Sukses

Mood Artinya dalam Bahasa Indonesia dan Penggunaannya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Mood artinya merujuk pada suasana hati seseorang. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. Mood sudah sering digunakan oleh anak muda zaman sekarang dalam percakapan sehari-hari, baik secara langsung maupun di media sosial.

Mood artinya berasal dari bahasa Inggris. Namun, sekarang ini penggunaan kata ini lebih dari sekadar bahasa Inggris saja, karena sudah dipakai secara umum di Indonesia. Bahkan, tidak hanya anak muda saja yang menggunakannya, anak-anak sampai orang tua pun menggunakannya.

Mood artinya suasana hati yang sementara. Selain mood, kamu mungkin juga sering mendengar kata turunannya seperti bad mood, good mood, hingga moody. Kamu perlu memahami semua istilah tersebut agar tidak salah dalam menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022) tentang mood artinya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mood Artinya

Mood artinya perlu kamu pahami dalam bahasa Indonesia. Seperti yang telah diketahui, mood artinya adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Mood artinya suasana hati atau keadaan emosi seseorang. Mood artinya berkaitan dengan suasana hati atau keadaan emosi seseorang untuk sementara waktu.

Jadi, mood artinya suasana hati atau keadaan emosi seseorang dalam kurun waktu tertentu. Mood artinya adalah keadaan emosi atau suasana hati seseorang yang tidak stagnan atau selalu sama. Setiap orang bisa memiliki mood yang berbeda-beda tiap harinya, bahkan tiap jam atau waktu. Mood artinya seseorang tidak bisa selalu merasakan bahagia atau terlalu lama bersedih. Mood artinya suasana hati yang bisa berubah-ubah kapan saja.

Hal ini disebabkan karena mood bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Hal inilah yang menyebabkan adanya suasana hati yang sedang baik (good mood) dan suasana hati yang sedang buruk (bad mood). Selain itu, kamu juga perlu memahami istilah turunan dari mood lainnya, seperti moody hingga mood booster yang juga sering digunakan.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Mood

Mood artinya suasana hati, yang tentunya memiliki beragam jenis. Kamu bisa saja mengalami suasana hati yang baik, buruk, cepat berganti suasana hati, hingga memiliki pembangkit suasana hati tersendiri. Penggunaan kata mood beserta kata turunannya ini perlu kamu pahami. Berikut penjelasannya:

Bad Mood

Bad mood adalah istilah yang berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu "bad" dan "mood". Kata "bad" berarti 'buruk', sedangkan ‘mood’ berarti 'suasana hati' atau 'emosi'. Jadi, bad mood artinya suasana hati atau emosi yang buruk. Badmood artinya kamu sedang lelah dan tidak bergairah untuk melakukan apapun itu, bahkan terkadang kamu juga tidak menyukai apa yang biasanya kamu sukai.

Good Mood

Berbeda dengan bad mood, good mood artinya suasana hati yang baik. Hal ini tentunya adalah yang selalu diinginkan semua orang agar selalu bersemangat menjalani hari di hadapannya.

Moody

Moody adalah kondisi perubahan suasana hati atau mood seseorang yang bisa terjadi secara mendadak. Misalnya dari yang semula marah bisa tiba-tiba bahagia atau sebaliknya. Kamu mungkin sering mendengar istilah “seseorang yang moody”, hal ini berarti orang tersebut memiliki suasana hati yang sering berubah-ubah secara mendadak.

Mood Swing

Mood swing adalah perubahan mood (suasana hati) yang tampak jelas dalam kurun waktu tertentu. Mood swing dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, mood swing juga bisa jadi pertanda dari kondisi mental, yaitu seseorang mengalami bipolar.

Mood Booster

Mood booster adalah sebutan untuk berbagai hal atau sesuatu yang mendongkrak suasana hati, karena termotivasi juga memiliki dampak yang positif dalam diri sendiri.

4 dari 4 halaman

Cara Membangkitkan Mood

Cara membangkitkan mood adalah sebagai berikut:

Makan

Makan merupakan salah satu cara membangkitkan mood. Walaupun demikian, usahakan untuk makan makanan yang bergizi seperti makanan yang mengandung asam lemak omega-3 di dalamnya seperti ikan salmon. Asam lemak omega-3 dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Buah dan sayuran juga tak boleh luput dari daftar menu makanan pembangkit mood kamu.

Minum Kopi atau Teh

Kopi dan teh adalah dua jenis minuman yang di dalamnya terkandung kafein. Adanya kandungan kafein inilah yang menjadikan keduanya ampuh untuk membangkitkan mood. Pasalnya, kafein berperan dalam memblokade senyawa adenosin di dalam tubuh. Aktivitas tersebut lantas membantu tubuh untuk memproduksi dopamin dan glutamin sehingga yang terjadi selanjutnya adalah, tubuh akan merasa rileks, waspada, dan tentu saja menghasilkan mood yang bagus.

Mendengarkan Musik

Tak jarang mood seseorang kembali baik setelah mendengarkan musik favoritnya. Agar mood kembali membaik, sebaiknya dengarkan musik yang ceria dan penuh semangat alih-alih musik dengan nada yang sendu.

Olahraga

Efektivitas olahraga dalam mengatasi bad mood disebut-sebut sama dengan obat antidepresan. Pasalnya, aktivitas olahraga membantu pelepasan hormon dopamin atau hormon ‘bahagia’ oleh tubuh sehingga memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

Aromaterapi

Salah satu manfaat dari aromaterapi yakni dapat membantu menenangkan pikiran kamu ketika sedang suntuk. Para ahli kesehatan sepakat bahwa menghirup aromaterapi menjadi salah satu cara membangkitkan mood yang efektif. Saat mood kurang baik melanda, kamu bisa menghirup minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak lavender.

Pergi ke Alam Terbuka

Menutup mata sembari menghirup udara segar tentunya dapat membantu kamu menghilangkan penat dalam diri. Berada di alam terbuka dengan banyak pepohonan rindang selama 90 menit saja, berdasarkan hasil penelitian, efektif untuk meminimalisir bagian otak yang menghasilkan pikiran negatif dan bad mood yaitu subgenual prefrontal cortex (sgPFC).

Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan salah satu cara membangkitkan mood yang paling mudah dilakukan. Istirahat dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan tentunya menjadi lebih tenang. Cara membangkitkan  mood adalah dengan senantiasa istirahat yang cukup yakni 7-9 jam sehari.

Buat Ruangan Menjadi Terang

Ketika sedang tidak mood, usahakan untuk  berada  di tempat yang terang. Cahaya diklaim dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Berada di tempat yang minim cahaya hanya akan memperpanjang bad mood.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.