front of Text".

11. Setelah menambahkan semua ikon yang kamu butuhkan, kamu bisa menambahkan keterangan mengenai ikon tersebut. Caranya adalah dengan memilih menu "Insert" lalu pilihlah menu "Text Box" dan pilihlah "Simple Text Box".

12. Ketiklah keterangan tentang ikon tersebut pada text box, contohnya "Lokasi" dan tarik dan tempatkan text box di dekat ikon yang dimaksud.

13. Kalau kamu mau menghapus garis pada text box kamu bisa melakukannya dengan cara mengklik kanan pada text box tersebut lalu pilihlah menu "Shape Styles". Setelah itu, klik lah menu "Shape Outline" dan pilihlah "No Outline".

14. Tambahkan panah untuk menunjukkan arah ke lokasi yang diinginkan. Caranya adalah dengan memilihnya pada menu "Shapes" dalam menu "Insert". Taruhlah panah di jalan yang kamu buat dan ubahlah warna panah menjadi terang supaya terlihat dengan jelas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.