Sukses

Sold Out Artinya Habis, Ketahui Contohnya dalam Kalimat Bahasa Inggris dan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sold out artinya adalah terjual habis. Sold out biasanya mengacu pada ketersediaan barang yang sudah habis. Dengan kata lain, sold out menandai bahwa persediaan suatu barang benar-benar habis tak tersisa.

Jika sebuah toko menunjukkan tanda sold out di pintunya, itu artinya mereka sudah tidak punya apa-apa lagi untuk dijual. Bisa juga, produk dengan varian tertentu sudah tidak tersedia lagi.

Jika konteksnya seperti itu, sold out artinya toko atau penjual memberi tahun pembeli bahwa produk yang calon pembeli inginkan sudah tidak tersedia.

Dalam bahasa Inggris, sold out artinya bisa bermacam-macam tergantung konteks kalimat yang digunakan. Memahami sold out artinya apa, penting untuk mengulas lebih dalam lagi mengenai sold out, termasuk contohnya dalam kalimat dan kata-kata lain yang memiliki arti serupa atau mirip.

Berikut adalah ulasan lebih mendalam dan komprehensif mengenai kata sold out, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sold Out Artinya

Sold out merupakan kata dalam bahasa Inggris yang terdiri atas dua kata, yakni sold dan out. Sold sendiri merupakan bentuk kedua dan ketiga dari kata sell yang berarti jual atau menjual. Kemudian berubah menjadi bentuk kedua sold, yang berarti jual atau menjual, namun dalam bentuk lampau. Sedangkan bentuk ketiga sold, merupakan bentuk kata kata kerja pasif yang artinya dijual atau terjual.

Sedangkan out sendiri berarti keluar, namun kata ini juga bisa memiliki arti lain jika disandingkan dengan kata yang berbeda. kata out jika disandingkan dengan sold, maka artinya jadi habis. Dengan demikian, bisa dipahami bahwa sold artinya bisa menjual habis dalam kalimat aktif, atau terjual habis dalam kalimat pasif.

Sementara itu menurut Merriam-Webster, sold out artinya telah menjual seluruh sesuatu (barang atau produk).

Contoh:

(1) The store was sold out of milk. "Toko itu kehabisan susu."

Dalam kalimat (1), sold out artinya kehabisan. Dengan kata lain, toko yang biasa menjual susu, kini telah kehabisan susu, karena semua persediaan yang ada semuanya telah terjual. Dalam konteks kalimat (1), bisa dipahami bahwa sold out artinya adalah kehabisan produk atau persediaan.

(2) The book was an instant bestseller, the entire first edition sold out on the day of issue. "Buku itu langsung menjadi best seller, seluruh edisi pertama terjual habis pada hari penerbitan."

Kata sold out artinya adalah terjual habis dalam konteks kalimat (2). Dalam kalimat tersebut, sold out artinya untuk menunjukkan bahwa buku dengan judul dan edisi tertentu sudah habis terjual dan sudah tidak ada persediaannya lagi. Jadi bagi orang yang menginginkan buku tersebut, dia harus menunggu sampai buku itu dicetak lagi.

3 dari 4 halaman

Arti Lain Sold Out

Merriam-Webster juga menunjukkan bahwa sold artinya tidak hanya terkait dengan aktivitas perdagangan atau jual beli. Sumber tersebut menyebutkan bahwa sold out bisa juga berarti menjadi tidak setia atau tidak setia kepada sesuatu.

(3) The band sold out its faithful followers, abandoning its edgy style for a more commercial sound. "Band ini mengkhianati penggemar setianya, dengan meninggalkan gaya edgynya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih komersial."

Dalam konteks kalimat (3), sold out artinya mengkhianati. Sold out dalam konteks serupa memiliki beberapa kata yang memiliki arti kata yang mirip, seperti backstabbed, betrayed, crossed, double-crossed, two-timed.

Semua contoh kata tersebut memiliki arti yang mirip yankni tidak setia.

Meski sold out artinya bisa berbeda tergantung konteks kalimat yang digunakan, namun umumnya penggunaan kata sold out lebih banyak terkait dengan hal-hal yang terkait dengan aktivitas perdagangan yang menunjukkan ketersediaan produk, seperti tiket, buku, ponse, dan sebagainya, yang sudah tidak tersedia lagi.

4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Kata Sold Out dalam Bahasa Indonesia

Kata sold out sudah umum digunakan dalam bahasa Indonesia. daripada mengacu pada ketidaksetiaan dan pengkhianatan, kata sold out yang digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia umumnya mengacu pada ketersediaan barang yang sudah habis.

Misalnya saja ketika seseorang tertarik untuk belanja online dan membeli barang melalui onlineshop, biasanya calon pembeli akan bertanya kepada penjual untuk tentang ketersediaan barang, apakah bisa dikirim segera atau tidak.

Contoh:

(4) Calon pembeli: "Apakah barang ready stock? Bisa dikirim hari ini?

Penjual: "Maaf, kak. Produk varian tersebut sudah sold out. Hari Senin baru bisa dikirim saat sudah ada persediaan baru."

Dalam konteks percakapan tersebut, sold out artinya bahwa produk yang diinginkan pembeli sudah tidak tersedia lagi pada hari itu. Namun, produk tersebut akan tersedia lagi pada hari Senin.

Demikian ulasan lengkap mengenai kata sold out, mulai dari asal katanya, hingga contoh-contohnya dalam konteks percakapan antara calon pembeli dan penjual.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS