Sukses

Cara Membuat Kentang Goreng KFC yang Lezat, Ketahui Sejarahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kentang goreng KFC yang nikmat dan lezat sebenarnya cukup mudah dan tidak ribet. Menu ini memang cocok untuk kamu coba di rumah, baik untuk hidangan pendamping maupun sebagai snack.

Kentang goreng atau yang juga dikenal luas sebagai french fries adalah salah satu makanan favorit banyak orang. Rasa kentang goreng yang crispy, gurih, simpel, namun lezat memang cocok untuk mendampingi berbagai hidangan seperti ayam gorreng, humberger, hingga steak.

Tidak hanya sebagai pendamping, kentang goreng juga populer untuk disantap sebagai snack atau camilan. Banyak restoran hingga cafe yang menawarkan menu ini untuk dihidangkan sebagai snack bersama dengan berbagai macam minuman seperti teh, kopi, dan lainnya.

Kepopuleran kentang goreng tidak terlepas dari ketenaran restoran cepat saji yang menjamur di berbagai belahan dunia. Banyak sekali restoran cepat saji yang menawarkan kentang goreng dalam menunya, salah satunya adalah KFC. Restoran cepat saji legendaris yang berasal dari Negeri Paman Sam ini menawarkan kentang goreng untuk disantap sebagai pendamping ayam goreng andalan mereka. Nikmatnya kentang goreng restoran cepat saji tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara membuat kentang goreng KFC yang sama lezatnya.

Berikut ini adalah cara membuat kentang goreng KFC yang lezat dan nikmat yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, (8/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Kentang Goreng

Sebelum mengetahui cara membuat kentang goreng KFC yang nikmat dan lezat, ada baiknya kita membahas sekilas tentang sejarah singkat hidangan ini. Kentang goreng yang populer saat ini, dikenal dengan sebutan french fries dalam bahasa Inggirs. Akan tetapi, apakah hidangan ini sebenarnya berasal dari negeri Perancis?

Sejarah dan asal-usul hidangan kentang goreng belum diketahui dengan pasti. Ada yang berpendapat bahwa bangsa Spanyol-lah yang pertama kali memperkenalkan kentang goreng. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa bangsa Spanyol adalah bangsa Eropa yang pertama kali menemukan dan memperkenalkan kentang ke Eropa. Mereka kemudian memperkenalkan cara mengolah kentang ini ke tempat-tempat lain, termasuk ke Belgia yang saat itu termasuk dalam wilayah kekuasaan Spanyol.

Akan tetapi, sejarawan Belgia mengklaim bahwa sajian ini sebenarnya berasal dari Belgia. Mengutip dari situs Hindustan Times, sajian ini berasal dari Belgium pada akhir abad ke-17. Menurut cerita rakyat Belgia, masyarakat pedesaan miskin yang tinggal di lembah sungai Meuse memiliki kebiasaan menyantap ikan kecil goreng yang mereka tangkap di sungai.

Pada saat musim dingin, sungai ini akan membeku, membuat masyarakat yang tinggal di daerah tersebut kehilangan sumber makanannya dan harus mencari sumber makanan lain untuk penghidupan mereka. Saat itulah masyarakat di daerah tersebut memanfaatkan berbagai umbi-umbian, termasuk kentang, untuk sumber makanan mereka. Mereka memotong-motong dan mengolah umbi-umbian tersebut dengan cara menggorengnya. Inilah asal-usul kentang goreng menurut pendapat mereka.

Menurut pendapat ini, menyebarnya hidangan kentang goreng ke Amerika terkait dengan Perang Dunia I. Para tentara Amerika yang datang ke Belgia saat Perang Dunia I mencicipi hidangan ini dan membawa pulang resep tersebut ke tanah air mereka dan mempopulerkannya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kentang Goreng KFC Sederhana

Bahan-Bahan:

500 gram kentang

2 siung bawang putih, haluskan

1 sdt garam

Tepung maizena secukupnya

Air dingin dan es batu secukupnya

Cara Membuat Kentang Goreng KFC Sederhana:

1. Kupaslah kentang dan potong-potong kentang dengan bentuk memanjang seperti korek api.

2. Rebusah air secukupnya hingga mendidih kemudian masukkan kentang, garam, dan bawang putih yang telah dihaluskan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat kentang dan tiriskan.

3. Masukkan dan rendamlah kentang dengan menggunakan air dingin dan es batu hingga kentang tenggelam. Rendamlah selama kurang lebih 10 menit lalu angkat dan tiriskan.

4. Balurkan kentang dengan tepung maizena secukupnya lalu simpanlah kentang tersebut di dalam freezer selama kurang lebih 1 jam.

5. Keluarkan kentang dari dalam freezer lalu panaskan minyak secukupnya di dalam wajan. Masukkan kentang secukupnya lalu gorenglah kentang hingga warnanya kuning kecoklatan atau keemasan lalu angkat dan tiriskan. Ulangi hingga semua kentang tergoreng dan matang.

6. Sajikan kentang goreng selagi masih hangat. Kamu bisa menambahkan taburan garam untuk menambah kelezatannya.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kentang Goreng KFC Spesial

Bahan-Bahan: 

200 gram lemak daging sapi beku (bisa diganti dengan palm shortening)

2 Buah kentang ukuran besar

1 1/2 gelas air

1/4 Cangkir sirup jagung (bisa diganti dengan 1/4 cangkir gula yang dilarutkan dengan 1 sendok makan air hangat)

1/4 Sendok teh kaldu sapi blok (opsional)

2 Sendok teh garam

Cara Membuat Kentang Goreng KFC Spesial:

1. Kupaslah kentang lalu potonglah kentang memanjang berbentuk stik dengan tebal antara 0,5 cm hingga 1 cm. Segera masukkan kentang ke dalam air setelah dipotong supaya kentang tersebut tidak berubah warnanya.

2. Campurlah sirup jagung dengan air lalu masukkan kentang ke dalam campuran tersebut. Campur dan aduklah hingga rata secara perlahan supaya kentang tidak patah lalu dinginkan di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.

3. Panaskan minyak goreng secukupnya lalu keluarkan kentang dari dalam kulkas. Tiriskan kentang dari laurtan gula lalu gorenglah kentang di dalam minyak panas selama kurang lebih 1 hingga 2 menit.

4. Angkatlah dan tiriskan kentang lalu dinginkan di dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit.

5. Keluarkan kentang dari dalam kulkas lalu panaskanlah kembali minyak goreng dan tambahkan lemak daging sapi ke dalamnya.

6. Gorenglah kentang dengan minyak panas tersebut selama kurang lebih 5 menit atau sampai warnanya kuning keemasan.

7. Angkat dan tiriskan kentang goreng lalu taburi garam dan lada saat masih panas. Hidangkan kentang goreng saat masih hangat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS