Sukses

Surat Al Falaq dan Artinya, Lengkap dengan Keutamaan Membacanya

Liputan6.com, Jakarta Surat Al Falaq dan artinya merupakan surat pendek yang sering dibaca ketika sholat wajib hingga sholat sunnah. Surat Al Falaq dan artinya ini adalah surat ke 113 dalam Al-Qur’an dan memiliki lima ayat.

Surat Al Falaq dan artinya merupakan golongan surat makiyah yang diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke madinah. Nama Al-Falaq diambil dari kata al-Falaq yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya waktu subuh.

Isi kandungan surat Al Falaq dan artinya ini adalah perintah agar umat manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah menghadapi segala keburukan yang tersembunyi. Ketika membacanya, umat muslim akan mendapatkan keutamaan dari surat Al Falaq yang dapat dirasakan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai surat Al Falaq dan artinya, serta keutamaan membacanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Bacaan Surat Al Falaq dan Artinya

Berikut ini terdapat bacaan surat Al Falaq dan artinya yang wajib diketahui oleh umat Islam, yakni:

1. Arab:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

Latin: qul a'ụżu birabbil-falaq

Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

2. Arab:

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

Latin: min syarri mā khalaq

Artinya: dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

3. Arab:

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

Latin: wa min syarri gāsiqin iżā waqab

Artinya: dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

4. Arab:

وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ

Latin: wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad

Artinya: dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

5. Arab:

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Latin: wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya: dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Al Falaq dan Artinya

Perlu diketahui bahwa Surat Al Falaq dan artinya disebut juga surah muawwidzatain yang disandingkan dengan surat An Nas. Maksud dari pernyataan tersebut adalah surat Al Falaq dan surat An Nas bila dibaca dengan bersama, maka berisi permintaan perlindungan. Surat mu'awwidzatain memiliki kedudukan yang tinggi di antara surat-surat lainnya. Surat Al Falaq dan surat An-Naas bisa dijadikan bacaan ruqyah. Berikut ini terdapat beberapa keutamaan dalam membaca surat Al Falaq dan artinya yang rutin setiap hari, yaitu:

1. Untuk Menjaga Diri dari Bahaya Tidur

Keutamaan membaca surat Al-Falaq dan artinya ini berdasarkan pada hadis riwayat Bukhari. Dari Aisyah RA, saat Rasulullah hendak menuju tempat tidur pada setiap malam, kemudian beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, setelahnya meniupkan keduanya sembari membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan surat An-Nas. Kemudian, beliau mengusapkan kedua tangannya ke bagian tubuh yang bisa di jangkau. Bermula dari atas kepala dan wajah, kemudian lanjut ke bagian tubuh yang depan. Hal tersebut, beliau lakukan sebanyak tiga kali. Artinya, apabila kita membaca surat Al-Falaq dan artinya tersebut, maka Allah SWT akan menjaga dari tidurnya.

2. Melindungi dari Adanya Sihir

Keutamaan membaca surat Al Falaq dan artinya yang selanjutnya adalah dapat melindungi diri adanya sihir. Pasalnya, Nabi Muhammad SAW pernah mendapatkan sihir dari seorang Yahudi. Lubaid bin Asham adalah orang yang sudah memberi sihir tersebut.

Sihir tersebut menggunakan media dari pelepah Kurma. Isinya adalah rambut dari Rasulullah. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga terdapat beberapa gigir sisir dan ada sebelas ikatan yang ditusuk dengan menggunakan jarum. Mengetahui hal tersebut, kemudian Baginda Rasul membaca surat Al-Falaq dan artinnya. Alhamdulillah, sihir tersebut dapat terlepas. 

 

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Al Falaq dan Artinya

3. Supaya Tidak Tersesat

Apabila kita sedang kebingungan hendak memilih jalan yang mana, saat bepergian. Apabila kita membaca surat ke 113 tersebut, maka keutamaan membaca surat Al-Falaq dan artinya yang akan kita dapatkan adalah atas izin Allah, kita akan senantiasa mendapatkan petunjuk, berupa jalan yang benar.

Allah SWT memang maha segalanya. Memang benar, setiap hal yang kita lakukan itu pasti akan mendapatkan balasan. Seperti ini misalnya, ketika kita tersesat, bingung hendak memilih jalan mana yang harus kita pilih. Baca saja, surat Al-Falaq dan artinya, sertakan juga An-Nas dan Al-Fatihah.

4. Sebagai Penawar Racun 

Selanjutnya, keutamaan membaca surat Al-Falaq dan artinya yang berikutnya adalah dapat menjadi penawar dari racun berbahaya. Cara mengaplikasikan surat Al Falaq dan artinya sebagai obat adalah ambil saja air garam. Setelah itu, bacakan surat Al-Falaq dan An-Nas. Kemudian, usapkan pada bagian tubuh yang terkena racun tersebut. Jangan lupa juga untuk membaca bismillah dan mengharapkan kesembuhan dari Allah SWT.

5. Menghindarkan Diri dari Penyakit Buatan Manusia

Selain itu, keutamaan membaca surat Al-Falaq dan artinya yang akan kita dapatkan adalah bisa menghindarkan kita dari penyakit yang dibuat oleh manusia. Biasanya, orang yang bertindak demikian itu, bekerjasama dengan jin.

Untuk itu, supaya kita bisa terhindar dari hal tersebut, hendaknya kita membaca surat Al-Falaq dan An-Nas sebanyak seratus kali. Apabila kita mampu untuk melakukan hal tersebut, yang semulanya itu kita orang penakut, maka akan menjadi pemberani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.